BAURAN PROMOSI UNTUK PROSES JASA ENDORSEMENT PADA AKUN INSTAGRAM (@rizmazara)

  • Rizma Dzikri Azahra Politeknik Piksi Ganesha, Bandung
  • Tiris Sudrartono Politeknik Piksi Ganesha, Bandung

Abstract

Penelitian ini berfokus pada bauran promosi untuk proses jasa endorsement pada akun Instagram rizmazara. Endorsement merupakan salah satu strategi iklan digital yang dipercaya dapat meningkatkan minat beli suatu produk melalui platform Instagram lewat postingan berupa photo atau video dengan kreatifitas dan ciri khas masing-masing influencer. Pada prakteknya endorsement ini diperlukan bauran promosi yang terdiri dari iklan, penjualan langsung, promosi penjualan, serta publisitas di akun Instagram @rizmazara. Pendekatan deskriptif kualitatif digunakan pada metode penelitian ini. Observasi studi literatur online digunakan dalam pengumpulan pada akun @rizmazara, juga wawancara dengan informan agency. Kemudian dilakukan teknik komparatif konstan lewat data yang terkumpul dianalisis ke dalam variabel, memperluas serta mencari hubungan antar variabel dan disimpulkan dalam struktur yang selaras. Bauran promosi yang dimanfaatkan pada hasil penelitian ini bermaksud untuk menarik minat jasa endorsement setiap kategori iklan, penjualan langsung, promosi penjualan, serta publisitas yang membuat pengaruh dominan namun perlu diperbaiki pada kategori promosi penjualan dalam memperhitungkan jangka waktu dan target audience yang efektif saja dalam penggunaan Instagram ads. Data juga menunjukkan akun @rizmazara perlu memiliki ciri khas dan keunggulan serta tarif endorsement yang terjangkau namun tetap berkualitas sehingga meningkatkan brand awereness untuk mengatasi persaingan yang tinggi.

References

Arinti, P. D. (2016). ANALISIS STRATEGI BAURAN PROMOSI SALON KERTY’S CABANG  LOVINA PADA TAHUN 2015 . Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi(JPPE), 7(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpe.v7i2.7748
Avelina, L. W., & Handayani, F. (2018). Penggunaan Digital Influencer dalam Promosi Produk (Studi Kasus Akun Instagram @bylizzieparra). 01(01), 71–82. http://warta-iski.or.id/index.php/WartaISKI/article/view/10
Chandra, & Gregorius. (2002). Strategi dan Program Pemasaran. Andi.
Handika, M. R., & Darma, G. S. (2018). Strategi Pemasaran Bisnis Kuliner Menggunakan Influencer Melalui Media Sosial Instagram. Journal Manajemen Dan Bisnis, 15(2). http://journal.undiknas.ac.id/index.php/magister-manajemen/
Hariyanti, N. T., & Wirapraja, A. (2018). PENGARUH INFLUENCER MARKETING SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN DIGITAL ERA MODEREN (SEBUAH STUDI LITERATUR) (Vol. 15, Issue 1).
Haryanto, A. T. (2019, May 16). Pengguna Internet Indonesia Didominasi Milenial. Detikinet. https://inet.detik.com/telecommunication/d-4551389/pengguna-internet-indonesia-didominasi-milenial
Iman, M. (2020, June 14). Pengguna Instagram di Indonesia Didominasi Wanita dan Generasi Milenial. Goodnewsfromindonesia.Id. https://www.google.co.id/amp/s/www.goodnewfromindonesia.id/2020/06/14/pengguna-instagram-di-indonesia-didominasi-wanita-dan-generasi-milenial/amp
Kotler, Philip, & Amstrong, G. (2001). Prinsip-Prinsip Pemasaran (Alih Bahasa Sihombing, Ed.; Edisi Delapan). Erlangga.
Kotler, Philip, & Gary Amstrong. (2008). Principles of Marketing. Pearson.
Kriyantono, & Rachmat. (2012). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Kencana Prenada Media.
Maulana, I., Merseyside, J., & Salsabila, O. (2020). Pengaruh Social Media Influencer Terhadap Perilaku Konsumtif di Era Ekonomi Digital. Majalah Ilmiah Bijak, 17(1), 28–34. http://ojs.stiami.ac.id
Sandy, F., Arifin, Z., & Yaningwati, F. (2014). PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei pada Mahasiswa Jurusan. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 9(2). administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id
Sofyan, Y. (2018). ANALISIS BAURAN PROMOSI PADA PT.ANUGRAH PARAHYANGAN JAYA. Journal Ilmiah Manajemen Ekonomi Dan Akuntansi (MEA), 2(2). http://journal.stiemb.ac.id/index.php/mea/article/view/22/5
Sugiharto, S. A., & Ramadhana, M. R. (2018). PENGARUH KREDIBILITAS INFLUENCER TERHADAP SIKAP PADA MEREK (Studi pada Mahasiswa Fakultas Komunikasi dan Bisnis Universitas Telkom). Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi, VIII(2). http://ojs.unikom.ac.id/index.php/jipsi/article/download/1333/944
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Tjiptono, & Fandi. (2001). Strategi Pemasaran (Edisi Kedua, Vol. 4). Andy Ofset.
Vajrin, S. A. (2019). PERSEPSI GENERASI Z TENTANG ENDORSEMENT DAN PAID PROMOTE PRODUK FASHION @ERIGOSTORE DI INSTAGRAM. UNAIR. http://fdokumen.com/reader/full/persepsi-generasi-z-tentang-endorsement-dan-paid-salmaa-vajrin071-1-persepsi.
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Published
2021-10-05
How to Cite
Azahra, R., & Sudrartono, T. (2021). BAURAN PROMOSI UNTUK PROSES JASA ENDORSEMENT PADA AKUN INSTAGRAM (@rizmazara). Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 5(3), 1066-1086. https://doi.org/10.31955/mea.v5i3.1536