PENGARUH PROMOSI MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BELI KEMBALI IKAN CUPANG DI BETTACUCO BANDUNG
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui besarnya pengaruh promosi media sosial terhadap tingkat minat beli kembali pembeli ikan cupang dengan menggunakan lima dimensi promosi yaitu Periklanan (Advertising), Penjualan Perseorangan (Personal Selling), Promosi Penjualan (Sales Promotion), Hubungan Masyarakat (Public Relation and Publicity, Pemasaran Langsung (Direct Marketing) di Bettacuco Bandung. Populasi penelitian adalah semua pembeli yang pernah membeli ikan cupang di Bettacuco bandung pada tahun 2020, di mana populasinya berjumlah 158 pembeli sedangkan sampel yang ditetapkan dengan menggunakan acuan perhitungan rumus Slovin yaitu sebanyak 61,24 responden yang dibulatkan menjadi 61 responden untuk menjawab pertanyaan pada kuesioner yang dibagikan, kemudian dilakukan uji statistik ( uji validitas, uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi dan uji hipotesis ) dengan menggunakan SPSS V.25. Hasil analisis data diperoleh thitung sebesar 14.321 > ttabel sebesar 1670, sehingga uji hipotesis pada variabel X promosi memiliki pengaruh yang sangat positif terhadap tingkat Minat Beli Kembali Pembeli. Dari hasil output SPSS diperoleh R square sebesar 0,777 atau 77,7%. Hal ini menunjukan bahwa Minat Beli Kembali Pembeli ikan cupang di Bettacuco Bandung mampu dipengaruhi oleh Promosi yang diberikan mencapai 77,7% , sedangkan sisanya sebesar 22,3% merupakan pengaruh atau kontribusi dari variable lain yang tidak diteliti di luar penelitian.
References
Ernawatiningsih, N. P. L. (n.d.). Analisis Determinan Minat Mahasiswa Akuntansi Dalam Berwirausaha. ANALISIS DETERMINAN MINAT MAHASISWA AKUNTANSI DALAM BERWIRAUSAHA Ni. https://doi.org/10.38043/jimb.v4i1.2157
Felisa Windy Mamonto, Tumbuan, W. J. F. ., & Rogi, M. H. (2021). F . W . Mamonto ., W . J . F . A . Tumbuan ., M . H . Rogi . PEMBELIAN PADA RUMAH MAKAN PODOMORO POIGAR DI ERA NORMAL BARU ANALYSIS OF MARKETING MIXED FACTORS ( 4P ) ON PURCHASE DECISIONS AT PODOMORO POIGAR EATING HOUSE IN NEW NORMAL ERA Jurnal EMBA Vol . 9(2), 110–121.
Ferdinand. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Universitas Diponogoro.
Imron, I. (2019). Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Kuantitatif Pada CV. Meubele Berkah Tangerang. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 5(1), 19–28. https://doi.org/10.31294/ijse.v5i1.5861
PENGENALAN IKAN CUPANG (BETTA FISH) MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY. (2016). 1(April), 36–48.
Prasetio, R., & Kazia Laturette. (2017). Pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian pada bisnis chepito tour & travel. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 2(3), 333–341.
Pratama, R. B. (2017). REALISASI PENERIMAAN PAJAK PERTAMBAHAN NILAI YANG DIPENGARUHI OLEH PENCAIRAN TUNGGAKAN PAJAK ATAS PENAGIHAN PAJAK DAN JUMLAH PENGUSAHA KENA PAJAK (Studi Kasus di Kantor Pelayanan Pajak Bandung Cibeunying Tahun 2014-2017). 21114128.
Rahmadi, Y. (n.d.). PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN FOLLOWERS INSTAGRAM @KULINERPKU.
Rahmadi, Y. (2019). PENGARUH INOVASI PRODUK TERHADAP NIAT PEMBELIAN ULANG DIMEDIASI OLEH KEPUASAN KONSUMEN I. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(8), 4983. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i08.p10
Rosita, R. (2015). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah Bank di Bekasi. Jurnal Lentera Bisnis, 4(2).
Shafiq, M. (2020). ANALISIS STRATEGI PROMOSI PENJUALAN TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN MOBIL HINO PADA PT. KUMALA MOTOR SEJAHTERA MAKASSAR.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.