E-COMMERCE SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN DI DISTRO SPRK.Apparel BANDUNG

  • Selvi Melina Politeknik Piksi Ganesha, Bandung
  • Tiris Sudrartono Politeknik Piksi Ganesha, Bandung

Abstract

Dalam strategi pemasaran salah satu didalamnya ada e-commerce. E-commerce adalah semua bentuk transaksi penjualan,pembelian, distribusi serta marketing melalui sistem online internet atau menggunakan media elektronik. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterkaitan e-commerce sebagai strategi pemasaran dalam upaya meningkatkan penjualan dengan harapan dapat menemukan upaya upaya penyelesaian masalah dalam meningkatkan penjualan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Proses pengkajian analisis dalam penelitian ini dilakukan dengan mengakumulasikan data dengan cara observasi atau pengamatan secara langsung serta literasi media online terhadap hal yang berkaitan dengan topik objek dan subjek yang diteliti. Hasil pengamatan penulis adalah adanya kendala seperti kurang memanfaatkan market place sebagai tempat dan kurangnya promosi sangat berpengaruh pada tingkat penjualan karena target pasar serta promosi tidak berjalan maksimal sehingga strategi pemasarannya tidak tercapai. Upaya yang dapat dilakukan ialah dengan menambah market place lainnya juga secara konsisten melakukan promosi dan memanfaatkan fitur yang ada di media serta pelayanan yang baik. Saran penulis diharapkan distro SPRK.Apparel dapat mengikuti trend yang ada di media sosial lainnya, promosi ditingkatkan dengan cara bekerja sama dengan influenser di semua media social dan pemberian give away pada event tertentu dengan syarat ikut mempromosikan produk tersebut, serta lebih kreatif dan konsisten dalam promosi.

References

Akhmad, K. A. (2015). Pemanfaatan Media Sosial bagi Pengembangan Pemasaran UMKM (Studi Deskriptif Kualitatif pada Distro di Kota Surakarta). DutaCom Journal, 9(1), 43–54. http://journal.stmikdb.ac.id/index.php/dutacom/article/view/17
Aprilia, L., Cyrilla, L., & Burhanuddin, &. (2018). Analisis Strategi Pemasaran Ternak Berbasis E-Commerce di PT X Analysis of E-Commerce Based Livestock Marketing Strategies at PT X. Oktober, 06(3), 121–129.
Atmoko, T. P. H. (2018). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Di Cavinton Hotel Yogyakarta. Journal of Indonesian Tourism, Hospitality and Recreation, 1(2), 83–96. https://doi.org/10.17509/jithor.v1i2.13769
Azizah, N., Mahendra, D., & Lofian, B. (n.d.). Pemanfaatan E-Commerce untuk Peningkatan Strategi Promosi dan Penjualan UMKM Tas di Kabupaten Kudus. http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas
Intra-tech, J., Studi, P., Informasi, S., & Indragiri, U. I. (2018). E-COMMERCE PENJUALAN PAKAIAN PADA. 2(2), 1–11.
Issn, E., & Handayani, V. (2022). PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP TINGKAT PENJUALAN DI CV . IRWAN SHOP Oleh : 9(2).
Lupi, F. R., & Nurdin. (2016). Analisis strategi pemasaran dan penjualan. Jurnal Elektronik Sistem Informasi Dan Komputer, 2(1), 20–31.
Majdah Zawawi1 and Noriah Ramli. (2016). E-Commerce Sebagai Pendukung Pemasaran PerusahaanMajdah Zawawi1 and Noriah Ramli. (2016). E-Commerce Sebagai Pendukung Pemasaran Perusahaan. Jurnal Ilmiah “INTEGRITAS,” Vol.2 No.(May), 31–48. Jurnal Ilmiah “INTEGRITAS,” Vol.2 No.(May), 31–48.
Nanda, A. Y. (2018). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN YANG EFEKTIF BAGI PENGGUNA E-COMMERCE (Vol. 1).
Pemasaran, S., Untuk, D., Penjualan, M., Nuby, E., Shop, A., Sikki, N., Yuniarsih, Y., & Sundari, A. (2021). 1 st E-proceeding SENRIABDI 2021 Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian kepada. Masyarakat Universitas Sahid Surakarta, 1(1), 360–371.
Penjualan, T., Indrako, D. I., & Gusrizaldi, R. (2016). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TELUK KUANTAN. 2(2), 286–303.
Puspitasari, T. D., Anita, N., & Iqbaal, M. (2016). Strategi Peningkatan Pemasaran dan Penjualan Melalui Pembuatan Website E-Commerce. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 152–155. https://publikasi.polije.ac.id/index.php/prosiding/article/view/223/192
Ramdani, I., sudrartono, T., & Piksi Ganesha, P. (n.d.). PENGARUH PROMOSI MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BELI KEMBALI IKAN CUPANG DI BETTACUCO BANDUNG. 5(3), 2021.
SUDRARTONO, T. (2019). Efektivitas Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Daya Saing Produk Boneka (Studi Kasus pada Sentra Industri Boneka Sukamulya Bandung). Business Innovation and Entrepreneurship Journal, 1(3), 203–209. https://doi.org/10.35899/biej.v1i3.65
Yuli Yanti, F., Larasati, M. H., & Piksi Ganesha, P. (n.d.). PENGARUH DIRECT AND DIGITAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN RAJUTAN DI CV. KAMPOENG RADJOET BINONG BANDUNG JAWA BARAT. 5(3), 2021.
Published
2023-04-24
How to Cite
Melina, S., & Sudrartono, T. (2023). E-COMMERCE SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN DI DISTRO SPRK.Apparel BANDUNG. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(1), 813-829. https://doi.org/10.31955/mea.v7i1.2925