BAURAN PROMOSI TERHADAP PEMBUKAAN REKENING TABUNGAN TANDAMATA DI BANK BJB KCP KIARACONDONG BANDUNG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh bauran promosi terhadap keputusan pembukaan rekening tabungan tandamata di Bank BJB KCP Kiaracondong Bandung. Jumlah populasi diambildari jumlah nasabah yang membuka rekening tabungan tandamata periode 2020, dengan jumlah populasi 718 orang, lalu penulis menggunakan rumus Slovin untuk mengambil sampel menjadi 87,81 yang dibulatkan menjadi 88 orang untuk menjawab kuesioner. Menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan bauran promosi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji koefisien determinasi, uji koefiseien korelasi, dan uji hipotesis yang diolah mengunakan SPSS Vol 21. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan dalam penelitian maka didapat thitung 11.341 > ttabel 1.745 hal ini membuktikan bahwa bauran promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan menabung. Hasil Rsquare dengan pengolahan SPSS mendapatkan hasil sebesar 59,5% sedangkan sisanya sebesar 40,5% adalah variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
References
Andriyani, Y., & Zulkarnaen, W. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Yaris Di Wijaya Toyota Dago Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 1(2), 80-103. https://doi.org/10.31955/mea.vol1.iss2.pp80-103.
Febriansyah, A. (2017). Tinjauan Atas Proses Penyusunan Laporan Keuangan Pada Young Enterpreneur Academy Indonesia Bandung. Jurnal Riset Akuntansi, 8(2). https://doi.org/10.34010/jra.v8i2.525
Jamin Ginting. (2017). Pengertian dan Sejarah Perbankan di Indonesia. Perbankan Indonesia, 1, 11.
Jayusman, I., & Shavab, O. A. K. (2020). Studi Deskriptif Kuantitatif Tentang Aktifitas Belajar Mahasiswa Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Edmodo Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Artefak, 7(1), 13. https://doi.org/10.25157/ja.v7i1.3180
Ningrum. (2017). Pengaruh Penggunaan Metode Berbasis Pemecahan Masalah (Problem Solving) Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X Semester Genap Man 1 Metro Tahun Pelajaran 2016/2017. JURNAL PROMOSI Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 5(1), 145–151.
R. Ratika Zahra, N. R. (2018). Pengaruh Celebrity Endoser Hamidah Rachmayanti Terhadap Keputusan Pembelian Produk Online Shop Mayoutfit Di Kota Bandung. Lontar, 6(5), 613–616. https://doi.org/10.7868/s0869565218050249
Safitri, W. R. (2016). Analisis Korelasi Pearson Dalam Menentukan Hubungan Antara Kejadian Demam Berdarah Dengue Dengan Kepadatan Penduduk Di Kota Surabaya Pada Tahun 2012-2014.
Samsu, L. (2016). Bedah Ulang Perbankan Konvensional Versus Perbankan Syari’Ah Dalam Realitas Sosiologis. Jurnal Tahkim, 18.
Simanjuntak, P. (2019). Pengaruh Kompetensi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Inspektur Penerbangan Di Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah II. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 3(1), 1.
SUDRARTONO, T. (2019). Efektivitas Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Daya Saing Produk Boneka (Studi Kasus pada Sentra Industri Boneka Sukamulya Bandung). Business Innovation and Entrepreneurship Journal, 1(3), 203–209. https://doi.org/10.35899/biej.v1i3.65
Sugiarto, E. (2016). Analisis Emosional, Kebijaksanaan Pembelian Dan Perhatian Setelah Transaksi Terhadap Pembentukan Disonasi Kognitif Konsumen Pemilik Sepeda Motor Honda Pada UD. Dika Jaya Motor Lamongan. Resma, 1(2), 13–22.
Sugiyono, P. D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D (2013th ed.). 2013.
Taluke, D., Lakat, R. S. M., Sembel, A., Mangrove, E., & Bahwa, M. (2019). Analisis Preferensi Masyarakat Dalam Pengelolaan Ekosistem Mangrove Di Pesisir Pantai Kecamatan Loloda Kabupaten Halmahera Barat. Spasial, 6(2), 531–540.
Tiris Sudrartono. (2019). Dampak Strategi Bauran Pemasaran Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Partisipasi Anggota Sebagai Pengguna Koperasi. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 9(1), 67–80. https://doi.org/10.32670/coopetition.v9i1.53
Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.