ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI BERBASIS E-COMMERCE PADA TIKTOK SHOP
Abstract
Perkembangan digital telah mendorong perubahan dalam sistem pencatatan keuangan dari metode konvensional ke sistem berbasis teknologi, termasuk dalam e-commerce seperti TikTok Shop. Namun, adopsi sistem informasi akuntansi masih menghadapi kendala di kalangan pelaku usaha. Tujuan dilakukan penelitian ini yaitu untuk meneliti faktor-faktor yang berpengaruh terhadap minat dalam penggunaan sistem informasi akuntansi, dengan pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel dengan purposive sampling berjumlah 100 responden dan menggunakan SmartPLS 4.0 untuk mengolah data. Penelitian ini menunjukkan bahwa perceived ease of use, perceived usefulness, trust berpengaruh positif terhadap minat dalam memanfaatkan sistem akuntansi. Sedangkan, perceived risk tidak berpengaruh terhadap minat penggunaan sistem tersebut.
References
Ahdiat, A. (2024). TikTok Shop Gabung Tokopedia, Ini Jumlah Penggunanya. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/teknologi-telekomunikasi/statistik/a6be2d006205170/tiktok-shop-gabung-tokopedia-ini-jumlah-penggunanya
Andaiyani, S., Yunisvita, Y., Taufiq, T., & Pratiwi, M. (2023). Optimalisasi Peran Perguruan Tinggi: Pentingnya Literasi Keuangan Digital dalam Mencegah Cybercrime. Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 4(2), 119–130. https://doi.org/10.29259/jscs.v4i2.148
Andriani, A., & Rusgowanto, F. H. (2021). Factors Inluence Intention To Use Accounting Information System-Based E-Commerce (A Case Study On MSMEs In DKI Jakarta). 2021 3rd International Conference on Cybernetics and Intelligent System (ICORIS), 1–7. https://doi.org/10.1109/ICORIS52787.2021.9649634
Andriyani, P., Halimatusadiah, E., & Rahmani, A. N. (2024). Pengaruh Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Berbasis E- Commerce dan Penggunaan Technology Acceptance Model ( TAM ) terhadap Minat Pengguna Aplikasi Belanja Online ( Generasi Z dan Milenial di Kota Bandung ).
Aryani, A., Ainun Khoir Rizki, & Hasnawati. (2022). Analisis Faktor Pengaruh Minat Penggunaan Aplikasi Ecommerce Menggunakan Tam Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Ekonomi Trisakti, 2(2), 1605–1614. https://doi.org/10.25105/jet.v2i2.14922
Aulia, D., & Eriswanto, E. (2023). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Minat Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Berbasis E-Commerce Pada Aplikasi Penjualan Online Dengan Menggunakan Technology Acceptance Model (Tam). Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 13, 10–27.
Aulifin, S. A., & Dewi, A. S. (2022). Analisis Penerimaan Pengguna Shopeepay Sebagai Sistem Pembayaran Elektronik Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) di Wilayah Kota Bogor. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 6(1), 138–152.
Badaruddin, & Risma. (2021). Pengaruh Fitur Layanan dan Kemudahan Terhadap Minat Menggunakan Mobile Banking (Studi Pada Masyarakat Desa Rantau Rasau Kecamatan Berbak) The Influence Of Service Feature And Ease Of Use On Interest Of Using Mobile Banking (Study on the Village Community . Telanaipura Jambi, 1(1), 36122.
Budiastuti, A. D. P., & Muid, D. (2020). Analisis faktor-faktor pengaruh minat penggunaan sistem informasi akuntansi berbasis e-commerce pada aplikasi shopee dengan menggunakan Technology …. Diponegoro Journal of Accounting, 9, 1–10. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/accounting/article/view/29074%0Ahttps://ejournal3.undip.ac.id/index.php/accounting/article/download/29074/24586
Dapubeang, M. A. R., Fanggidae, R. P. C., & Kurniawati, M. (2024). Analysis of Perceived Usefulness and Playfulness on Intention to Use TikTok Shop (a Study on Teenagers in Kupang City) (Issue Icemat 2023). Atlantis Press International BV. https://doi.org/10.2991/978-94-6463-411-2_2
Davis, F. D. (1989). Perceived usefulness, perceived ease of use ,and user acceptance of information technology. MIS Quarterly: Management Information Systems. 13(3),319–339. https://doi.org/10.2307/249008
Dewi Sulistiyo Rini, H. A. (2023). Pengaruh Faktor Sosial, Ekspektasi Kinerja, Persepsi Kepercayaan, Persepsi Kemudahan Penggunaan terhadap Minat Memakai Aplikasi Akuntansi. Jurnal Disrupsi Bisnis, 6(5), 471. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/DRB/article/view/30581
Eti Yulianti, & Nurhadi. (2024). Pengaruh Security, Trust, Usability, dan Usefulness terhadap Kepuasan Pengguna pada Aplikasi SeaBank. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5(6), 3167–3182. https://doi.org/10.47467/elmal.v5i6.1980
Farina, K., & Opti, S. (2023). Pengaruh Pemanfaatan Sistem Informasi Akuntansi Dan Penggunaan Teknologi Informasi Terhadap Kinerja Umkm. Jesya, 6(1), 704–713. https://doi.org/10.36778/jesya.v6i1.1007
Fitranita, V., Zoraya, I., & Wijayanti, I. O. (2023). Factors Affecting Interest In Using E-Commerce And E-Wallet With Using Technology Acceptance Model. Jurnal Akuntansi, 13(2), 98–108. https://doi.org/10.33369/jakuntansi.13.2.98-108
Haces, G., Medina, J. M., Roque, R. V., Macias, J. C., & Aguirre, H. G. (2024). Factors of Adoption of Electronic Commerce in SMEs in Mexico. TEM Journal, 13(2), 1413–1422. https://doi.org/10.18421/TEM132-55
Hamdani, I., & Murdiansyah, I. (2023). The Influence of Interest in the Use of Sia E-Commerce on The Tiktok Application Using the Method of Technology Acceptance Model (TAM). Journal of Economics Education and Entrepreneurship, 4(2), 113. https://doi.org/10.20527/jee.v4i2.9003
Hamdani, N. A., Muharwiyah, K. M., & Nurhasan, R. (2022). Pengaruh Price Discount dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Pada Konsumen Shopee di Kabupaten Garut. Business Inovation and Entrepreneurship Journal, 04(01), 91–98.
Hanafi, M., & Rohim, F. (2024). Jurnal E-Bis : Ekonomi-Bisnis Analisis Tecnology Acceptance Model pada Aplikasi Pembiayaan Kredit FIFGROUP Mobile Customer. 8(2), 654–665.
Handayani, E., Adrianto, Z., & Ritchi, H. (2021). Examining User Intention Toward Cloud-Based Accounting Information System Adoption. Journal of Accounting Auditing and Business, 4(2), 80–90. https://doi.org/10.24198/jaab.v4i2.35102
Hanif, A. N., & Kurniawati, L. (2024). Pengaruh Pemahaman, Penerapan, Pemanfaatan Sistem Informasi Akuntansi dan Keterampilan Penggunaan Teknologi Informasi Dalam Perkembangan UMKM. Jurnal Akademi Akuntansi Indonesia Padang, 4(1), 115–125. https://doi.org/10.31933/h8jese04
Hidayati, N., & Karim, N. K. (2024). Pengaruh Perceived Ease of Use Dan Perceived Usefulness Terhadap Minat Penggunaan Qris Pada Merchant Di Lombok Epicentrum Mall. Ganec Swara, 18(1), 253. https://doi.org/10.35327/gara.v18i1.756
Jannah, A. N., & Triyanto, E. (2021). Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Informasi Akuntansi Berbasis E- Commerce Pada Umkm. Jurnal Akuntansi, 1(1), 8–15. https://doi.org/10.37058/jak.v1i1.2800
Juniar Prayoga, C., Sri Mulyani, F., & Mulyati, S. (2021). Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi Dan Integritas Terhadap Kinerja Karyawan Pada RSUD SMC Tasikmalaya. Jurnal Akuntansi Terapan Dan Bisnis, 1(2), 141–151. https://doi.org/10.25047/asersi.v1i2.3014
Kusumathias, I. P., Rahayu, S., & Wiralestari, W. (2023). the Influence of Accounting Information System Implementation on Performance With Technology Acceptance Model (Tam) Approach in Public Service Agencies of Jambi Province. Marginal Journal of Management Accounting General Finance and International Economic Issues, 3(1), 211–230. https://doi.org/10.55047/marginal.v3i1.949
Lasiba, R. (2022). … Minat Perilaku Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Berbasis E-Commerce pada Aplikasi Shopee (Studi Empiris Mahasiswa Akuntansi Universitas Islam Malang …. 11(02), 20–29. http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4968%0Ahttp://repository.unisma.ac.id/jspui/bitstream/123456789/4968/1/S1_FEB_21801082168_RISKI LASIBA.pdf
Lestari, S., Nurhasan, R., Roji, F. F., Ekonomi, F., & Garut, U. (2025). JIMEA | Jurnal Ilmiah MEA ( Manajemen , Ekonomi , dan Akuntansi ) PERAN PENERAPAN MODEL UTAUT ( UNITED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY ) PADA UMKM. 9(1), 710–727.
Luh, N., Ayu, P., Sawitri, D., Ekonomi, F., & Udayana, U. (2024). PENGARUH PERSEPSI KEGUNAAN, PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN, PERSEPSI KENIKMATAN, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP NIAT UNTUK MENGGUNAKAN KEMBALI Ni Luh Putu Ayu Diah Sawitri M *. 2(9), 2755–2776.
Perdagangan Digital ( E-Commerce ) Indonesia Periode 2023. (2024).
Purwandani, I., Syamsiah, N. O., & Nurwahyuni, S. (2023). Perceived Usability Evaluation of TikTok Shop Platform Using the System Usability Scale. Sinkron, 8(3), 1389–1399. https://doi.org/10.33395/sinkron.v8i3.12473
Rival, R. saputra, Ramayani Yusuf, & Rohimat Nur Hasan. (2023). Pengaruh Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Tiktokshop. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran ( JUMPER ), 2(1), 137–145. https://doi.org/10.51771/jumper.v2i1.575
Rosiyana, R. N., Agustin, M., Iskandar, I. K., & Luckyardi, S. (2021). a New Digital Marketing Area for E-Commerce Business. International Journal of Research and Applied Technology, 1(2), 370–381. https://doi.org/10.34010/injuratech.v1i2.6765
Saragih, S. A., & Siregar, Z. (2025). Pengaruh Fitur Layanan , Privasi Keamanan dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Dana Sebagai Alat Pembayaran ( Studi Pada Mahasiswa Prodi Manajemen Unimed ). 5(1), 129–140.
Sari, I. K., Astari, A. A. E., & Indiani, N. L. (2022). Pengaruh Perceived Usefulness Dan Perceived Ease To Use Pada Niat Menggunaan Aplikasi Tiktok Dimasa Pandemi (Studi Pada Genari Z Di Bali). Jemba: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(5), 827–842.
Setiawan, A., Rofingatun, S., & Patma, K. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahaan Penggunaan, Efektivitas, Risiko Terhadap Minat Dan Penggunaan Financial Technologi (Fintech) Dengan Minat Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Daerah, 15(2), 35–48. https://doi.org/10.52062/jakd.v15i2.1623
Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. CV ALFABETA.
Supriyati, Elpisah, Jumiati, E., Rahayu, Y. P., Jacob Abolladaka, Jumri, F. Z., Nasution, Nazipawati, M. H. A., Shiddiq, Rida Ristiyana, E. Y. K., Nanda Safarida, I Wayan Sujana, F. M., & Dewadi, E. P. Y. (2022). Pengantar Ilmu Ekonomi (Edisi Pert). Eureka Media Aksara.
Suri, M. M., Pakael, R. L., Keluanan, R. A., Im, E., Klau, M., Lian, Y. P., Komputer, I., Katolik, U., & Mandira, W. (2024). Peran Aplikasi Mobile Banking dalam Kemudahan Transaksi Harian. 8, 32127–32130.
Trisnayanti, N. K. I., & Ariyanto, D. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Minat Berperilaku dalam Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi pada Kinerja Karyawan. E-Jurnal Akuntansi, 32(5), 1158. https://doi.org/10.24843/eja.2022.v32.i05.p04
Ulil Albab, M., Maslichah, & Afifudin. (2023). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Minat Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Berbasis E-commerce Pada Aplikasi Penjualan Online Dengan Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) (Studi Kasus Pada Pelaku UMKM di Kota Malang). E_Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi, 12(2), 480–488.
Virginia, S. G., & Puspitasari, E. (2023). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Pengguna Sistem Informasi Akuntansi Berbasis Dompet Digital. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 7(1), 643. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v7i1.878
Widianto, D., & Wiryawan, D. (2024). Pengaruh Persepsi Kegunaan, Kemudahan Penggunaan, Dan Keamanan Terhadap Niat Penggunaan Kembali Dompet Digital Linkaja Di Kota Bandarlampung. RAUNG: Research Accounting and Auditing Journal, 1(2), 46–61. https://insightasia.com/
Winarto, ., & Panjaitan, M. (2021). Perceived Risk and the Technology Acceptance Model: A Proposed Study for e-Commerce Adoption. Icest 2018, 478–482. https://doi.org/10.5220/0010045104780482
Yahya, L. M. (2024). Business Model Transformation and Information Technology Use on the Quality of Accounting Information Systems in MSMEs in Indonesia. West Science Information System and Technology, 2(01), 28–38. https://doi.org/10.58812/wsist.v2i01.801
Yuliani, H., & Hadisaputro, E. L. (2022). Behavioral Analysis of Shopee Application Users at Stmik Borneo International using the Technology Acceptance Model (TAM) Method. Devotion : Journal of Research and Community Service, 3(7), 646–653. https://doi.org/10.36418/dev.v3i7.160
Copyright (c) 2025 Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.