PENGARUH AMENITAS DAN DAYA TARIK WISATA TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG DI MUSEUM RA. A. ADIWIDJAYA KABUPATEN GARUT

  • Dea Nursifa Universitas Garut
  • Rohimat Nurhasan Universitas Garut
  • Dani Adiatma Universitas Garut

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana Keputusan Berkunjung pada Museum RA. A. Adiwidjaya Kabupaten Garut yang dipengaruhi oleh Amenitas dan Daya Tarik Wisata. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Wawancara, survei, dan distribusi kuesioner kepada responden adalah instrumen pengumpulan data yang diterapkan. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu wisatawan yang penah berkunjung ke Museum RA. A. Adiwidjaya sebanyak 100 orang. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Partial Least Square (PLS) yang didasarkan pada Structural Equation Modelling (SEM) menggunakan alat bantu program software SmartPLS 3.0. Hasil studi ini menunjukkan bahwa amenitas daya daya tarik wisata berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung di Museum RA. A. Adiwidjaya Kabupaten Garut. Jika tingkat amenitas dan daya tarik wisata semakin baik, maka akan semakin meningkatkan keputusan berkunjung.

References

Abdillah dan Jogiyanto. (2011). Partial Least Square (PLS) Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) dalam Penelitian Bisnis.
Adiatma, D., Susilawati, W., & Anggraeni, W. (2024). Pengaruh Accesibility dan Social Media Marketing. 6(2), 190–203.
Aji, S., Dani, G., & Hermana, C. (2024). Pasien Pada Rumah Sakit Elang Medika CORPORA ( EMC ) Cikarang JIMEA | Jurnal Ilmiah MEA ( Manajemen , Ekonomi , dan Akuntansi ). 8(2), 2022–2031.
Ardiansyah, K., Sumar, & Nugroho, A. A. (2022). Pengaruh Daya Tarik Wisata, Aksesibilitas Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Ke Pantai Siangau Kabupaten Bangka Barat. Jurnal Ekomaks Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 11(1), 101–113. https://doi.org/10.33319/jeko.v11i1.102
Avenzora. (2008). Penilaian Potensi Daya Tarik Wisata. Aspek dan Indikator Penilaian.
Destinasi, P. C., Tarik, D., & Dan, W. (2024). Jurnal Manajemen Dinamis Jurnal Manajemen Dinamis. 6(2), 149–160.
Donargo, S., Sianipar, C. I., & Sirait, R. T. . (2022). Pengaruh Promosi dan Fasilitas Terhadap Keputusan Berkunjung di Kawasan Kota Medan. Creative Agung, 12(2), 149–167.
Fauziah, H. (2021). Sejarah museum R.A.A Adiwidjaja Garut dari tahun 2010-2019. UIN Sunan Gunung Djati.
Gozali, L. dan. (2020). Partial Least Square: konsep, metode dan aplikasi menggunakan program WarpPLS 5.0.
Hair, Hult, Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2019). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Sage Publications.
Hudiono, R. (2022). Pengaruh Jenis Kelamin dan Usia terhadap Kecenderungan Berwisata Selama Pandemi COVID-19. 5(2), 123–128.
Infogarut. (2022). Sejarah Penyematan Julukan Garut Swiss van Java. Info Garut.
Infogarut. (2023). Museum RAA Adiwidjaya Riwayatmu Kini. INFOGARUT.ID.
Jannah, L., Rahmatika, A., & Ismail, A. (2021). Manajemen Strategi Pengembangan Halal Tourism Di Jombang (Studi Pada Makam Kh. Abdul Wahab Hasbullah). Revenue : Jurnal Ekonomi Pembangunan Dan Ekonomi Islam, 4(01), 14–23. https://doi.org/10.56998/jr.v4i01.32
Kotler, P., Bowen, J. T., & Makens, J. C. (2017). Marketing for Hospitality and Tourism.
Mandey, S. L. (2019). Keputusan Berkunjung Wisatawan di Objek Wisata Danau Linow Effect Of Location, Perception Of Prices And Tourism Attraction On The Decision To Visit Travelers At Lake Linow. 7(4), 5505–5513.
Maukari, L., & Anigomang, F. (2023). Analisis Pengaruh Promosi Daya Tarik Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pengunjung Di Tempat Wisata Tradisonal Takpala Desa Lembur Barat Kecamatan Alor Tenga Utara Kabupaten Alor Tahun 2022-2023. http://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/8350/4968
May, J., Putra, R., Medan, P. N., Manurung, J. S., & Medan, P. N. (2024). Pengaruh Daya Tarik , Fasilitas dan Harga Tiket terhadap Kepuasan Pengunjung Objek Wisata Bukit Holbung di Kabupaten Samosir Josua May Rio Putra Pakpahan Politeknik Negeri Medan John Sihar Manurung untuk memberi kepuasan kepada pengunjung . Pariwisata dap. 2(2).
Novyandini, D. R., Nurhasan, R., & Cupiadi, H. (2017). Pengaruh Kepribadian Merek dan Kepercayaan Merek terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk Kosmetik Halal Make Over di Kabupaten Garut. 1–9.
Nurhasan, R., & Wibowo, L. A. (2020). Jurnal Wacana Ekonomi Analisis Faktor Corporate Reputation pada Tempat Wisata.
oseph F. Hair Jr., G. Tomas M. Hult, Christian M. Ringle, Marko Sarstedt, Nicholas P. Danks, Soumya Ray. Cham, S. (2021). Partial Least Squares Structural Equation Modeling (Pls-Sem) Using R A Workbook.
Pine II, B., & Gilmore, J. (2013). The experience economy: past, present and future. In Handbook on the experience economy (p. 269). https://doi.org/10.4337/9781781004227.00007
Pratiwi, F. (2021). Potensi Burayot Sebagai Atraksi Wisata Gastronomi di Desa Cangkuang Kecamatan Leles Kabupaten Garut. Universitas Pendidikan Indonesia.
Rahmadayanti, T., & Murtadlo, K. (2020). Pengaruh Efektivitas Media Sosial, Daya Tarik, Harga Tiket, dan Fasilitas Pelayanan Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung di Curug Goa Jalmo Kabupaten Pasuruan. Malia (Terakreditasi), 12(1), 125–136. https://doi.org/10.35891/ml.v12i1.2392
Rokhayah, Gustiani, E., & Andriana, A. N. (2021). Pengaruh Daya Tarik Wisata, Fasilitas, dan Aksesibilitas terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan di Pantai Istana Amal Kabupaten Penajam Paser Utara. Jurnal Kajian Dan Terapan Pariwisata, 2(1), 10–18. https://doi.org/10.53356/diparojs.v2i1.43
Saputra, N. (2017). Pengaruh Daya Tarik Wisata terhadap Keputusan Berkunjung di Objek Wisata Pantai Air Manis Padang. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/jhet/article/viewFile/10643/7799
Scott, C. (2022). Beyond the Walls: Demonstrating the social impact of museums is critical to their success. https://www.aam-us.org/2022/03/01/beyond-the-walls-demonstrating-the-social-impact-of-museums-is-critical-to-their-success/
Singleton, P. A. (2013). Introducing a Theory of Travel Decision-Making with Applications for Active Travel. https://digitalcommons.usu.edu/cee_facpub/3734/
Susianto, B., Johannes, J., & Yacob, S. (2022). Pengaruh Daya Tarik Wisata dan Amenitas Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan pada Desa Wisata Kabupaten Kerinci. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(6), 592–605. https://www.dinastirev.org/JIMT/article/view/1094%0Ahttps://www.dinastirev.org/JIMT/article/download/1094/658
Tjiptono, F. (2017). Service management : mewujudkan layanan prima / oleh Fandy Tjiptono, Ph.D. (3rd ed.). Andi. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1110819#
Trisakti, F. A., & Alifahmi, H. (2018). Destination Brand Storytelling: Analisis Naratif Video The Journey to A Wonderful World Kementerian Pariwisata. Jurnal Komunikasi Indonesia, 7(1). https://doi.org/10.7454/jki.v7i1.9692
Tyara, S., Hariasih, M., & Pebrianggara, A. (2024). PENGARUH BRAND AMBASSADOR , BRAND IMAGE DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN JIMEA | Jurnal Ilmiah MEA ( Manajemen , Ekonomi , dan Akuntansi ). 8(2), 228–245.
Published
2024-10-15
How to Cite
Nursifa, D., Nurhasan, R., & Adiatma, D. (2024). PENGARUH AMENITAS DAN DAYA TARIK WISATA TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG DI MUSEUM RA. A. ADIWIDJAYA KABUPATEN GARUT. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(3), 1412-1427. https://doi.org/10.31955/mea.v8i3.4625
Section
Articles