PENGARUH SERVICESCAPE DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN CAFÉ BALONG AJA KABUPATEN GARUT
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menemukan apakah servicescape dan kualitas pelayanan mempengaruhi kepuasan pelanggan Café Balong Aja. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif dan menggunakan teknik sampling purposive menggunakan kuesioner online dengan sampel 100 orang pelanggan yang pernah melakukan pemesanan secara dine in di Cafe Balong Aja. Teknik analisis data yang digunakan adalah PLS-SEM. implikasi pada penelitian ini yakin bahwa servicescape dan kualitas pelayanan memiliki berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Berdasarkan hasil penelitian kepada pelanggan Café Balong Aja, pada variabel servicescape sebagian besar kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh indikator spatial layout and functionality dan pada variabel kualitas pelayanan sebagian besar kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh indikator responsiveness (ketanggapan) Arah hubungan positif menandakan semakin meningkatnya servicescape dan kualitas pelayanan akan meningkatkan kepuasan pelanggan Café Balong Aja.
References
Djunaidi, Djunaidi, and Heri Subagyo. 2020. “Pengaruh Service Scape Dan Brand Image Terhadap Kepuasan Konsumen Di SK Coffee Lab Kota Kediri.” Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri 5(1): 1.
Fahleti, Widya Hana. 2022. “Pengaruh Servicescape Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Tepian Pandan Di Tenggarong.” Jurnal Ekonomi & Manajemen Indonesia 18(2): 64–72.
Harcahyo, Richardus Bowo, Sentot Suciarto Athanasius, and Veronica Kusdiartini. 2021. “Pengaruh Green Product, Servicescape Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Resto Berbasis Alam.” Jurnal Ekonomi, Manajemen Akuntansi dan Perpajakan (Jemap) 4(2): 236.
Ibrahim, Malik;, and sitti marijam Thawil. 2019. “PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN.” Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT 4(1): 175–82.
Jelita, Insi Nantika. 2021. “Industri Makanan Minuman Tumbuh Positif Saat Pandemi.” mediaindonesia.com. https://mediaindonesia.com/ekonomi/378643/industri-makanan-minuman-tumbuh-positif-saat-pandemi (January 28, 2024).
Khoiriyaha;, Siti, and Ira Hidayatia. 2022. “Pengaruh Corporate Image Pada Customer Satisfaction Yang Dimediasi Oleh Servicescape Dan Employees.” Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan 13(2): 121–32. https://jurnal.uns.ac.id/fokus-manajerial/article/view/8418.
Laetitia, Stephani Imanuela, Elke Alexandrina, and Satria Fajar Ardianto. 2021. “Pengaruh Kulaitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Tanamera Coffee Pacific Place.” Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi)5(1):1699–1721. https://journal.stiemb.ac.id/index.php/mea/issue/view/19.
M. Riszhaldi Dwi Cahya N; Acep Samsudin; Kokom Komariah. 2020. “KEKUATAN SERVICESCAPE DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN.” Journal of Management and Bussines (JOMB) 2(1): 55.
Masloman, Mirna, Bode Lumanauw, and Irvan Trang. 2014. “Kualitas Pelayanan Dan Servicescape Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Kentucky Fried Chicken Multimart Ranotana Manado.” Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 2(4): 589–601.
Maulidi, Ahcmad. 2017. “Pengertian Kafe (Cafe).” kanalinfo.web.id. https://www.kanalinfo.web.id/pengertian-kafe-cafe (July 22, 2024).
Mochammad Rifqian Muzakqi; Achmad Zaki. 2024. “PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, SERVICESCAPE DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA BURGER BANGOR SIDOARJO.” JIMEA Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi) 8(1): 568–81.
Nanincova, Niken. 2019. “Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Noach Cafe and Bistro.” Agora 7(2): 1–5. https://media.neliti.com/media/publications/287057-pengaruh-kualitas-layanan-terhadap-kepua-8824929f.pdf.
Nurhasan, Rohimat, and Gugun Gunawan. 2016. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Style Leather Collections.” Jurnal Wacana Ekonomi 15(03). www.jurnal.uniga.ac.id.
Parasuraman, A., Valerie A. Zeithaml, `and Leonard L. Berry. 1988. “SERVQUAL: A Multiple Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality.” Journal iof Retailing 64.
Riyadi, Taufik Bimo, Muhammad Kholif, and Lir Widyoputro. 2023. “Penerapan Open Space Dengan Konsep Desain Industrial Yang Mempengaruhi Perilaku Pengunjung Pada Atterra Cfe Sehingga Digemari Anak Muda.” Seminar Karya & Pameran Arsitektur Indonesia 2023 Place Making untuk Mewujudkan Komunitas yang Lebih Berdaya 6(1): 1218–24.
https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/47255/113 SAKAPARI 11_Taufik Bimo Riyadi%2C Muhammad Kholif Lir Widyoputro.pdf?sequence=1&isAllowed=y.
Sari;, Ririn Dwi Astuti Kartika, and Muhammad Ikhsan Fifaldyovan. 2022. “Pengaruh Servicescape, Service Quality, Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Swalayan Di Kota Semarang.” Jurnal Manajemen Pelayaran Nasional 5(2): 56–59.
Setyawati, Ria. 2023. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen.” INOVASI: Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Manajemen 19(1): 57–63. https://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/INOVASI/article/view/12660/2345.
Sultan, Muhammad Faiz. 2023. “Cafe Balong Aja Di Garut Punya View Indah Gunung Guntur, Cocok Buat Nyantai Bareng Teman Dan Keluarga.” Pikiran Rakyat Garut.com.
Suwardi. 2011. “Menuju Kepuasan Pelanggan Melalui Penciptaan Kualitas Pelayanan.” politeknik Negeri Semarang.
Yana, H.F. & Hutasuhut, I.P. 2019. “Pengaruh Servicescape Terhadap Customer Satisfaction Dan Customer Loyalty: Studi Pada Konsumen Warung Nako Bogor.” ISIP 16(2): 1–13.
Yunita, Riani et al. 2022. “Analysis of The Effect of Servicescape and Service Quality on Customer Satisfaction at Post Shop Coffee Tofee in Bogor City.” APTISI Transactions on Technopreneurship 4(1): 68–76.
Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.