PERENCANAAN BISNIS KURSUS MUSIK DANI IRJAYANA AUDIOLAB DI KOTA CIMAHI
Abstract
Perkembangan industri kreatif, khususnya dalam bidang musik, terus mengalami pertumbuhan yang signifikan. Musik tidak hanya menjadi bagian dari ekspresi budaya tetapi juga sebagai industri yang berkontribusi dalam perekonomian kreatif. Namun, tantangan bagi kursus musik konvensional semakin besar dengan munculnya platform pembelajaran digital yang menawarkan fleksibilitas dan akses yang lebih luas. Dani Irjayana Audiolab hadir sebagai solusi dalam memberikan kursus musik dengan pendekatan yang lebih personal dan inovatif, menggabungkan metode tatap muka sebagai metode utama dan digital sebagai metode tambahan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan analisis mengenai perencanaan bisnis Dani Irjayana Audiolab dan menentukan strategi yang tepat untuk meningkatkan daya saing di industri pendidikan musik nonformal. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi dan survei untuk mengevaluasi lingkungan bisnis, peluang pasar, dan strategi pemasaran. Selain itu, perencanaan bisnis Dani Irjayana Audiolab dianalisis menggunakan Timmons Model, Business Model Canvas, serta analisis SWOT untuk menilai kelayakan dan keberlanjutan bisnisnya. Hasil dari penelitian dengan menggunakan analisis SWOT menunjukkan bahwa Dani Irjayana Audiolab memiliki keunggulan dalam metode pembelajaran yang lebih fleksibel dan berbasis personalisasi. Namun, tantangan utama berasal dari persaingan dengan kursus musik yang lebih mapan serta kemajuan teknologi yang memungkinkan pembelajaran musik secara mandiri melalui platform digital. Berdasarkan Timmons Model dan Business Model Canvas, Dani Irjayana Audiolab memiliki potensi yang besar untuk berkembang dengan strategi yang tepat, terutama dalam inovasi kurikulum dan pemanfaatan teknologi digital.
References
Aghniya, N. I., & Subroto, W. T. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha pada Mahasiswa. Jurnal Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 135–147. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.458
Alon, I., Apriliyanti, I. D., & Henríquez Parodi, M. C. (2021). A systematic review of international franchising. Multinational Business Review, 29(1), 43-69. https://doi.org/10.1108/MBR-01-2020-0019
Ananda, F. S., Kurnia, S. A., Rusmana, N., & Hyangsewu, P. (2024). Eksistensi kursus musik terhadap kualitas dan kuantitas siswa. Journal of Education. Humaniora and Social Sciences (JEHSS). 7(1), 53-59. https://dx.doi.org/10.34007/jehss.v7i1.2263
Arifudin, O., Tanjung, R., & Sofyan, Y. (2020). Manajemen Strategik: Teori dan Implementasi. Penerbit CV. Pena Persada. ISBN: 978-623-315-101-6.
Arsiadjienaldo, B., & Hendri, M. (2024). Perencanaan bisnis untuk proyek perumahan Pesona Permata Hijau 3 di PT. Griya Omega Estetika. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi), 8(3), 2723–2746. https://doi.org/10.12345/jimea.v8i3.15441
Arvira, Swarnadwitya. (2020). Design thinking: Pengertian, Tahapan dan Contoh Penerapannya. https://sis.binus.ac.id/2020/03/17/design-thinking-pengertian-tahapan-dan-contoh-penerapannya/
Arta, I. P. S., Satriawan, D. G., Bagiana, I. K., Loppies, Y., Shavab, F. A., Mala, C. M. F., Sayuti, A. M., Safitri, D. A., Berlianty, T., Julike, W., Wicaksono, G., Marietza, F., Kartawinata, B. R., & Utami, F. (2021). Manajemen Risiko. Widina Bhakti Persada Bandung.
Azmi, A., & Zulganef. (2024). Perencanaan bisnis tempat kursus bahasa Mandarin Catatan Mandarin. COSTING: Journal of Economic, Business and Accounting, 7(6), 1484-1503.
Corvellec, H., Stowell, A. F., & Johansson, N. (2021). Critiques of the circular economy. Journal of Industrial Ecology, 25(6), 1318–1328. https://doi.org/10.1111/jiec.13187
Dam, R. F., & Siang, T. Y. (2021). Introduction to Design Thinking. Interaction Design Foundation.
Daulay, M. T., & Sanny, A. (2021). Kewirausahaan: Dari Industry 4.0 menuju Society 5.0. Cattleya Darmaya Fortuna.
Dewi, I. A. (2024). Perencanaan bisnis Toko Perlengkapan Sekolah Gudang Haidira. Universitas Widyatama.
Diharto, Awan Kostrad. (2022). Manajemen Inovasi dan Kreativitas. Yogyakarta: Gerbang Media Aksara.
Dora, Y. M., Sari, O. Y., Sakti, I. W., Saefudin, N., Budiansyah, Y., & Sudrajat, A. (2021). Business development by product innovation in the new normal era. Review of International Geographical Education, 11(6), 225-232.
Easybiz. (2024). Begini Prosedur dan Syarat Mendapatkan Izin Operasional Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP).
Fadhillah, R., & Dora, Y. M. (2024). Scaling profitability: A business development strategy for LCD display machines in the air compressor industry. Journal of Industrial and Business Strategy, 16(2).
Fahmi, R. (2022). Perencanaan bisnis perusahaan jasa pemeriksaan kelaikan bangunan gedung. Universitas Widyatama.
Faritzal, A., Nurunnisha, G. A., Sujana, F. R., Solihin, I., & Kaniawati, K. (2023). Pengembangan desain produk untuk UMKM fashion Kampoeng Rajoet Binong Jati Kota Bandung. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 4(2), Universitas Widyatama.
Fauzan, M., & Dora, Y. M. (2025). Business plan of light steel manufacture. Universitas Widyatama.
Guerola-Navarro, V., Gil-Gómez, H., Oltra-Badenes, R. F., & Sendra-García, J. (2021). Customer relationship management and its impact on innovation: A literature review. Journal of Business Research, 129, 83-87. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2021.02.050
Hamdani, B. (2022, 18 April). Vision Plus sukses gelar launching “Galeri Musik” di Cimahi Mall. Pratama Media News. https://pratamamedia.com
Handayati, R., Rosyad, S., & Fauziyah, E. N. (2020). Analysis of Business Development Strategy and Product Variations on Medium-sized Enterprises Small Micro Corn Banyubang. International Journal of Science, Technology & Management, 1(4), 333–341. Retrieved from https://ijstm.inarah.co.id/index.php/ijstm/article/download/63/79.
Hassan, S. M. (2023). SCAMPER as a Creative Idea Generation Method: Case Study on Graphic Design Students. Information Sciences Letters, 12(4).
Hendri, M., Hendrayati, H., Achyarsyah, T., & Suryana, Y. (2023). Mindset kewirausahaan, kapabilitas organisasi usaha mikro, dan pelatihan kewirausahaan terhadap strategi inovasi. Journal of Innovation and Business, 11(1).
Johansyah, I. G., & Kaniawati, K. (2020). The Impact of Price and Quality Product on Consumers’ Purchasing Decision in Kaos Anak for Kids’ (KAFK) Clothing Shop. Journal Sampurasun: Interdisciplinary Studies for Cultural Heritage, 6(1), 29-38.
Rangkuti, Freddy. 2018. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Riyanto et al. 2021. Effect Of Work Motivation And Job Satisfaction On Employee Performance: Mediating Role Of Employee Engagement. Problems And Perspectives In Management. Volume 19, Issue 3.
Sekaran, & Bougie. (2010). Research Methods for Business: A Skill Building Approach (5th ed.). United States: John Wiley & Sons Ltd.
Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.
Susilo, J. H., Eliana. A., Putri, E. Y., Fauziah, A., P. (2022). Pendampingan Digital Marketing dan Legalitas Usaha untuk Meningkatkan Kuantitas Penjualan UMKM. Jurnal Abdi Masyarakat Universitas Kadiri, Vol. 6, No. 1, 93-110. DOI: 10.30737/jaim.v6i1.3331.
Kaniawati, K. (2019). The Development Strategy Micro, Small and Medium Enterprises in Bandung. Proceedings of the 8th Widyatama International Seminar on Sustainability (WISS), Universitas Widyatama.
Kaniawati, K. (2021). Marketing Strategy Model In Improving Marketing Performance (Case Study Of Central Small Industry Areas Of Central Cibaduyut Footwears). Turkish Journal of Computer and Mathematics Education, 12(9), 87-94.
Kaniawati, K., & Jusuf, E. (2020). Leather shoes business development digital based marketing strategy in West Bandung Regency. International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 24(2).
Kaniawati, K., Nuri, N., Sinaga, O., Mohamed, H., Efendi, R., & Roespinoedji, R. (2021). Coffee business development model. Review of International Geographical Education, 11(6), 432-443.
Kaniawati, K., Rahmani, S., Ariawan, F., Fadhlan, A., & Ahmad, A. K. (2024). Digital navigation: The role of marketing literacy, employee engagement, and internal culture in SMEs' success. Jurnal Aplikasi Manajemen (JAM), 22(4), 920–938. Universitas Brawijaya.
Kaniawati, K., Sukma, A., & Oktaviani, D. (2024). Leveraging Strategic Orientations in Achieving a Competitive Advantage Among MSMEs: A Cross-Country Marketing Analysis. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan (JEBIK), 13(1), 40-66. DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jebik.v13i1.76063.
Kaniawati, K., Subagja, D. A., Ramdhani, A. H., & Latif, F. M. (2021). Coffee Business Development Model Using Financial Indicators. Review of International Geographical Education Online, 11(5), 3092–3106. https://doi.org/10.48047/rigeo.11.05.228.
Kaniawati, K., Sukma, A., & Oktaviani, D. (2024). Marketing Performance of Small and Medium Industrial Shoe Entrepreneurs in Greater Bandung. Mantik Journal, 7(4), 3075-3082. https://doi.org/10.35335/mantik.v7i4.4637
Katherine. (2023). Perencanaan bisnis kuliner Mie Kairos. Universitas Widyatama.
Kingsnorth, S. (2022). Digital Marketing Strategy: An Integrated Approach to Online Marketing. Kogan Page.
Kotler, & Keller. (2021). Intisari Manajemen Pemasaran (A. Pramesta (ed.)). Penerbit Andi.
Kristanti, D., Kardini, N. L., Sucandrawati, N. L. K. A. S., Alaslan, A., Harto, B., Hidayati, M., Suprianto, A., Ashriana, A. N., Irawan, B., Astari, A. A. E. (2023). Etika Bisnis. PT. Global Eksekutif Teknologi. ISBN: 978-623-198-042-7.
Maulana, L., M. (2022). Perencanaan bisnis peternakan kambing. Universitas Widyatama.
Muniarty, P., Verawaty, Hasan, S., Patimah, S., CH, T., Butarbutar, D. J. A., Pratisti, C., Ismail, A. N., Guntarayana, I., Fitriana, F., Sari, R. K., & Sihombing, C. M. (2022). Manajemen Pemasaran. PT. Global Eksekutif Teknologi.
Ningsih, R., Wijaya, F., & Herlinawati, E. (2023). Analysis of business development using a business model canvas approach. Journal of Management Science (JMAS), 6(1), 117–124. https://www.exsys.iocspublisher.org/index.php/JMAS
Novi, W. (2021, 23 Oktober). Dibangunnya Studio 7 sebagai ajang adu kreasi. Cimahi Ekspres. https://jabarekspres.com
Pardi, N., Pardi, P. U. S., & Weni, D. E. (2025). Konsep dasar manajemen. Jurnal Pendidikan Kreativitas Pembelajaran, 7(1), 146. Retrieved from https://journalpedia.com/1/index.php/jpkp
Pinontoan, Marien, Mozes M. Wullur, dan Abdul Rahmat. Pembelajaran Kewirausahaan (Kajian Teoritis dan Pelaksanaannya). Ideas Publishing, 2023.
Rahadhyan, A. (2023, 21 Maret). Peringati Hari Musik Nasional, Pemkot Cimahi Ajak Masyarakat Optimalkan Kreasi Seni Musik Bagian Industri Kreatif Kota Cimahi. Cimahi Kota. https://cimahikota.go.id
Rahadhyan, A. (2024, 7 Desember). Cimahi Creative Days 2024, Upaya Pemkot Cimahi Kembangkan Sektor Ekraf. Cimahi Kota. https://cimahikota.go.id
Radiansyah, E. (2022). Peran Digitalisasi Terhadap Kewirausahaan Digital: Tinjauan Literatur dan Arah Penelitian Masa Depan. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi, 9(2), 828-837.
Rakib, M., Isma, A., Rahman, V., Hasdiansa, I. W., & Nugraha, M. E. S. (2023). Technopreneurship: Teori dan Aplikasi. Tahta Media Group. ISBN: 978-623-147-082-9.
Rialdy, N., & Melisa, A. T. (2023). Pendampingan kewirausahaan dalam peningkatan kinerja pelaku UMKM di Desa Purwobinangun. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 85–94.
Riyadi, R. (2020). Perencanaan bisnis Toko Kain TEX.BOSS. Universitas Widyatama.
Samoedra, A. D. A., Vinantama, I. R., Ramdhani, A. H., Subagja, D. A., Farhan, & Latif, F. M. (2021). Strategy Analysis of Culinary Business in the Pandemic Era Using the Timmons Model Approach (Case Study Rm. Andalas). Review of International Geographical Education, 11(5), 2052–2059. https://doi.org/10.48047/rigeo.11.05.111
Saefudin, A., Dora, Y. M., & Latifah, S. (2023). Analysis of business development for MSMEs in Bandung City. Journal of Entrepreneurship and Business Growth, 14(2).
Setiawan, Z., Jauhar, N., Putera, D. A., Santosa, A. D., Fenanlampir, K., Sembel, H. F., Harto, B., Roza, T. A., Dermawan, A. A., & Rukmana, A. Y. (2023). Kewirausahaan Digital. PT Global Eksekutif Teknologi. ISBN: 978-623-198-233-9.
Sitompul, P., Tarigan, M. I., & Telaumbanua, E. S. (2022). Perencanaan Bisnis Sebagai Kompas Bagi Wirausahawan Pemula. Prosiding PKM-CSR, Vol. 5, 1–8.
Sulistiyana, C. S. (2023). Buku Ajar Mata Kuliah Kewirausahaan Lanjutan. Penerbit Lakeisha.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. (Edisi Ke-5). Bandung: CV. Alfabeta
Tarmizi, M., Muhammad, M., & Junilia, E. (2023). Buku ajar kewirausahaan. UPPM Universitas Malahayati.
Tresnasari, R., & Zulganef. (2023). Increasing MSME performance through institutional strengthening, entrepreneurship, and digital marketing. Journal of Business and Entrepreneurship, 12(3).
Turkamun, T., Darmawan, D., Bathni, I., Junaedi, E., & Hadi, A. S. (2021). Membangun Ekonomi Kreatif Melalui UKM Go Export Penyuluhan Kepada Peserta UMKM Galeri Etnik Nusantara Gensa Tangerang Selatan. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Vol. 1, No. 1, 1537-1546.
Tyas, R. A. N., & Kaniawati, K. (2024). Designing a Business Strategy Using Business Model Canvas (BMC) on Product Newcomer Gyura Hijab. American Journal of Economic and Management Business, 3(11), 383-398.
Urbano, D., Turro, A., Wright, M., & Zahra, S. (2022). Corporate Entrepreneurship: A Systematic Literature Review and Future Research Agenda. Small Business Economics, 59, 1541–1565. https://doi.org/10.1007/s11187-021-00590-6
W. Chan Kim, R. A. M. (2020). The W. Chan Kim And Renée Mauborgne. Blue Ocean. Strategy Reader.
Wicaksono, B. D., & Anggraeni, S. (2021). Perancangan Website Sistem Informasi Transaksi Tagihan Layanan Purna Jual Properti Pada Pollux Properti Indonesia. Technomedia Journal (TMJ), 5(2), 132-143.
Windoro, M. A., Nugroho, A. A., & Puspita, I. (2023). Analisis Faktor Penentu Investasi dan Strategi Pengembangan Investasi di Indonesia. Jurnal Manajemen Perbendaharaan, 4(2), 142–156. DOI: 10.33105/jmp.v4i2.491.
Yulianti, D. (2023). Analisis Lingkungan Internal dan Eksternal dalam Pencapaian Tujuan Perusahaan (Studi Kasus di PT. Perkebunan Nusantara VII Lampung). Jurnal Sosiologi, 16(2), 103-114.
Zulganef. (2018). Metode Penelitian Bisnis dan Manajemen. Bandung: Refika Aditama.
Zulganef, Z., Pratminingsih, S., & Rianawati, I. (2023). Leveraging strategic intuition to reach firm performance: The role of entrepreneurial agility and environmental dynamism. Journal of Business and Strategy, 15(4).
Copyright (c) 2025 Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.