PENGEMBANGAN BISNIS BUBUR BAYI ORGANIK (BUBUR BAYI NUTRILAM)

  • Yanuar Pradana Universitas Widyatama, Bandung
  • Keni Kaniawati Universitas Widyatama, Bandung

Abstract

Industri makanan bayi mengalami pertumbuhan seiring meningkatnya kesadaran orang tua terhadap pentingnya MPASI yang sehat dan bergizi. Permintaan terhadap makanan bayi praktis tanpa bahan pengawet terus meningkat, mendorong pelaku usaha untuk berinovasi. Bubur Bayi Nutrilam merupakan usaha yang berfokus pada penyediaan MPASI segar dengan variasi menu harian. Untuk meningkatkan daya saing dan memperluas pasar, Nutrilam mengembangkan bisnis dengan menambahkan kategori Kids Food serta merelokasi operasional dari booth ke ruko guna meningkatkan kapasitas produksi dan kenyamanan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengembangan bisnis Bubur Bayi Nutrilam dengan menggunakan Business Model Canvas (BMC), Timmons Model, dan analisis SWOT. Evaluasi dilakukan terhadap aspek pemasaran, operasional, serta keuangan guna menentukan kelayakan investasi dan keberlanjutan bisnis. Dari hasil analisis SWOT, ekspansi produk ke kategori Kids Food, yang mencakup Nasi Hainan Kids, Nasi Liwet Kids, Nasi Goreng Kids, Nasi Butter Kids, Ayam Teriyaki, Beef Teriyaki, Soto Betawi, Opor Ayam, Sop Ayam, Abon Ayam, Abon Lele, Crackers, Bakso Kids, dan Mashed Potato, bertujuan untuk menjangkau segmen pelanggan lebih luas. Relokasi dari booth ke ruko memungkinkan peningkatan kapasitas produksi, perpanjangan jam operasional dari 3 jam menjadi 14 jam (06.00–20.00), serta peningkatan fasilitas yang lebih mendukung kenyamanan pelanggan. Dari aspek keuangan, perhitungan menunjukkan bahwa Break-even Point (BEP) tercapai pada 180.432 unit atau Rp 1.383.315.344. Evaluasi investasi menunjukkan NPV positif, IRR sebesar 9.92% lebih tinggi dari tingkat diskonto 5.75%, serta Profitability Index (PI) lebih dari 1, yang mengindikasikan kelayakan pengembangan bisnis. Return on Investment (ROI) selama 3 tahun mencapai 213.12% dengan Payback Period dalam 1 tahun 6 bulan, menunjukkan potensi pengembalian investasi yang cepat. Dengan strategi yang terstruktur dan berbasis analisis bisnis, pengembangan ini dapat menjadi dasar bagi ekspansi lebih lanjut dan peningkatan daya saing Bubur Bayi Nutrilam.

References

Adirastono, A., & Atiqoh, D. N. (2020). Pembuatan Bubur Instan Mp-asi Berbahan Tepung Porang (Amorphonphallus Muelleri) Dan Wortel (Daucus Caronta L.) Dengan Penambahan Varian Rasa. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(4), 913-916.
Antoni, A. (2014). Muslim Entrepreneurship: Membangun Muslim Peneurs Characteristics Dengan Pendekatan Knowladge Based Economy. El-Hikam, 7(2), 325-â.
Ariani, M., Suryana, A., Suhartini, S. H., & Saliem, H. P. (2018). Keragaan konsumsi pangan hewani berdasarkan wilayah dan pendapatan di tingkat rumah tangga. Analisis Kebijakan Pertanian, 16(2), 147-163.
Arif, M. E., & Anggraeni, R. (2023). Strategi Bisnis. Universitas Brawijaya Press.
Arifudin, O., Tanjung, R., & Sofyan, Y. (2020). Manajemen Strategik: Teori dan Implementasi. Penerbit CV. Pena Persada. ISBN: 978-623-315-101-6.
Arsiadjienaldo, B., & Hendri, M. (2024). Perencanaan bisnis untuk proyek perumahan Pesona Permata Hijau 3 di PT. Griya Omega Estetika. JIMEA | Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi), 8(3), 2723-2745.
Azmi, A., & Zulganef. (2024). Perencanaan bisnis tempat kursus bahasa Mandarin Catatan Mandarin. COSTING: Journal of Economic, Business and Accounting, 7(6), 1484-1503.
Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat. (2024). Jumlah balita dengan gizi kurang menurut kabupaten/kota. Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat. https://jabar.bps.go.id/id/statistics-table/2/ODgyIzI=/jumlah-balita-dengan-gizi-kurang-menurut-kabupaten-kota.html
Brown, T. (2009). Change by Design: How Design Thinking Creates New Alternatives for Business and Society. Harper Business.
Cahya, N., & Maula, K. A. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penawaran Dan Permintaan Bahan Pokok Di Indonesia. Transekonomika: Akuntansi, Bisnis Dan Keuangan, 1(4), 311-320.
Chaffey, D., & Smith, P. R. (2023). Digital marketing excellence: Planning and optimizing your digital marketing. Routledge.
Cross, N. (2011). Design Thinking: Understanding How Designers Think and Work. Berg Publishers.
Dam, R. F., & Siang, T. Y. (2020). What is Design Thinking and Why Is It So Popular? Interaction Design Foundation.
Dam, R. F., & Siang, T. Y. (2021). Introduction to Design Thinking. Interaction Design Foundation.
Dayat, M. (2019). Strategi Pemasaran Dan Optimalisasi Bauran Pemasaran Dalam Merebut Calon Konsumen Jasa Pendidikan. Jurnal Mu'allim, 1(2), 299-218.
Diharto, Awan Kostrad. (2022). Manajemen Inovasi dan Kreativitas. Yogyakarta: Gerbang Media Aksara.
Dora, Y. M., Sari, O. Y., Sakti, I. W., Saefudin, N., Budiansyah, Y., & Sudrajat, A. (2021). Business development by product innovation in the new normal era. Review of International Geographical Education, 11(6), 225-232.
Drucker, P. F. (2015). Innovation and entrepreneurship. Routledge.
Dwijayanti, A. (2024). Policy Spillover: Analisis Jaringan Dampak Kebijakan Makan Siang Bergizi Gratis terhadap Sektor Pertanian. Jurnal Administrasi Publik, 20(2), 281-308.
Ermiati, C., Amanah, D., Utami, S., & Harahap, D. A. (2021). Minat beli konsumen terhadap sayuran organik pada pasar tradisional ditinjau dari persepsi harga dan sikap konsumen (studi pada Pasar Sambas Medan). Tirtayasa Ekonomika, 16(2), 282-295.
Fadhillah, R., & Dora, Y. M. (2024). Scaling profitability: A business development strategy for LCD display machines in the air compressor industry. Journal of Industrial and Business Strategy, 16(2).
Faritzal, A., Nurunnisha, G. A., Sujana, F. R., Solihin, I., & Kaniawati, K. (2023). Pengembangan desain produk untuk UMKM fashion Kampoeng Rajoet Binong Jati Kota Bandung. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 4(2), Universitas Widyatama.
Fauzia, S. (2022). Perencanaan bisnis usaha stroberi premium lokal My Berry Farm. Program Studi Magister Manajemen, Universitas Widyatama. Retrieved from repository.widyatama.ac.id.
Fauzan, M., & Dora, Y. M. (2025). Business plan of light steel manufacture. Universitas Widyatama.
Gartner, W. B. (2021). Entrepreneurial behavior: Firm organizing and opportunity creation. Springer.
Gerard, H., & Bruijl, T. (2019). The relevance of Porter's five forces in today's innovative and changing business environment. SSRN.
Guerola-Navarro, V., Gil-Gómez, H., Oltra-Badenes, R. F., & Sendra-García, J. (2021). Customer relationship management and its impact on innovation: A literature review. Journal of Business Research, 129, 83-87. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2021.02.050
Hanny, N. S. (2023). Perencanaan bisnis frozen meat shop Kotak Daging. Universitas Widyatama.
Hariyono, H., Suharto, S., & Erlangga, H. (2024). ENTREPRENEURSHIP: Manajemen Strategi untuk Perkembangan UMKM di Indonesia. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Hendri, M., Hendrayati, H., Achyarsyah, T., & Suryana, Y. (2023). Mindset kewirausahaan, kapabilitas organisasi usaha mikro, dan pelatihan kewirausahaan terhadap strategi inovasi. Journal of Innovation and Business, 11(1).
Hendryadi, Tricahyadinata, I., & Zannati, R. (2019). Metode Penelitian: Pedoman Penelitian Bisnis dan Akademik. Jakarta: Lembaga Pengembagan Manajemen dan Publikasi Imperium (LPMP Imperium).
Hermana, H. W. (2024). Perencanaan bisnis brand fashion outdoor Muson. Program Studi Magister Manajemen, Universitas Widyatama. Retrieved from repository.widyatama.ac.id.
Hermawan, Z. I. (2022). Perencanaan bisnis lembaga pelatihan kepenulisan dan penerbitan buku. Program Studi Magister Manajemen, Universitas Widyatama. Retrieved from repository.widyatama.ac.id.
Hisrich, R. D., Peters, M. P., & Shepherd, D. A. 2020. Entrepreneurship. McGraw-Hill Education.
Iddin, A. L. (2023). Perencanaan bisnis pendirian Rumah Sakit Edelweiss di Kabupaten Cianjur. Program Magister Manajemen Sekolah Pascasarjana, Universitas Widyatama. Retrieved from repository.widyatama.ac.id
Intan, R., Ferdiana, L. R., & Erwahyudin, D. D. (2024). Peningkatan Daya Saing melalui Inovasi Kemasan Olahan Singkong. PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT), 2(05), 1322-1329.
Jaskyte, K., & Liedtka, J. (2022). Design Thinking for Innovation: Practices and Intermediate Outcomes. Nonprofit Management and Leadership, 32, 555-575. https://doi.org/10.1002/nml.21498
Johansyah, I. G., & Kaniawati, K. (2020). The Impact of Price and Quality Product on Consumers’ Purchasing Decision in Kaos Anak for Kids’ (KAFK) Clothing Shop. Journal Sampurasun: Interdisciplinary Studies for Cultural Heritage, 6(1), 29-38.
Joko Hadi Susilo, Ayu Eliana, Eka Yuliana Putri, Adelia Putri Fauziah. (2022). Pendampingan Digital Marketing dan Legalitas Usaha untuk Meningkatkan Kuantitas Penjualan UMKM. Jurnal Abdi Masyarakat Universitas Kadiri, Vol. 6, No. 1, 93-110. DOI: 10.30737/jaim.v6i1.3331.
Kaniawati, K., Gumelar, A., Putra, D. R., Maulana, M. K., Fadloli, M. R., & Maulana, D. T. H. (2022). Implementation of social entrepreneurship in improving creative economy and innovation of MSMEs. Central Asia & the Caucasus, 23(1), 4706.
Kaniawati, K., & Jusuf, E. (2020). Leather shoes business development digital based marketing strategy in West Bandung Regency. International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 24(2).
Kaniawati, K. (2021). Marketing Strategy Model In Improving Marketing Performance (Case Study Of Central Small Industry Areas Of Central Cibaduyut Footwears). Turkish Journal of Computer and Mathematics Education, 12(9), 87-94.
Kaniawati, K., Nuri, N., Sinaga, O., Mohamed, H., Efendi, R., & Roespinoedji, R. (2021). Coffee business development model. Review of International Geographical Education, 11(6), 432-443.
Kaniawati, K., Rahmani, S., Ariawan, F., Fadhlan, A., & Ahmad, A. K. (2024). Digital navigation: The role of marketing literacy, employee engagement, and internal culture in SMEs' success. Jurnal Aplikasi Manajemen (JAM), 22(4), 920–938. Universitas Brawijaya.
Kaniawati, K., Sukma, A., & Oktaviani, D. (2024). Leveraging Strategic Orientations in Achieving a Competitive Advantage Among MSMEs: A Cross-Country Marketing Analysis. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan (JEBIK), 13(1), 40-66. DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jebik.v13i1.76063.
Kaniawati, K., Sukma, A., & Oktaviani, D. (2024). Marketing Performance of Small and Medium Industrial Shoe Entrepreneurs in Greater Bandung. Mantik Journal, 7(4), 3075-3082. https://doi.org/10.35335/mantik.v7i4.4637
Kaniawati, K. (2019). The Development Strategy Micro, Small and Medium Enterprises in Bandung. Proceedings of the 8th Widyatama International Seminar on Sustainability (WISS), Universitas Widyatama.
Kauffman Foundation. (2019). The Importance of Education and Experience in Entrepreneurship.
Kelly N, Gero JS. (2021). Design thinking and computational thinking: a dual process model for addressing design problems. Design Science.7. doi:10.1017/dsj.2021.7
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2022). Kementerian Kesehatan rilis hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) tahun 2022. Unit Pelaksana Komunikasi Kementerian Kesehatan. https://upk.kemkes.go.id/new/kementerian-kesehatan-rilis-hasil-survei-status-gizi-indonesia-ssgi-tahun-2022
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2023). Manfaat konsumsi makanan organik bagi kesehatan. Diakses pada 11 Januari 2025, dari https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/2076/manfaat-konsumsi-makanan-organik-bagi-kesehatan
Kim, W. C., & Mauborgne, R. (2021). Blue ocean strategy: How to create uncontested market space and make the competition irrelevant. Harvard Business Review Press.
Kingsnorth, S. (2022). Digital Marketing Strategy: An Integrated Approach to Online Marketing. Kogan Page.
Klenner, N. F., Gemser, G., & Karpen, I. O. (2021). Entrepreneurial ways of designing and designerly ways of entrepreneuring: Exploring the relationship between design thinking and effectuation theory. Journal of Product Innovation Management, 38(6), 1–29. https://doi.org/10.1111/jpim.12587
Kotler, P., & Keller, K. L. (2021). Marketing management. Pearson.
Kuratko, D. F. (2020). Entrepreneurship: Theory, process, and practice. Cengage Learning.
Liedtka, J. (2018). Why Design Thinking Works. Harvard Business Review.
Magistretti, S., Bellini, E., Cautela, C., Dell'Era, C., Gastaldi, L., & Lessanibahri, S. (2022). The perceived relevance of design thinking in achieving innovation goals: The individual microfoundations perspective. Creativity and Innovation Management, 31(4), 740–754. https://doi.org/10.1111/caim.12519
Mahadi Sasoko, Deradjat., & Mahrudi, Imam. (2023). Teknik Analisis SWOT Dalam Sebuah Perencanaan Kegiatan. Jurnal Studi Interdisipliner Perspektif, 22(1), 8–19. Retrieved from https://www.ejournal-jayabaya.id/Perspektif/article/view/64
Malhotra, N. (2007). Marketing Research: An Applied Orientation (5th ed.)
Martin, R. L. (2009). The Design of Business: Why Design Thinking Creates Competitive Advantage. Harvard Business Press.
Muniarty, P., Verawaty, Hasan, S., Patimah, S., CH, T., Butarbutar, D. J. A., Pratisti, C., Ismail, A. N., Guntarayana, I., Fitriana, F., Sari, R. K., & Sihombing, C. M. (2022). Manajemen Pemasaran. PT. Global Eksekutif Teknologi.
Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
OECD. (2022). Entrepreneurship in the digital age. OECD Publishing.
Oktaviani, M. R. (2023). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen dalam Pembelian Mie Instan Lemonilo Studi Kasus Pada Mahasiswa Uin Syarif Hidayatullah Jakarta (Bachelor's thesis, Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).
Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2021). Business model generation: A handbook for visionaries, game changers, and challengers. Wiley.
Pardi, N., Pardi, P. U. S., & Weni, D. E. (2025). Konsep dasar manajemen. Jurnal Pendidikan Kreativitas Pembelajaran, 7(1), 146. Retrieved from https://journalpedia.com/1/index.php/jpkp
Perkasa, P. S. (2021). CONSUMER PREFERENCE ANALYSIS OF NEW COMPLEMENTARY ORGANIC FOOD PRODUCTS ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN UNTUK PRODUK MAKANAN PENDAMPING ORGANIK. Jurnal Teknologi Industri Pertanian, 31(3), 260-273.
Pinontoan, Marien, Mozes M. Wullur, dan Abdul Rahmat (2023). Pembelajaran Kewirausahaan (Kajian Teoritis dan Pelaksanaannya). Ideas Publishing.
Pranadita, N., Hurriyati, R., & Dirgantari, P. D. (2021). Pengaruh Hukum terhadap Lima Kekuatan Persaingan Terkait dengan Perumusan Strategi Bersaing Menurut Michael E. Porter. Jurnal Manajemen dan Organisasi, 12(1), 51-66.
Prihandarini, R. (2023). Kapita Selekta Pertanian Organik dan Pertanian Ramah Lingkungan. Penerbit A-Empat.
Radiansyah, E. (2022). Peran Digitalisasi Terhadap Kewirausahaan Digital: Tinjauan Literatur dan Arah Penelitian Masa Depan. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi, 9(2), 828-837.
Rahmawati, R., & Suwarni, E. (2023). Ulasan Produk dan Jumlah Produk Terjual Dampaknya pada Keputusan Pembelian di Marketplace Shopee. Jurnal Digital Bisnis, Modal Manusia, Marketing, Entrepreneurship, Finance, & Strategi Bisnis (DImmensi), 3(1), 46-53.
Research and Markets. (2021). Global Organic Food Market - Growth, Trends, COVID-19 Impact, and Forecasts (2021 - 2025).
Ries, E. (2020). The lean startup: How today’s entrepreneurs use continuous innovation to create radically successful businesses. Crown Business.
Rosário, A. T., Raimundo, R. J., & Cruz, S. P. (2022). Sustainable entrepreneurship: A literature review. Sustainability, 14(9), 5556.
Saefudin, A., Dora, Y. M., & Latifah, S. (2023). Analysis of business development for MSMEs in Bandung City. Journal of Entrepreneurship and Business Growth, 14(2).
Saleha, A. (2023). Perencanaan bisnis fashion online custom. Program Magister Manajemen Sekolah Pascasarjana, Universitas Widyatama. Retrieved from repository.widyatama.ac.id
Sari, F. P., Liantifa, M., Yuliasih, M., Irawan, D. A., Budaya, I., Setiawan, Z., ... & Pabulo, A. M. A. (2023). STRATEGI PENGEMBANGAN & PEMASARAN UMKM: Teori & Studi Kasus. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Sasikirana, I. D. V., Dewi, A. S., Khayzuran, Q. A., Firdausy, S. P., & Radianto, D. O. (2024). Strategi Pemasaran Digital Yang Efektif Untuk Meningkatkan Daya Saing Perusahaan di Era Digital. Profit: Jurnal Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 3(2), 166-177.
Setiawan, Z., Jauhar, N., Putera, D. A., Santosa, A. D., Fenanlampir, K., Sembel, H. F., Harto, B., Roza, T. A., Dermawan, A. A., & Rukmana, A. Y. (2023). Kewirausahaan Digital. PT Global Eksekutif Teknologi. ISBN: 978-623-198-233-9.
Sekaran, uma dan Roger Bougie. (2010). Edisi 5, Research Method For Business: A Skill Building Approach. John Wiley Sons, New York.
Schumpeter J. 1934. The Theory of Economic Development. An Inquiry into Profits, Capital, Credit, Interest and the Business Cycle. Harvard U.
Shane, S. (2022). A general theory of entrepreneurship: The individual-opportunity nexus. Edward Elgar Publishing.
Sitompul, P., Tarigan, M. I., & Telaumbanua, E. S. (2022). Perencanaan Bisnis Sebagai Kompas Bagi Wirausahawan Pemula. Prosiding PKM-CSR, Vol. 5, 1–8.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhairi, S., Asmita, R. A., Mahira, T. I., Lubis, S. A., & Triyani, W. S. (2023). Analisis Strategi Bisnis Restoran Cepat Saji Mcdonald’s Dalam Memasuki Pasar Global. Jurnal Mirai Management, 8(1), 35-46.
Sulaiman, E. S. (2022). Pendidikan dan Promosi Kesehatan: Teori dan Implementasi di Indonesia. UGM PRESS.
Sulistiana, D. (2021). Business plan kacamata anti radiasi EYEPRO. Program Studi Magister Manajemen, Universitas Widyatama. Retrieved from repository.widyatama.ac.id.
Supriadi, E. (2023). Usaha tusuk sate Rizki. Program Studi Magister Manajemen, Universitas Widyatama. Retrieved from repository.widyatama.ac.id.
Suryana. 2013. Kewirausahaan: Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Selemba Empat.
Syafruddin, M. F. H., & Habib, M. (2023). Business plan supplier material hasil tambang. Program Studi Magister Manajemen, Universitas Widyatama. Retrieved from repository.widyatama.ac.id.
Taneja, S., Pryor, M. G., Sewell, S., & Recuero, A. M. (2014). Strategic crisis management: A basis for renewal and crisis prevention. Journal of Management Policy and Practice, 15(1), 78.
Tresnasari, R., & Zulganef. (2023). Increasing MSME performance through institutional strengthening, entrepreneurship, and digital marketing. Journal of Business and Entrepreneurship, 12(3).
Turkamun, T., Darmawan, D., Bathni, I., Junaedi, E., & Hadi, A. S. (2021). Membangun Ekonomi Kreatif Melalui UKM Go Export Penyuluhan Kepada Peserta UMKM Galeri Etnik Nusantara Gensa Tangerang Selatan. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Vol. 1, No. 1, 1537-1546.
Tyas, R. A. N., & Kaniawati, K. (2024). Designing a Business Strategy Using Business Model Canvas (BMC) on Product Newcomer Gyura Hijab. American Journal of Economic and Management Business, 3(11), 383-398.
Verganti, R., Dell’Era, C., & Swan, K. S. (2021). Design thinking: Critical analysis and future evolution. Journal of Product Innovation Management, 38(6), 603–622. https://doi.org/10.1111/jpim.12610
WHO. (2020). Global Nutrition Report 2020.
Wicaksono, B. D., & Anggraeni, S. (2021). Perancangan Website Sistem Informasi Transaksi Tagihan Layanan Purna Jual Properti Pada Pollux Properti Indonesia. Technomedia Journal (TMJ), 5(2), 132-143.
Windoro, M. A., Nugroho, A. A., & Puspita, I. (2023). Analisis Faktor Penentu Investasi dan Strategi Pengembangan Investasi di Indonesia. Jurnal Manajemen Perbendaharaan, 4(2), 142–156. DOI: 10.33105/jmp.v4i2.491.
Wijaya, H. M., Deswantoro, G., & Hidayat, R. (2021). Analisis Perencanaan Supply Chain Management (Scm) Pada PT. Kylo Kopi Indonesia. Jurnal ekonomi manajemen sistem informasi, 2(6), 795-806.
Wijaya, H., Mustikawati, E., Utama, L., & Ruslim, T. S. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Makanan Organik. Jurnal Bina Manajemen, 9(2), 146-161.
Windoro, M. A., Nugroho, A. A., & Puspita, I. (2023). Analisis Faktor Penentu Investasi dan Strategi Pengembangan Investasi di Indonesia. Jurnal Manajemen Perbendaharaan, 4(2), 142–156. DOI: 10.33105/jmp.v4i2.491.
Yulianti, D. (2023). Analisis Lingkungan Internal dan Eksternal dalam Pencapaian Tujuan Perusahaan (Studi Kasus di PT. Perkebunan Nusantara VII Lampung). Jurnal Sosiologi, 16(2), 103-114.
Zimmerer, T. W., Scarborough, N. M., & Wilson, D. (2023). Essentials of entrepreneurship and small business management. Pearson.
Zulganef. (2018). Metode Penelitian Bisnis dan Manajemen. Bandung : Refika Aditama.
Zulganef, Z., Pratminingsih, S., & Rianawati, I. (2023). Leveraging strategic intuition to reach firm performance: The role of entrepreneurial agility and environmental dynamism. Journal of Business and Strategy, 15(4).
Published
2025-06-20
How to Cite
Pradana, Y., & Kaniawati, K. (2025). PENGEMBANGAN BISNIS BUBUR BAYI ORGANIK (BUBUR BAYI NUTRILAM). Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 9(2), 517-538. https://doi.org/10.31955/mea.v9i2.5655
Section
Articles