PENGARUH e-WOM DAN CITRA DESTINASI TERHADAP LOYALITAS WISATAWAN MELALUI KEPUASAN WISATAWAN
Abstract
Tujuan dari penelitian adalah mengetahui pengaruh e-WOM dan citra destinasi terhadap loyalitas wisatawan wisata Kota Tua Jakarta melalui Kepuasan. Penelitian menggunakan data primer yang diperoleh dari penyebaran angket dengan metode purposive sampling. Data sampel diambil dari 191 responden yang telah tiga kali mengunjungi wisata Kota Tua Jakarta. Penulis menggunakan metode deskriptif kuantitatif yaitu dengan menganalisis data dengan bantuan perangkat lunak IBM SPSS Statistic 22. Metode yang digunakan adalah analisis jalur (path analisis). Hasil penelitiaan adalah : ditemukan pengaruh positif secara langsung dari e-WOM terhadap kepuasan, citra destinasi terhadap kepuasan wisatawan; e-WOM terhadap loyalitas wisatawan; citra destinasi terhadap loyalitas wisatawan; kepuasan wisatawan terhadap loyalitas wisatawan. Selain hal tersebut, ditemukan juga pengaruh positif secara tidak langsung dari e-WOM terhadap loyalitas wisatawan dan citra destinasi terhadap loyalitas, dimana keduanya dengan variable; intervening kepuasan wisatawan wisata Kota Tua Jakarta.
References
Anderson, E.W., Fornell,C. and Lehmann, D.R. 1994. Customer Satisfaction, Market Share, and Profitability: Findings from Sweden. Journal of Marketing. Vol. 58, No. 3.
Cheung, C.M.K. and Lee, M.K.O. 2012. What Drives Consumers to Spread Electronic Word of Mouth in Online ConsumerOpinion Platforms. Decision Support Systems.
Chen, Ching-Fu and Dung-Chun Tsai. 2007. How Destination Image and Evaluative
Factors Affect Behavioral Intentions? Tourism Management
Coban, S. 2012. The effects of the image of destination on tourist satisfaction and loyalty the case of Cappadocia, European Journal of Social Sciences, Vol.29 No.2.
Echtner, C. M., & Ritchie, J. R. B. 2003. The meaning and measurement of destination image. The Journal of Tourism Studies, 14(1), 37–48.
Hailin Qu, Lisa Hyunjung Kim, Holly Hyunjung Im. 2011. A model of destination branding: Integrating the concepts of the branding and destination image, Tourism Management Vo.32
Hanif,A., Kusumawati,A., Mawardi, M.K. 2016. Pengaruh Citra Destinasi Terhadap Kepuasan Wisatawan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Wisatawan (Studi Pada Wisatawan Nusantara Yang Berkunjung Ke Kota Batu). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 38, No. 1, September 2016 Asya Hanif Andriani Kusumawati M. Kholid Mawardi
Hosany, S., & Prayag, G. 2013. Patterns of tourists' emotional responses, satisfaction, and intention to recommend. Journal of Business Research.
Kuncoro, Achmad, Engkos dan Riduwan. 2008. Cara Menggunakan dan Memaknasi Analisi Jalur. Alfabeta : Bandung.
Kotler, Philip. 2004. Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium, Jilid 1. PT Prenhallindo : Jakarta.
Litvin Stefen,, Bing Pan, and Ronald E. Goldsmith. 2018. Electronic Word-of-Mouth in Hospitality and Tourism Management. Tourism Management Vol. 29(3)
Paludi, S. 2015. Analisis Pengaruh Electronic Word Of Mouth (e-WOM) Terhadap Citra Destinasi, Kepuasan Wisatawan, dan Loyalitas Destinasi Perkampungan Budaya Betawi (PBB) Setu Babakan Jakarta Selatan. Jurnal Dinamika Manajemen, 17(5).
Setiawan, P.Y., Troena, E.A., Armanu, and Normajati, 2014, The Effect of e-WOM on Destination Image, Satisfaction and Loyalty, Intenational Journal of Bussiness & Management Invention, ISSN (Online): 2319 – 8028, ISSN (Print): 2319 – 801X
Tjiptono, F dan Chandra, G. 2016. Service Quality and Satisfaction. Edisi 3. Andi Offset : Yogyakarta.
Utama, Rai. 2017. Pemasaran Pariwisata, Edisi I. Andi : Yogyakarta.
Zeugner-Roth, K. P., & Žabkar, V. 2015. Bridging The Gap Between Country And Destination Image: Assessing Common Facets And Their Predictive Validity. Journal of Business Research, 68(9), 1844–1853.
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.