PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN MELALUI KEPUASAN KERJA DI HOTEL KARTIKA CHANDRA JAKARTA

  • Intan Theresia Veronica STIE Pariwisata Internasional
  • Pamuji Gesang Raharjo STIE Pariwisata Internasional
  • Etty Nurwati STIE Pariwisata Internasional

Abstract

Dalam organisasi, Sumber Daya Manusia sangat penting. Sumber daya manusia memiliki peran yang sangat besar dalam menentukan kemajuan atau kemunduran suatu organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efek komunikasi interpersonal dan kompensasi terhadap kepuasan kerja dan kinerja karyawan di Hotel Kartika Chandra Jakarta. Jumlah responden dalam penelitian ini terdiri dari 180 karyawan di Hotel Kartika Chandra Jakarta. Data penelitian ini diperoleh dari distribusi kuesioner yang dianalisis lebih lanjut menggunakan SPSS Versi 20. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, dan pengujian data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi validitas, pengujian keandalan dengan koefisien (Cronbach Alpha, mengubah data menggunakan teknik MSI (Method of Successful Interval) Berdasarkan validitas dan uji keandalan dengan Cronbach Alpha menghasilkan data tersebut valid dan dapat digunakan. Hasil asumsi klasik menunjukan bahwa komunikasi dan kompensasi interpersonal memiliki efek positif dan siginfikan pada kepuasan kerja dan kinerja karyawan.

References

Buku :
Afandi, Pandi. 2016. Human Resources Management For Management Research. Yogyakarta : Deepublish.
Amir. 2015. Memahami Evaluasi Kinerja Karyawan. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Brown, dan Ghiselli. 1950. Personnel dan Industrial Psychology. Mc New York : Graw- Hill.
Devito, Joseph. 1997. Komunikasi Antarmanusia. Jakarta : Professional Books.
Gitosudarmo, Indriyo dan Agus Mulyono. 2001. Prinsip Dasar Manajemen. Edisi 3. Yogyakarta: BPFE.
Hamali, A. Y. 2018. Pemahaman Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: PT Buku Seru
Hardjana, Agus M. 2003. Komunikasi intrapersonal & Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Kanisius.
Hartatik, Indah Puji. 2014. Buku Praktis Mengembangkan SDM. Jogjakarta : Laksana.
Hasibuan, Malayu. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Keitner R. & Kinicki A. 2014. Perilaku Organisasi. Jakarta Selatan : Salemba Empat.
Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. 2013. Evaluasi Kinerja SDM. Bandung: PT Refika Aditama.
Mulyana, Deddy. 2008. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Nitisemito, Alex, S. 2012. Manajemen Personalia. Jakarta : Ghalia Indonesia.
Rivai, Veithzal. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Dari Teori Ke Praktek. Rajagrafindo persada : Bandung.
Robbins, P. Stephen. 2003. Perilaku Organisasi. Jakarta: Indeks Kelompok Gramedia.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.
Suranto, Aw, 2011.Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Suwatno. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta.
Wibowo, Prof, Dr. 2014. Manajemen Kinerja, Edisi keempat. Rajawali Pers, Jakarta.

Jurnal :
Aprianggi, Arisan et al. 2018. Pengaruh Kreativitas, Kedisiplinan, Kompensasi Dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Kinerja Karyawan PDAM Kota Padang. Skripsi. STKIP PGRI Sumatera Barat.
Ardiansyah, Okta Dimas. 2016. Pengaruh Komunikasi terhadap kinerjakaryawan dengan mediasi oleh kepuasan kerja. Jurnal Bisnis dan Manajemen. Vol. 3 No.1, Januari 2016.
Fatimah, Nuzulul & Ratnasari, Yeni. 2018. Pengaruh kompetensi terhadap Kepuasan Kerja dan Dampaknya Pada Kinerja Karyawan Bagian Marketing Di PT. Diparanu Rucitra Property Surabaya. Jurnal Manajemen dan Kearifan Lokal Indonesia. Vol 2 No. 1.
Fernanda, Rahadian & Sagoro, Endra Murti. 2016. Pengaruh Kompensasi, Kepuasan Kerja, Motivasi Kerja Dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan. Nominal. vol. 5, no. 2, Sep. 2016.
Nurcahyani, N., & Adnyani, I. 2016. Pengaruh Kompensasi Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening. E-Jurnal Manajemen, 5(1). Retrieved From Https://Ocs.Unud.Ac.Id/Index.Php/Manajemen/Article/View/16159
Puspitawati, N.M.D. 2014. Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasional: Pengaruhnya Terhadap Kualitas Layanan Hotel Bali Hyatt Sanur. Jurnal Matrik : Jurnal Manajemen Strategi Bisnis dan Kewirausahaan. Vol 8 No. 1. View of PENGARUH KEPUASAN KERJA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL DAN KUALITAS LAYANAN (unud.ac.id).
Supatmi et al. 2013. Pengaruh Pelatihan, Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan dan Kinerja Karyawan. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 7 No. 1. Pengaruh Pelatihan, Kompensasi terhadap Kepuasan Kerja Karyawan dan Kinerja Karyawan | Supatmi | PROFIT: JURNAL ADMINISTRASI BISNIS (ub.ac.id)
Supriyanto, Yudi. 2015. Pengaruh Kompensasi, Kompetensi dan Komitmen Organisasional Terhadap Kepuasan Dan Kinerja. Jurnal Ekonomia. Vol 11 No. 2. PENGARUH KOMPENSASI, KOMPETENSI DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL TERHADAP KEPUASAN DAN KINERJA | Supiyanto | Jurnal Economia (uny.ac.id)
Zulkarnaen, W., & Herlina, R. 2018. Pengaruh Kompensasi Langsung dan Kompensasi Tidak Langsung terhadap Kinerja Karyawan Bagian Staff Operasional PT Pranata Jaya Abadi Banjaran. Jurnal Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi, 2(2), 90-114. DOI: https://doi.org/10.31955/jimea.vol2.iss2.pp90-114.
Published
2019-04-13
How to Cite
Veronica, I. T., Raharjo, P. G., & Nurwati, E. (2019). PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN MELALUI KEPUASAN KERJA DI HOTEL KARTIKA CHANDRA JAKARTA. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 3(1), 333-349. https://doi.org/10.31955/mea.v3i1.1197