PERENCANAAN BISNIS SUSU ALMOND DENGAN MEREK Almoré

  • Shendy Shendy Universitas Widyatama, Bandung
  • Meriza Hendri Universitas Widyatama, Bandung

Abstract

Industri susu nabati mengalami pertumbuhan pesat seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya pola hidup sehat dan keberlanjutan. Almoré hadir sebagai merek susu almond yang menawarkan produk berkualitas tinggi, bebas laktosa, dan kaya nutrisi dengan mengedepankan inovasi dalam formulasi serta strategi pemasaran digital. Perencanaan bisnis ini dirancang untuk membangun model bisnis yang kokoh melalui penerapan Design Thinking serta Business Model Canvas (BMC) sebagai alat analisis strategis guna mengoptimalkan produksi, pemasaran, dan distribusi agar lebih efisien dan kompetitif. Almoré juga mengadopsi strategi pemasaran digital yang terstruktur, memperkuat kolaborasi dengan komunitas, serta memanfaatkan micro-influencer untuk meningkatkan kesadaran merek dan loyalitas pelanggan. Dengan menerapkan model kewirausahaan Timmons, Almoré menyeimbangkan peluang pasar, optimalisasi sumber daya, dan penguatan tim sebagai pilar utama dalam membangun bisnis yang berkelanjutan. Untuk mendorong pertumbuhan, Almoré menjalankan strategi ekspansi secara bertahap dengan meningkatkan kapasitas produksi, memperluas variasi produk, serta memperkuat kerja sama dengan distributor dan platform digital. Melalui kombinasi inovasi produk, efisiensi operasional, dan strategi pemasaran yang efektif, Almoré optimis dapat bersaing di pasar susu nabati serta berkontribusi dalam mendukung gaya hidup sehat masyarakat Indonesia.

References

Bygrave, W., & Zacharakis, A. (2019). Entrepreneurship (Second). John Wiley & Sons, Inc.
Gitman., L. (2012). Principles of Managerial Finance, 13th Edition Addison. Wesley. Global Edition.
Hunger, J. D., & Wheelen, T. L. 2015. Strategic Management and Business Policy (14th ed.). Pearson Education.
Hisrich, R. D., & Peters, M. P. (2020). Entrepreneurship. McGraw-Hill Education.
Jacobs, F. R., & Chase, R. B. (2020). Operations and Supply Chain Management: The Core (5th ed.). McGraw-Hill Education.
Koontz, Harold, Cyril O’Donnel & Heinz Weihrich. (2018). Management, Edtion VII, Tokyo: Mc Graw-Hill Kogakusha, Ltd.
Massa, L., Tucci, C. L., & Afuah, A. (2017). A Critical Assessment of Business Model Research. Academy of Management, 11(1), 73–104. https://doi.org/10.5465/annals.2014.0072
Mathis, R. L., and J. H. Jackson. 2016. Human Resource Management. Edisi 10 Jilid 3. Salemba Empat. Jakarta.
Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2010). Business Model Generation: A Handbook for Visionaries, Game Changers, and Challengers. John Wiley & Sons, Inc.
Plattner, H., Meinel, C., & Leifer, L. (2018). Design Thinking Research: Studying Co-Creation in Practice. Springer. https://doi.org/10.1007/978-3-642-21643-5
Romli, N. A. (2022). Kewirausahaan Kreatif: Cara Menuangkan Ide Kreatif dan Cara Memasarkannya. CV. Mitra Cendekia Media.
Teece, D. J. (2010). Business Models, Business Strategy and Innovation. Long Range Planning, 43(2–3), 172–194. https://doi.org/10.1016/j.lrp.2009.07.003
Terry. 2016. Prinsip-prinsip Manajemen Sumber Daya Manusia. Diterjemahkan oleh Malayu S.P Hasibuan Edisi Revisi. PT. Bumi Askara.
Timmons, J., Spinelli, S., & Adams, R. J. (2012). New Venture Creation: Entrepreneurship for the 21st Century (9th ed.). McGraw-Hill Education.
Wheelen, T. L., Hunger, J. D., Hoffman, A. N., & Bamford, C. E. (2015). Strategic Management and Business Policy Globalization, Innovation, and Sustainability (14th ed.). Pearson Education.
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Published
2025-04-10
How to Cite
Shendy, S., & Hendri, M. (2025). PERENCANAAN BISNIS SUSU ALMOND DENGAN MEREK Almoré. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 9(1), 2123-2141. https://doi.org/10.31955/mea.v9i1.5365
Section
Articles