PERENCANAAN BISNIS PADA KEDAI TEH POHARA DJAYA

  • Krisnandar Nurhada Universitas Widyatama, Bandung
  • Meriza Hendri Universitas Widyatama, Bandung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merencanakan, menerapkan, serta menilai analisis kelayakan pada bisnis Kedai Teh Pohara Djaya. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, observasi dan studi pustaka yang merupakan salah saatu cara dalam metode penelitian kualitatif. Analisis dilakukan berdasarkan berbagai aspek, yaitu aspek pemasaran, operasi, sumber daya manusia, keuangan, aspek kelayakan dengan menggunakan model Timmons, aspek manajemen risiko, dan aspek legal. Hasil analisis menunjukkan bahwa Kedai Teh Pohara Djaya memiliki potensi inovasi dalam menu dan layanan, serta penggunaan teknologi digital seperti QRIS, yang dapat menarik pelanggan dan menciptakan loyalitas. Proses kewirausahaan yang sistematis dan perencanaan bisnis yang matang sangat penting untuk mengidentifikasi peluang dan tantangan yang ada. Dalam aspek legal, kedai perlu memastikan kepatuhan terhadap peraturan yang berlaku untuk mendukung kelangsungan usaha. Terdapat beberapa risiko yang dihadapi, diantaranya perubahan harga bahan baku yang selalu berubah dan perubahan preferensi konsumen terhadap tren yang sedang berlangsung, strategi mitigasi yang efektif akan membantu menjaga kinerja keuangan dan keberlanjutan usaha. Selain itu, aspek keuangan menunjukkan potensi profitabilitas kedai, dengan proyeksi NPV dan IRR yang positif, menandakan bahwa investasi di Kedai Teh Pohara Djaya ini layak dilakukan. Penelitian ini memberikan saran bagi pengelola Kedai Teh Pohara Djaya untuk meningkatkan kualitas produk, memperkuat pemasaran, dan membangun kerja sama strategis demi mencapai tujuan jangka panjang.

References

Amanna, R. R., & Lazuardini, D. (2023). Implikasi Hukum Bisnis Terhadap Praktik Etika Bisnis Di Indonesia. Jurnal Bisnis & Kewirausahaan, 19(02), 59–68.
Hanadya, D., Andriansyah, M., Prodi, D., Perjalanan, U., & Darussalam, P. (2023). Penerapan Standar Operasional Prosedur Pelayanan Food & Beverage Service di Express Restaurant. Jurnal Manajemen Pariwisata Dan Perhotelan, 1(4).
Heryana, N., Cahyadi, N., Djajasinga, N. D., Sabtohadi, J., Fachrurazi, Nurcholifah, I., & Yuliani. (2023). Pengantar Manajemen Bisnis (P. T. Cahyono (ed.)). CV. Rey Media Grafika.
Kotler, P., & Gary Amstrong. (2019). Prinsip – Prinsip Pemasaran (T. B. Sabran (ed.); Edisi 12 J). Erlangga.
Kusumasari, I. R., Khalimatus, D., & Denita, S. P. (2024). Analisis Strategi Pengembangan Bisnis Yang Mempengaruhi Lingkungan Bisnis Karyawan. Economics And Business Management Journal ( EBMJ ), 3(1), 1–5.
Orias, M. (2023). Penerapan Standar Operasional Prosedur Pada Security di Industri Ekspor Makanan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 195–205.
Osterwalder, A., Pigneur, Y., Smith, A., & Movement, T. (2010). Defintion of Business models. In Booksgooglecom (Vol. 30, Issue 5377). http://www.amazon.com/Business-Model-Generation-Visionaries-Challengers/dp/0470876417
Pride, W. M., Hughes, R. J., Kapoor, J. R., Althouse, N., & Allan, L. A. (2023). Business: Second Canadian Edition. Cengage Canada.
Slamet, F. (2018). Dasar-dasar Kewirausahaan Teori dan Praktik. PT. Indeks.
Sonny, & V. (2022). Analisa Kelayakan Bisnis Minuman Ringan Bestea. Analisa Kelayakan Bisnis Minuman Ringan Bestea, 7 (2)(2), 148–156. https://doi.org/10.33021/firm.v7i2.3843
Subagyo. (2018). Akuntansi Manajemen Berbasis Desain. Gadjah Mada University Press.
Timmons, J. A., & Spinelli, S. J. (2008). New Venture Creation: Entrepreuneurship for the 21st Century 6th ed. Yogyakarta: Andi.
Turrahmah, H. (n.d.). Perencanaan Usaha ( Business Plan ). Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis Universitas, 13(1), 219–227.
Wheelen, T. L., & Hunger, J. D. (2012). Strategic Management and Business Policy: toward global sustainability. Pearson Education, Inc.
Yunita, D., & Rosa, A. (2024). Mengembangkan Business Plan Yang Kreatif dan Inovatif Bagi Wirausaha Muda di Desa Burai Ogan Ilir. Journal of Sriwijaya Community Services, 5(April), 67–72.
Zulkarnaen, W., Fitriani, I., & Yuningsih, N. (2020). Pengembangan Supply Chain Management Dalam Pengelolaan Distribusi Logistik Pemilu Yang Lebih Tepat Jenis, Tepat Jumlah Dan Tepat Waktu Berbasis Human Resources Competency Development Di KPU Jawa Barat. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(2), 222-243. https://doi.org/10.31955/mea.vol4.iss2.pp222-243.
Published
2025-04-10
How to Cite
Nurhada, K., & Hendri, M. (2025). PERENCANAAN BISNIS PADA KEDAI TEH POHARA DJAYA. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 9(1), 2084-2108. https://doi.org/10.31955/mea.v9i1.5364
Section
Articles