PENGARUH VARIABEL PROFITABILITAS, SOLVABILITAS DAN OPINI AUDIT TERHADAP AUDIT DELAY

  • Erfan Erfiansyah STIE Muhammadiyah Bandung
  • Ia Kurnia STIE Muhammadiyah Bandung

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh variabel Profitabilitas, Solvabilitas dan Opini Audit terhadap Audit Delay.

Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari Laporan Keuangan Publikasi Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar dan Kimia yang Tercatat di BEI periode 2013-2014 yang diterbitkan oleh BEI. Setelah melewati tahap purposive sampling, maka sampel yang layak digunakan sebanyak 41 Perusahaan Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar dan Kimia yang Tercatat di BEI periode 2013-2014.

Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda dan uji hipotesis menggunakan Uji t untuk menguji koefisien regresi parsial serta Uji f untuk menguji pengaruh secara simultan dengan level of significance 5%. Selain itu juga dilakukan uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi.

Selama periode pengamatan menunjukkan bahwa data penelitian berdistribusi normal dan berdasarkan uji multikolinieritas, uji heterokedastisitas dan uji autokorelasi tidak ditemukan data yang menyimpang dari asumsi klasik, hal ini menunjukkan bahwa data yang tersedia telah memenuhi syarat untuk menggunakan model persamaan regresi berganda. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa Profitabilitas dan Opini Audit  secara parsial berpengaruh berpengaruh terhadap Audit Delay pada level of signifikan kurang dari 5% sedangkan Solvabilitas berpengaruh namun tidak signifikan. Hasil Uji Anova menunjukan nilai F hitung 8.319 lebih besar dari F tabel yaitu sebesar 2.72 yang berarti secara simultan Profitabilitas, Solvabilitas dan Opini Audit berpengaruh terhadap Audit Delay.

Published
2016-12-01
How to Cite
Erfiansyah, E., & Kurnia, I. (2016). PENGARUH VARIABEL PROFITABILITAS, SOLVABILITAS DAN OPINI AUDIT TERHADAP AUDIT DELAY. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 1(1), 19-32. Retrieved from https://journal.stiemb.ac.id/index.php/mea/article/view/42