PERILAKU BRAND SWITCHING KONSUMEN REMAJA PEREMPUAN PRODUK SKINCARE DI BALI
Abstract
Bali merupakan daerah yang sangat memperhatikan penggunaan produk skincare karena kegiatan keagamaan dan adat yang banyak menggunakan riasan, lebih lanjut remaja perempuan generasi Z juga memiliki kecenderungan untuk melakukan trial dan error dalam menentukan kecocokan terhadap suatu produk sehingga mendorong terjadinya brand switching. Perilaku brand switching dapat dipengaruhi oleh prior experience dan produk knowledge yang dimiliki konsumen terhadap suatu produk tertentu, hal tersebut kemudian mendasari presepsi positif maupun negatif konsumen terhadap suatu produk. Lokasi penelitian ini dilakukan di Bali terhadap 100 orang responden remaja perempuan yang memiliki rentang usia 15-29 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis yang dipergunakan pada penelitian ini dengan menggunakan analisis SEM-PLS. Hasil penelitian menunjukan bahwa prior experience berpengaruh positif dan signifikan terhadap produk knowledge, produk knowledge berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand switching, prior experience berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand switching, prior experience berpengaruh positif dan signifikan melalui produk knowledge. Implikasi praktis bagi perusahaan skincare sebaiknya lebih fokus untuk meningkatkan kebijakan perusahaan dalam usaha menciptakan pengalaman yang lebih baik bagi konsumen potensial dan meningkatkan pengetahuan tentang produk.
References
Adriana, N. C., & Ngatno, N. (2020). Pengaruh Brand Image Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Sariayu Martha Tilaar Di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(1), 198–208.
Azis, A., Karim, H., Wahyuni, Y. S., Tahir, M., & Imansyah, M. Z. (2022). Pemanfaatan Bahan Alam Sebagai Alternatif Kosmetik Alami Pada Remaja. Jurnal Pengabdian Masyarakat Yamasi, 1(1), 23–29.
Daniel, B., Shank, & Rohal. (2021). Knowledge, Perceived Benefits, Adoption, And Use Of Smart Home Products. Journal Of Human Coumputer Interaction, 37(1), 1–16.
Hsu, C. L., & Chen, M. C. (2018). How does gamification improve user experience? An empirical investigation on the antecedences and consequences of user experience and its mediating role. Technological Forecasting and Social Change, 132(5), 118–129.
Karampournioti, E., & Wiedmann, K. P. (2022). Storytelling in online shops: the impacts on explicit and implicit user experience, brand perceptions and behavioral intention. Internet Research, 32(7), 228–259.
Keni, K., & Sandra, K. K. (2021). Prediksi customer experience dan service quality terhadap customer loyalty: Customer satisfaction sebagai variabel mediasi. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 5(1), 191–204.
Khasanah, U. , & Cahya, B. T. (2018). Brand Switching Produk Kosmetik Halal: Ditinjau Dari Aspek Daya Tarik Iklan Dan Variety Seeking. Aktsar: Jurnal Akuntansi Syariah, 1(2), 199–214.
Kristinae, V. (2021). Analisis Customer Satisfying dan Knowledge Sharing Dalam Optimalisasi Formulasi Promotion Pemasaran Produk Lokal di Yogyakarta dan Palangka Raya. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 13(2), 402–411.
Liao, J., Li, M., Wei, H., & Tong, Z. (2021). Antecedents of smartphone brand switching: a push–pull–mooring framework. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, 33(7), 1596–1614.
Limartha, M., & Erdiansyah, R. (2018). Pengaruh brand equity dan product knowledge terhadap minat beli konsumen komunitas Hello Beauty Jakarta pada Produk Wardah. Prologia, 2(2), 426–433.
Montolalu, I. T., Mandey, S. L., & Poluan, J. G. (2018). Analisis Pengaruh Ketidakpuasan Konsumen, Kebutuhan Mencari Variasi Produk Dan Iklan Produk Pesaing Terhadap Keputusan Perpindahan Merek Dari Sabun Pembersih Wajah Pada Supermarket Grand Central Tomohon. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4), 11–22.
Muthiah, F. (2024). Strategi Komunikasi Pemasaran MAD For Makeup dalam Menciptakan Brand Image Sebagai Merek Kosmetik untuk Gen Z. Jurnal Indonesia: Manajemen Informatika Dan Komunikasi, 5(2), 1131–1142.
Ningsih, K. S. W., & Sutedjo, B. (2024). Pengaruh Customer Value Dan Customer Experience Terhadap Purchase Intention Dan Terhadap Customer Satisfaction. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(1), 339–325.
Pinontoan, Y. M. (2019). Pengaruh Variasi Produk, Ketidakpuasan Konsumen Dan Iklan Produk Pesaing Terhadap Keputusan Perpindahan Merek Dari Sabun Pembersih Wajah Pada Supermarket Cool Tomohon. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(4).
Resmawa, I. N. (2017). Pengaruh Brand Image Dan Product Knowledge Terhadap Purchase Intention Dengan Green Price Sebagai Moderating Variabel Pada Produk The Body Shop Di Surabaya. Jurnal Aplikasi Manajemen, Ekonomi Dan Bisnis, 1(2), 1–11.
Rupianti, R., & Nashohah, D. (2023). Implementasi Theory Of Planned Behaviour Terhadap Purchase Intention Produk Halal Di Kota Malang. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(2), 245–256.
Sakkthivel, A. M., & Moovendhan, V. (2023). Examining the mediation effect of exogenous variables over brand switching behaviour: evidence from Indian women consumers. International Journal of Business Excellence, 31(4), 500–520.
Sari, D. M. F. P. , & Fiolita, M. (2021). Price Perception, Variety Seeking, Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Store Switching Dalam Belanja Online Pada Tokopedia Di Kota Denpasar. Juima: Jurnal Ilmu Manajemen, 11(1).
Sofiani, M., Sulhaini, S., & Sagir, J. (2022). Pengaruh Online Shoping Experience terhadap Loyalitas Konsumen menggunakan Shopee dengan Customer Trust sebagai Variabel Intervening. JMM UNRAM-Master of Management Journal, 11(2), 120–134.
Ulmaghfiroh, N., Giningroem, D. S. W. P., Vikaliana, R., & Setyawati, N. W. (2021). Peran Price Discount Dalam Memoderasi Pengaruh Social Media Marketing dan Product Knowledge Terhadap Purchase Intention Produk Visval Bags. Jurnal Abiwara, 2(2), 49–59.
Wiwesa, N. R. (2021). User Interface Dan User Experience Untuk Mengelola Kepuasan Pelanggan. Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 3(2), 2–12.
Yanti, Y., & Hastriana, A. Z. (2024). Pengaruh Faktor Pendorong Dan Tambatan Terhadap Niat Beralih Produk Reglow. Jurnal Pendidikan Indonesia (JOUPI), 2(1), 30–42.
Zahari, A. , & Evanita, S. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi Dan Kebutuhan Mencari Variasi Terhadap Perilaku Peralihan Merek (Brand Switching) Produk Kosmetik Sariayu Di Kota Padang. Jurnal Ecogen, 1(4), 896–904.
Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.