KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK HORTIKULTURA : BAGAIMANA ATTITUDE TO BRAND MEMEDIASI PENGARUH E-SERVICE QUALITY?

  • Desak Made Febri Purnama Sari Universitas Pendidikan Nasional
  • Putu Shata Cremadin Universitas Pendidikan Nasional
  • I Nengah Wirsa Universitas Pendidikan Nasional
  • Ida Ayu Oka Martini Universitas Pendidikan Nasional

Abstract

Keputusan pembelian produk hortikultura : bagaimana attitude to brand memediasi pengaruh e-service quality dilakukan untuk mengetahui pengaruh e-service quality terhadap keputusan pembelian melalui attitude to brand pada aplikasi Sayurbox. Data kuantitatif digunakan dengan teknik pengumpulan data  dilakukan  melalui  penyebaran kuesioner  kepada responden.  Populasi yang digunakan yaitu wanita karir dan telah menikah dengan rentang usia 18- 60 serta berdomisili di Kota Denpasar. Jumlah sampel yang digunakan adalah sebesar   110   responden   serta   pada   teknik   pengambilan   sampelnya menggunakan purposive sampling.

Temuan yang diperoleh yaitu Sayurbox mampu menyediakan kualitas pelayanan online yang sangat baik kepada konsumen   sehingga dapat   membangun sikap   positif serta   meningkatkan kepercayaan konsumen untuk melakukan keputusan pembelian produk segar melalui aplikasi Sayurbox. Hasil penelitian menunjukan bahwa e-service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap attitude to brand, attitude to brand berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, e-service quality berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian serta e-service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian melalui attitude to brand dengan nilai signifikansi < 0,05.

 

References

Apsyari, F., & Rahardjo, S. T. (2018). Pengaruh Kesadaran Merek, Citra Merek, Loyalitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Sikap Merek Sebagai Variabel Intervening Pada Online Travel …. http://eprints.undip.ac.id/60974/
Hargiyanti, H. E. (2016). Identifikasi Aspek-Aspek Belanja Online dengan Technology Acceptance Model. 25–31.
Laudon, K., & Traver, C. (2014). E-Commerce Essentials. Pearson.
Lestari, P., & Saifuddin, M. (2020). Implementasi Strategi Promosi Produk Dalam Proses Keputusan Pembelian Melalui Digital Marketing Saat Pandemi Covid’19. Jurnal Manajemen Dan Inovasi (MANOVA), 3(2), 23–31. https://doi.org/10.15642/manova.v3i2.301.
Nugroho. (2016). E-Commerce : Teori Dan Implementasi. Ekuilibria.
Nurmanah, I., & Nugroho, E. S. (2021). Pengaruh Kepercayaan (Trust) Dan Kualitas Pelayanan Online (E-Service Quality) Terhadap Keputusan Pembelian Online Shop Bukalapak. At- Tadbir : Jurnal Ilmiah Manajemen, 5(1), 11. https://doi.org/10.31602/atd.v5i1.3384
Onainor, E. R. (2019). Pengaruh E-wom Terhadap Brand Attitude dan Purchase Intention Produk Sepatu Saint Barkley di Indonesia Pada Sosial Media Instagram. 1(2), 105–112.
Permana, A. E., Reyhan, A. M., Rafli, H., & Aini, N. (2021). Analisa Transaksi Belanja Online Pada Masa Pandemi. Jurnal TEKNOINFO, 15(1), 32–37.
Philip Kotler, K. L. K. (2018). (2016). (2016). Manajemen Pemasaran. Landasanteori.Com, 2012, 1–17. http://www.landasanteori.com/2015/09/pengertian-kreativitas-definisi-aspek.html.
Pramudita, A. S., & Agustia, R. E. (2020). E-Service Quality dan E-Promotion Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Website Traveloka.com. Competitive, 15(2), 106– 114. https://doi.org/10.36618/competitive.v15i2.961
Prasetyo, H. D., & Purbawati, D. (2017). Pengaruh E-Service Quality and E-Security terhadap E- Satisfaction melalui Keputusan Pembelian Konsumen E-Commerce(Studi Kasus pada Konsumen Lazada Indonesia). Jurnal Administrasi Bisnis, 6(1), 164–173. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/14553
Puspa Firdausya, C., & Oktini, D. (2019). Pengaruh E-Service Quality Terhadap Keputusan Pembelian (Studi kasus Go-Jek di Bandung). Prosiding Manajemen, 5(1), 757–763.
Putri, A. E. (2021). Pengaruh Social Media Marketing Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada E-Commerce Pertanian Sayurbox. (Studi Kasus Pada PT. Kreasi Nostra Mandiri di Jakarta). Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 13(April), 15–38.
Regina Dwi Amelia, Michael, M., & Mulyandi, R. (2021). Analisis Online Consumer Review Terhadap Keputusan Pembelian pada E-Commerce Kecantikan. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 2(2), 274–280. https://doi.org/10.36418/jist.v2i2.80
Rerung, R. R. (2018). E-Commerce : Menciptakan Daya Saing Melalui Teknologi Informasi (1st ed.). Penerbit Deepublish.
Sarippudin, A., Fitriani, I. D., & Zulkarnaen, W. (2019). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Proses Keputusan Pembelian Handphone Samsung Di ITC Kebon Kalapa Bandung. Jurnal SEMAR: Sain Ekonomi Manajemen & Akuntansi Riviu, 1(3), 42-51.
Sasmita, J. L. (2017). Pengaruh Advertising Appeal , Attitude Toward Brand , Dan Attitude Toward Advertising Terhadap Variabel Brand Prefereence Pada Obyek Iklan Popmie Edisi Gadis Hongkong. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 4(1), 9.
Shafa, P. M., & Hariyanto, J. (2020). Pengaruh Harga, Ulasan Produk, dan Metode Pembayaran Terhadap Keputusan Pembelian dalam Berbelanja Online Melalui Aplikasi Shopee (Studi Kasus Pada Pengguna Aplikasi Shopee Di Bekasi). Jurnal Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, 1–18. http://repository.stei.ac.id/1540/
Wijayani, L. P. B., Mitariani, N. W. E., & Imbayani, I. G. A. (2020). Pengaruh Harga, Layanan Online, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Pesawat Udara Pada Ticketing Service Center (TSC) PT. Korean Air Values, 96–105. http://e- journal.unmas.ac.id/index.php/value/article/view/1278%0Ahttps://ejournal.unmas.ac.id/index.php/value/article/download/1278/1097
Zakki, R. R. (2019). Pengaruh Celebrity Endorser, Daya Tarik Iklan, Brand Awareness Dan Brand Attitude Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Wardah Cosmetic Di Kabupaten Sumenep. 45(45), 95–98.
Published
2023-04-08
How to Cite
Purnama Sari, D. M. F., Cremadin, P. S., Wirsa, I. N., & Oka Martini, I. A. (2023). KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK HORTIKULTURA : BAGAIMANA ATTITUDE TO BRAND MEMEDIASI PENGARUH E-SERVICE QUALITY?. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(1), 368-380. https://doi.org/10.31955/mea.v7i1.2882

Most read articles by the same author(s)