PERANCANGAN PERBAIKAN PROGRAM KOMUNIKASI PEMASARAN PADA COCOES SANDALS & SNEAKERS MENGGUNAKAN METODE BENCHMARKING DENGAN TOOL ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS
Abstract
Bisnis alas kaki merupakan salah satu fashion yang saat ini diminati masyarakat
dalam menunjang penampilan mereka . Cocoes Sandals & Sneakers merupakan salah satu
brand yang memproduksi sandal platform. Terdapat permasalahan pada Cocoes yaitu
penjualan pada bulan Juni hingga September 2021 tidak dapat mencapai target. Selain
itu, Cocoes sudah menerapkan lima dari delapan bauran komunikasi pemasaran tetapi
dalam pengimplementasiannya masih kurang optimal serta melalui perbandingan dengan
kompetitor lainnya, Cocoes memiliki jumlah followers yang rendah. Hal ini menjadi
faktor ketidaktercapaian target penjualan dan kurangnya brand awareness masyarakat
terhadap Cocoes. Metode benchmarking digunakan untuk mengetahui gap mengenai
program komunikasi pemasaran yang telah diterapkan para partner benchmark dan
Cocoes. Sedangkan tool AHP bertujuan untuk mendapatkan prioritas komunikasi
pemasaran dan pemilihan partner benchmark terbaik yang akan digunakan sebagai
referensi Cocoes dalam perbaikan program komunikasi pemasarannya. Tujuan akhir
Tugas Akhir ini diharapkan mempu meningkatkan brand awareness serta meningkatkan
frekuensi penjualan pada Cocoes dengan menerapkan 15 atribut rekomendasi perbaikan
yang telah diusulkan.
References
Belanche, D., Cenjor, I., & Pérez-Rueda, A. (2019). Instagram Stories versus Facebook Wall: an advertising effectiveness analysis. Spanish Journal of Marketing - ESIC, 23(1), 69–94. https://doi.org/10.1108/SJME-09-2018-0042
Darko, A., Chan, A. P. C., Ameyaw, E. E., Owusu, E. K., Pärn, E., & Edwards, D. J. (2018). Review of application of analytic hierarchy process (AHP) in construction. International Journal of Construction Management, 19(5), 436–452. https://doi.org/10.1080/15623599.2018.1452098
Etikan, I. (2016). Comparison of Convenience Sampling and Purposive Sampling. American Journal of Theoretical and Applied Statistics, 5(1), 1. https://doi.org/10.11648/j.ajtas.20160501.11
Hanindharputri, M. A., & Maha Putra, I. K. (2019). Peran Influencer dalam Strategi Meningkatkan Promosi dari Suatu Brand (The Role of Influencer in Strategies to Increase Promotion of a Brand).
Hendriyani, C., Dwianti, S. P., Herawaty, T., & Ruslan, B. (2020). Analisis Pengunaan Whatsapp Business Untuk Meningkatkan Perjualan Dan Kedekatan Dengan Pelanggan Di Pt Saung Angklung Udjo. AdBispreneur, 5(2), 193. https://doi.org/10.24198/adbispreneur.v5i2.29171
Kotler, & Keller. (2016). Marketing management.
Krisnawati, D. (2016). Pengaruh Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Amdk Merek Aqua (Studi Pada Masyarakat Di Kota Bandung). Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 4(1). https://doi.org/10.35137/jmbk.v4i1.30
Kusumasondjaja, S. (2019). Exploring the role of visual aesthetics and presentation modality in luxury fashion brand communication on Instagram. Exploring the Role of Visual Aesthetics and Presentation Modality in Luxury Fashion Brand Communication on Instagram, 24(3), 775–805. https://doi.org/10.1108/BIJ-05-2016-0077
Lerkjarijumpon, N. (2015). Applying Integrated Marketing Communication in Thai Marketing. Review of Integrative Business and Economics Research, 4(4), 349. www.sibresearch.org
Mohamed, I. (2018). Examining Moderating Role Of E-Commerce Experience On Usage-Performance Relationship. Asia Pacific Journal of Advanced Business and Social Studies, 4(2), 16–27. https://doi.org/10.25275/apjabssv4i2bus3
Scott, R. T., & de Ziegler, D. (2020). Introduction: Key performance indicators in assisted reproductive technologies. Fertility and Sterility, 114(1), 4–5. https://doi.org/10.1016/j.fertnstert.2020.04.057
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D.
Suleman, D., Zuniarti, I., Marginingsih, R., Sabil, S., Nurhayaty, E., Rachmawati, S., Pramularso, E., & Sari, I. (2020, May 28). Competition between offline and online stores: which will Indonesian consumers choose to shop for fashion products? https://doi.org/10.4108/eai.7-11-2019.2295240
Taherdoost, H. (2017). Decision Making Using the Analytic Hierarchy Process (AHP); A Step by Step Approach. International Journel of Economics and Management Systems, 2(February), 244–246.
Theodora, N. (2021). Relationship Between Integrated Marketing Communication and Brand Equity. International Journal of Social Science and Business, 5(2), 278–283. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJSSB/index
Tikno. (2017). Measuring performance of facebook advertising based on media used: A case study on online shops in Indonesia. Procedia Computer Science, 111, 105–112. https://doi.org/10.1016/j.procs.2017.06.016
Unachukwu, L. C., Kalu, A. O. U., & Ibiam, O. (2018). Accessing Secondary Data : A Literature Review. Singaporean Journal of Business Economics and Management Studies, 6(6), 53–63. https://doi.org/10.12816/0048423
Vítek, M. (2021). Events as an Effective Marketing Communication Tool. SHS Web of Conferences, 90, 01022. https://doi.org/10.1051/shsconf/20219001022.
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128
Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.