PERANCANGAN PERBAIKAN PROGRAM KOMUNIKASI PEMASARAN PADA VSC ROASTERY MENGGUNAKAN METODE BENCHMARKING DAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP)
Abstract
VSC ROASTERY merupakan salah satu coffee house roastery dari Tasikmalaya yang berdiri sejak tahun 2016. Penjualan difokuskan pada salah satu dari tiga layanan yang ada, yaitu layanan store sebagai penyedia produk kebutuhan seduh kopi. Pemasaran dilakukan secara offline dan online, dengan penjualan selama tahun 2021 masih berfluktuasi dan belum bisa mencapai target. Salah satu penyebabnya karena masih rendahnya awareness masyarakat terhadap produk store VSC ROASTERY. Perancangan perbaikan program komunikasi pemasaran terpilih sebagai solusi untuk dikaji lebih lanjut pada penelitian ini. VSC ROASTERY sudah menerapkan bauran komunikasi pemasaran, namun penggunaan tools-nya belum dilakukan secara optimal. Metode benchmarking digunakan untuk mengidentifikasi gap dan mendapatkan informasi program komunikasi pemasaran terbaik dari partner benchmark. Analytical hierarchy process (AHP) digunakan untuk memilih partner benchmark, juga sebagai alat penentu prioritas dari 8 kriteria komunikasi pemasaran. Perancangan menghasilkan 14 rekomendasi perbaikan program komunikasi pemasaran yang diintegrasikan dengan aspek man, machine dan information untuk setiap kriterianya. Diharapkan usulan rancangan dapat meningkatkan heart share, awareness, maupun penjualan produk VSC ROASTERY.
References
Agam, D. N. L. A. (2017). "Followers Ratio on Instagram Affects the Product ’ s Brand Awareness. " Australian Journal of Accounting, Economics and Finance (AJAEF), 3(2), 85–89.
Anand, G., & Kodali, R. (2008). "Benchmarking the benchmarking models." Benchmarking, 15(3), 257–291.
Badan Pusat Statistik (BPS). (2022). Sektor Penyediaan Akomodasi dan Makan Minum Tumbuh 3,89% pada 2021. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/02/18/sektor-penyediaan-akomodasi-dan-makan-minum-tumbuh-389-pada-2021. Diakses 09 Maret 2022.
Coccia, M. (2017). "The Fishbone diagram to identify, systematize and analyze the sources of general purpose technologies." Journal of Social and Administrative Sciences, 4(4)(December 2017), 291–303.
Dinas Koperasi dan Usaha Kecil. (2021). Jumlah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Berdasarkan Kategori Usaha di Jawa Barat. OPEN DATA JABAR. https://opendata.jabarprov.go.id/id/dataset/jumlah-usaha-mikro-kecil-menengah-umkm-berdasarkan-kategori-usaha-di-jawa-barat. Diakses 20 Maret 2022.
George E. Belch, & Belch, M. A. (2018). Advertising and Promotion An Integrated Marketing Communications Perspective. McGraw-Hill.
International Coffee Organization (ICO). (2022). Berapa Konsumsi Kopi Indonesia pada 2020/2021? DataIndonesia.Id. https://dataindonesia.id/sektor-riil/detail/berapa-konsumsi-kopi-indonesia-pada-20202021. Diakses 25 Maret 2022.
Ishaq Bhatti, M., & Awan, H. M. (2014). "The key performance indicators (KPIs) and their impact on overall organizational performance." Quality and Quantity, 48(6), 3127–3143.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15e ed.). Pearson Education.
Mutmainah, I., Suharjo, B., Kirbrandoko, K., & Nurmalina, R. (2020). "Orientasi Pasar Dan Peran Audit Pemasaran Dalam Membangun Kinerja Dan Daya Saing Perguruan Tinggi Swasta." Mix: Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(3), 298.
Ryhänen, H. (2019). Analysing Instagram Posts and Consumer Engagement.
SIMPONIE DPMPTSP Kota Tangerang Selatan. (2021). List KBLI. https://simponie.tangerangselatankota.go.id/perijinan/info_kbli/view/9. Diakses 26 Maret 2022.
Sugiyono, P. D. (2013). METODE PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF DAN R&D. ALFABETA, CV.
Vutete, C. (2015). "Modelling Share of Mind and Share of Heart as Contemporary Measures of Competitive Success in the Fast Foods Market." IOSR Journal of Business and ManagementVer. I, 17(10), 2319–7668.
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128
Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.