PERANCANGAN PERBAIKAN PROGRAM KOMUNIKASI PEMASARAN PIE SUSU HASIH MENGGUNAKAN METODE BENCHMARKING DAN TOOL ANALYTIC HIERARCHY PROCESS

  • Ni Putu Putri Pramesti Telkom University, Bandung
  • Husni Amani Telkom University, Bandung
  • Boby Hera Sagita Telkom University, Bandung

Abstract

Pesatnya perkembangan UMKM dapat memicu persaingan dalam mencapai target pasar. Hal ini terjadi pada salah satu pelaku usaha yang bersaing di bidang kuliner yaitu Pie Susu Hasih. Pendapatan Pie Susu Hasih pada tahun 2020 tidak memenuhi target yang telah ditetapkan. Dalam melakukan penjualan pihak Pie Susu Hasih perlu untuk melihat strategi yang dilakukan oleh pesaingnya, karena dilihat dari jumlah follower Instagram masih memiliki follower yang sedikit dibandingkan dengan kompetitor lainnya. Salah satu faktor penyebabnya adalah masih rendahnya brand awareness terhadap suatu merek yang dibuktikan dari hasil survei pendahuluan.  Pie Susu Hasih telah menerapkan beberapa bauran komunikasi pemasaran, akan tetapi masih belum optimal dalam menerapkannya. Tugas akhir ini bertujuan untuk melakukan rancangan sistem terintegrasi untuk perbaikan program komunikasi pemasaran menggunakan metode benchmarking dengan tool Analytical Hierarchy Process (AHP). Metode benchmarking digunakan dalam penelitian ini untuk mengetahui gap program komunikasi pemasaran Pie Susu Hasih dengan partner benchmark terpilih. Pada penelitian ini dihasilkan 14 atribut kebutuhan yang dijadikan acuan dalam merancang rekomendasi rancangan sistem terintegrasi untuk perbaikan program komunikasi pemasaran Pie Susu Hasih.

References

Alberta, H., & Wijaya, L. S. (2021). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Meningkatkan Penjualan dan Brand Awareness. Jurnal Ilmiah Media, Public Relations, Dan Komunikasi (IMPRESI), 2(1), 1. https://doi.org/10.20961/impresi.v2i1.5171
Egan Evanzha Yudha Amriel, & Ariescy, R. R. (2021). Analisa Engagement Rate Di Instagram : Fenomena Like Dan Komentar. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2(1), 1–5. http://books.google.com.co/books?id=iaL3AAAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=intitle:Market+research+in+Practice+inauthor:hague&hl=&cd=1&source=gbs_api%0Apapers3://publication/uuid/4EEA28E9-41A0-4677-9426-7B552915D62F%0Ahttps://doi.org/10.1080/23311886.2019.16
P. Kotler and K. L. Keller, Marketing Management 15th edition, United States: Pearson Education, 2016
Pramadyanto, M. R. (2022). Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Membangun Brand Awareness Brand Fashion Streetwear Urbain Inc. Komuniti : Jurnal Komunikasi Dan Teknologi Informasi, 14(1), 69–92. https://doi.org/10.23917/komuniti.v14i1.16841
Putri Indah, S. M. (2017). Analisis Output Key Performance Indicator Menggunakan Balance Scorecard Di Aryaduta. Jurnal Pariwisata, IV(2), 130–138.
Ramadina, J. N. A., & Yulia, E. R. (2022). Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Merk Laptop Terbaik Menggunakan Metode Analitical Hierarchy Process (Ahp). IDEALIS : InDonEsiA JournaL Information System, 5(1), 59–68. https://doi.org/10.36080/idealis.v5i1.2889
Saputra, M. I. H., & Nugraha, N. (2020). Sistem Pendukung Keputusan Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (Ahp) (Studi Kasus: Penentuan Internet Service Provider Di Lingkungan Jaringan Rumah). Jurnal Ilmiah Teknologi Dan Rekayasa, 25(3), 199–212. https://doi.org/10.35760/tr.2020.v25i3.3422
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Penerbit Alfa beta.
Sukmawan, Akhyar. (2016). 3 Sektor Bisnis yang Menjanjikan. Retrieved from Marketing Web Site: www.marketing.co.id
Suluri, S. (2019). Benchmarking Dalam Lembaga Pendidikan. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 3(2), 82. https://doi.org/10.26740/jdmp.v3n2.p82-88
Sumarto, S., & Harahap, E. K. (2020). Proses Benchmarking Kepala Madrasah Dalam Melakukan Transformasi Madrasah Di Kota Jambi. Jurnal Literasiologi, 3(1), 157–176. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v3i1.58
Utama, D. N. (2017). Sistem Penunjang Keputusan (Issue January).
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Published
2022-08-05
How to Cite
Pramesti, N. P., Amani, H., & Sagita, B. H. (2022). PERANCANGAN PERBAIKAN PROGRAM KOMUNIKASI PEMASARAN PIE SUSU HASIH MENGGUNAKAN METODE BENCHMARKING DAN TOOL ANALYTIC HIERARCHY PROCESS. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 6(2), 1624-1641. https://doi.org/10.31955/mea.v6i2.2217