KESIAPAN TEKNOLOGI PELAKU USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH DALAM ADOPSI E-COMMARCE: KARATERISTIK DEMOGRAFI
Abstract
Perkembangan teknologi dan informasi yang mengarah pada ekonomi digitalisasi saat ini yang ditandai dengan munculnya berbagai plafom binis, tentu bagi sebagai pelaku usaha hal ini merupakan peluang untuk mengembangkan usahanya, namun bagi sebagian para pelaku usaha lain khususnya pelaku usaha mikro, kecil dan Menengah merupakan tantangan yang sangat berat, Faktanya bahwa hanya 13% UMKM di Indonesia menggunakan platffom digital untuk promosi dan penjualannya. Rendahnya partisipasi para pelaku usaha UMKM mengindikasikan adanya ketidak siapan dalam adopsi teknologi E-commerce. Instrumen penelitian mengadop dari national technology readiness survey (NTRS) dengan empat dimensi terdiri dari ; Optimisme, Inovatif, ketidaknyamana, dan ketidakamanan. Survey dilakukan pada pelaku usaha mikro, kecil dan menengah di wilayah sukabumi sebanyak 200 Responden. Teknik Analisa yang digunakan untuk melihat gambaran ada tidaknya perbedaan kesiapan teknologi yang diprediksi oleh aspek demografi adalah two way anova. Penelitian ini memfokuskan pada pengukuran tingkat kesiapan teknologi (TR) berdasarkan karakteristik demografi. Tingkat kesiapan teknologi berdasarkan karakteritik demografi penting untuk diteliti, hal ini berhubungan dengan pelaku usaha secara individu sebagai pengambil keputusan untuk mengadopsi atau tidak teknologi E-commerce. Hasil penelitian menemukan bahwa Jenis kelamin tidak memiliki perbedaan pada kesiapan teknologi, usia memiliki perbedaan yang signifikan pada tingkat kesiapan teknologi, dan Tingkat pendidikan memiliki perbedaan yang signifikan pada tingkat kesiapan teknologi. hasil temuan ini dapat dijadikan bahan kajian bagi pemerintah dan penyedian plaform bisnis dalam menentukan kebijakan dan strategi untuk mengembangkan Sistem Teknologi E-commerce dimasa yang akan datang.
References
Herkanawati, D. (2015). Pengukuran Tingkat Kesiapan Knowledge Management Balitbang SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika. JURNAL IPTEKKOM : Jurnal Ilmu Pengetahuan & Teknologi Informasi, 17(2), 189. https://doi.org/10.33164/iptekkom.17.2.2015.189-198
Humas Kementerian Koperasi dan UKM. (2020). MENKOPUKM DUKUNG TRANSFORMASI DIGITAL UMKM JADI SOLUSI DI TENGAH PANDEMI. Retrieved from https://kemenkopukm.go.id/read/menkopukm-dukung-transformasi-digital-umkm-jadi-solusi-di-tengah-pandemi
KUSUMA, H., MUAFI, M., AJI, H. M., & PAMUNGKAS, S. (2020). Information and Communication Technology Adoption in Small- and Medium-Sized Enterprises: Demographic Characteristics. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7(10), 969–980. https://doi.org/10.13106/jafeb.2020.vol7.no10.969
Lai, Y. L., & Lee, J. (2020). Integration of Technology Readiness Index (TRI) Into the Technology Acceptance Model (TAM) for Explaining Behavior in Adoption of BIM. Asian Education Studies, 5(2), 10. https://doi.org/10.20849/aes.v5i2.816
Larasati, N., & Santosa, P. I. (2017). Teknologi Kesiapan dan Model Teknologi Penerimaan Teknologi Baru Proses Pelaksanaan di Low UKM teknologi. 8(2), 113–117. https://doi.org/10.18178/ijimit.2017.8.2.713
Lin, C. H., Shih, H. Y., & Sher, P. J. (2007). Integrating technology readiness into technology acceptance: The TRAM model. Psychology and Marketing, 24(7), 641–657. https://doi.org/10.1002/mar.20177
MacGregor, R., & Vrazalic, L. (2006). The role of small business strategic alliances in Small/Medium Enterprises (SMEs). Small Business Clustering Technologies: Applications in Marketing, Management, IT and Economics, 242–280. https://doi.org/10.4018/978-1-59904-126-1.ch012
Narotama, U. (2018). Service Room. (December). https://doi.org/10.13140/RG.2.2.13577.08807
Panday, R. (2015). Pelayanan Sistem Informasi Akademik. 978–979.
Parasuraman, A., & Colby, C. L. (2015). An Updated and Streamlined Technology Readiness Index: TRI 2.0. Journal of Service Research, 18(1), 59–74. https://doi.org/10.1177/1094670514539730
Permadi, I. ; eva fathusyaadah. (2021). Survivability Usaha Mikro Kecil Danmenengah, Adopsi Media Sosial Sebagai Media Pemasaran| Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen , Ekonomi , dan Akuntansi). 5(2), 347–356. Retrieved from http://www.journal.stiemb.ac.id/index.php/mea/article/view/703
Rahayu, R., & Day, J. (2015). Determinant Factors of E-commerce Adoption by SMEs in Developing Country: Evidence from Indonesia. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 195(March), 142–150. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.06.423
Ramayah, T., Jantan, M., Roslin, R. M., & Siron, R. (2004). Technology Readiness of Owners/Managers of SME’s. The International Journal of Knowledge, Culture, and Change Management: Annual Review, 3(1), 0–0. https://doi.org/10.18848/1447-9524/cgp/v03/59061
Riemenschneider, C. K., Harrison, D. A., & Mykytyn, P. P. (2003). Understanding it adoption decisions in small business: Integrating current theories. Information and Management, 40(4), 269–285. https://doi.org/10.1016/S0378-7206(02)00010-1
Rojas-Méndez, J. I., Parasuraman, A., & Papadopoulos, N. (2017). Demographics, attitudes, and technology readiness: A cross-cultural analysis and model validation. Marketing Intelligence and Planning, 35(1), 18–39. https://doi.org/10.1108/MIP-08-2015-0163
Rokhim, R., Wulandari, P., & Mayasari, I. (2018). Small medium enterprises technology acceptance model: A conceptual review. International Journal of Business and Society, 19, 689–699.
Sakina Rakhma Diah, & Setiawan. (2019). No Title. Ekonomi.Kompas.Com. Retrieved from https://ekonomi.kompas.com/read/2019/02/12/152246426/mengapa-masih-banyak-umkm-indonesia-yang-belum-go-digital
Summak, M. S., Baǧlibel, M., & Samancioǧlu, M. (2010). Technology readiness of primary school teachers: A case study in Turkey. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 2(2), 2671–2675. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.03.393
Walczuch, R., Lemmink, J., & Streukens, S. (2007). Pengaruh kesiapan teknologi pegawai jasa terhadap penerimaan teknologi §. 44, 206–215. https://doi.org/10.1016/j.im.20066.12.005
Zhang, E. M. (2010). Understanding the Acceptance of Mobile SMS Advertising among Young Chinese Consumers. Psychology & Marketing, 30(6), 461–469. https://doi.org/10.1002/mar
Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.