PEMBERDAYAAN PELAKU USAHA EKONOMI BERBASIS DIGITAL BAGI MASYARAKAT DI DESA RUHUI RAHAYU DAN DESA GUNUNG SARI DAN DESA GUNUNG SARI KABUPATEN BULUNGAN PROVINSI KALIMANTAN UTARA

  • Aslan Aslan Universitas Kaltara, Bulungan
  • Dewi Qimariah Imelda Universitas Kaltara, Bulungan
  • Yuliansyah Yuliansyah Universitas Kaltara, Bulungan

Abstract

Pengembangan ekonomi berbasis digital saat ini sedang berkembang di Indonesia, termasuk di Provinsi Kalimantan Utara, khususnya di Desa Ruhui Rahayu dan Desa Gunung Sari dan Desa Gunung Sari. Dari hasil kegiatan Pelatihan/workshop serta pendampingan bagi pelaku usaha masyarakat Desa Gunung Sari dan Desa Ruhui Rahayu Kabupaten Bulungan Kalimantan Utara diketahui bahwa adanya kegiatan Program Produk Teknologi yang Didiseminasikan Kepada Masyarakat yang di danai oleh BRIN melalui Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat sangat membatu bagi pelaku usaha dari kedua desa tersebut, harapanya tindak lanjut dari pelaksana kegiatan ini akan terus dilakukan dalam membantu mempromosikan produk melalui aplikasi market place maupun media sosial, pembinaan dalam menyusun laporan keuangan dan penggunaan alat produksi (mesin kemasan maupun mesin cutting stiker).

References

Adiyanto, M. R. (2020). Pemberdayaan Usaha Mikro Dan Kecil Terdampak Pandemi Covid–19 Desa Paseseh Tanjung Bumi Bangkalan. Community Development Journal, 4(2), 178-183.
Antara, G. E. D. (2015). Peningkatan Inovasi Teknologi Tepat Guna Dan Program Berbasis Pemberdayaan Masyarakat Untuk Memajukan Industri Kreativ Di Bali. Penelitian dan Aplikasi Sistem dan Teknik Industri, 9(3), 182925.
Astuti, E. Z. L. (2019). Gerakan literasi digital: studi pemberdayaan pemuda melalui program sistem informasi potensi kreatif desa di Kulonprogo. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat: Media Pemikiran dan Dakwah Pembangunan, 3(2), 331-352.
Bagianto, A., & Zulkarnaen, W. (2020). Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Pembangunan Ekonomi. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(1), 316-332
Chaffey, D., Smith, P. R., & Smith, P. R. (2013). eMarketing eXcellence: Planning and optimizing your digital marketing. London: Routledge.
Fauzi, T. H., Harits, B., Danial, D. M., & Komariah, K. (2020). Adaptive strategies of external environmental effects in digital entrepreneurship in the strategic management perspective. Academic Journal of Interdisciplinary Studies, 9(3), 38-38.
Fuadi, D. S., Akhyadi, A. S., & Saripah, I. (2021). Systematic Review: Strategi Pemberdayaan Pelaku UMKM Menuju Ekonomi Digital Melalui Aksi Sosial. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 5(1), 1-13.
Handayani, I. T., & Bahrianoor, B. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Desa dalam Pengembangan Ekonomi Digital kepada Industri Kecil dalam Menghadapi Covid-19 di Desa Mentaren II Pulang Pisau. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 217-221.
Harding, D., Kadiyono, A. L., Hafiar, H., Ma'mun, T. N., Wibowo, H., Nugraha, Y., & Siswadi, A. G. P. (2020). Readiness of Technology Adaptation towards Digital-Based Entrepreneurship. International Journal of Entrepreneurship, 24(1), 1-5.
Hasibuan, R. P., Khoiri, M., Syaifulah, S., Kundori, K., Wisra, M. Y., & Kurnia, N. A. (2020). Pemberdayaan Produk Usaha Mikro Kripik Singkong Maju Jaya Kota Batam. Jurnal Abdikmas, 1(1), 49-53.
Kannan, P. K. (2017). Digital marketing: A framework, review and research agenda. International Journal of Research in Marketing, 34(1), 22-45.
Kemp, S. (2017). Digital in 2017: Global overview.
Kominfo, K. (2013). Kominfo: Pengguna Internet di Indonesia 63 Juta Orang. Kementrian Komunikasi dan Informatika, November, 7.
Ratten, V., & Usmanij, P. (2021). Entrepreneurship education: Time for a change in research direction?. The International Journal of Management Education, 19(1), 100367.
Rustamaji, M., Santoso, B., Kristiyadi, K., Yulianti, S. W., & Herdyanto, E. (2020). Pemberdayaan Pokdarwis Desa Sidowayah Berbasis Penguatan Branding Di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 3, 1-123.
Sanjaya, P. K. A., Widnyana, I. N. S., & Nuratama, I. P. (2019). Pemberdayaan Prajuru Lembaga Keuangan Mikro Adat Melalui Penerapan Teknologi Informasi Di Desa Kesiut Kecamatan Kerambitan Kabupaten Tabanan. JURNAL SEWAKA BHAKTI, 3(2), 25-39.
Saputra, R., Ardhiani, L. N., & Setiadi, A. (2020, December). Digital Marketing sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat di Kabupaten Batang. In Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat UNDIP 2020, 1(1).
Setiawati, S. (2018). Analisa Manajemen Kas Keuangan Desa Berbasis Digital Ekonomi Pada Pelaku Usaha Kecil Dan Menengah (UKM) & Industri Kecil Dan Menengah (IKM) Kabupaten Bogor. Jurnal Lentera Akuntansi, 3(2), 65-70.
Widyastuti, D. A. R., Nuswantoro, R., & Sidhi, T. A. P. (2016). Literasi digital pada perempuan pelaku usaha produktif di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Aspikom, 3(1), 1-15.
Published
2021-04-21
How to Cite
Aslan, A., Imelda, D. Q., & Yuliansyah, Y. (2021). PEMBERDAYAAN PELAKU USAHA EKONOMI BERBASIS DIGITAL BAGI MASYARAKAT DI DESA RUHUI RAHAYU DAN DESA GUNUNG SARI DAN DESA GUNUNG SARI KABUPATEN BULUNGAN PROVINSI KALIMANTAN UTARA. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 5(1), 1643-1650. https://doi.org/10.31955/mea.v5i1.1132