PERMINTAAN DAN PREFERENSI KONSUMEN KEDAI KOPI TERHADAP PELAKU USAHA KEDAI KOPI DI KOTA TARAKAN

  • Nurus Soimah Universitas Kaltara, Bulungan
  • Aslan Aslan Universitas Kaltara, Bulungan

Abstract

Ekspansi produksi kopi di Indonesia telah memungkinkan masyarakat untuk membuka kedai kopi yang belakangan semakin populer di kalangan peminum kopi. Kedai kopi di Tarakan sudah mulai menyajikan sampanye dan memiliki ide dan karakteristik yang beragam. Ini bukan pengecualian. Di Tarakan, cari kedai kopi. Dengan menggunakan pendekatan penelitian deskriptif, penelitian ini mengeksplorasi upaya kedai kopi untuk mengevaluasi permintaan pasar kopi dan menganalisis variasi preferensi konsumen kedai kopi ditinjau dari frekuensi kunjungan, jenis kopi, harga kopi, dan fasilitas kopi di Kota Tarakan. Temuan studi ini berupaya untuk mengetahui permintaan dan kompleksitas kedai kopi di Tarakan ditinjau dari preferensi konsumen. Berdasarkan hasil tersebut, tingkat konsumsi kopi di wilayah studi sudah kuat yang dapat memberikan wawasan dan peluang bagi perusahaan kopi yang pelanggannya mengonsumsi kopi dalam jumlah yang bervariasi hampir setiap hari. Ini memastikan bahwa konsumen dan pemasok juga harus diberi tahu tentang penelitian dan pemasaran kopi.

References

Angriva, S., & Sunyigono, A. K. (2020). Persepsi Dan Preferensi Konsumen Terhadap Produk Madu Pt Kembang Joyo. Agriscience, 1(1), 186-199.
Asniwaty, B., Nawawi, M., Suminto, S., & Ningsih, A. (2013, November). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan dan Penawaran Barang dan Jasa Kawasan Perbatasan Pulau Sebatik Indonesia-Tawau, Malaysia. In Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar (Vol. 4, pp. 1-8).
Berampu, L. T., Sirojuzilam, S., & Sembiring, B. K. (2019). The Relationship of Consumer Preference, Value Creation, and Global Supply Chain in the Third Wave Coffee Business in Sumatera Utara, Indonesia. International Journal of Supply Chain Management, 8(6), 731-736.
Chrysanthini, B., Sumarwan, U., & Rifin, A. (2017). Preferensi Konsumen terhadap Produk Sayuran Organik (Studi Kasus Konsumen UD Fabela-Myfarm) di Bogor Jawa Barat. MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 12(2), 151-160.
Eka, D. A. (2020). Preferensi Masyarakat Kota Padang Terhadap Karakter Pemimpin Pada Pemilihan Presiden Tahun 2019 (Doctoral dissertation, Universitas Andalas).
Grasso, S., & Asioli, D. (2020). Consumer preferences for upcycled ingredients: A case study with biscuits. Food Quality and Preference, 84, 103951.
Hindsley, P., McEvoy, D. M., & Morgan, O. A. (2020). Consumer demand for ethical products and the role of cultural worldviews: The case of direct-trade coffee. Ecological Economics, 177, 106776.
Kalsum, U., Fauziyah, E., & Nugroho, T. R. D. A. (2013). Preferensi konsumen dalam membeli rengginang lorjuk di Kecamatan Kamal Bangkalan. Agriekonomika, 2(2), 153-162.
Khorniawati, M. (2014). Produk pertanian organik di Indonesia: Tinjauan atas preferensi konsumen Indonesia terhadap produk pertanian organik lokal. Competence: Journal of Management Studies, 8(2).
Lee, Y., & Bateman, A. (2021). The competitiveness of fair trade and organic versus conventional coffee based on consumer panel data. Ecological Economics, 184, 106986.
Liu, R., Gao, Z., Snell, H. A., & Ma, H. (2020). Food safety concerns and consumer preferences for food safety attributes: Evidence from China. Food Control, 112, 107157.
Muljaningsih, S. (2011). Preferensi konsumen dan produsen produk organik di Indonesia. Wacana Journal of Social and Humanity Studies, 14(4), 1-5.
Rahardjo, C. R. (2016). Faktor yang menjadi preferensi konsumen dalam membeli produk frozen food. Performa: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 1(1), 32-43.
Rahayu, J. N., Fauziyah, E., & Ariyani, A. H. (2012). Preferensi konsumen terhadap buah apel impor di toko buah hokky dan pasar tradisional Ampel Surabaya. Agriekonomika, 1(1), 52-67.
Rosipah, S., Burhan, B., & Purwandari, U. (2013). Preferensi konsumen terhadap pancake dari tepung sukun. Agrointek, 7(1), 53-58.
Tauferová, A., & Tremlová, B. (2020). Consumer preferences and coffee market supply survey in the South Moravian region. Higher education, 76, 23-0.
Torga, G. N., & Spers, E. E. (2020). Perspectives of global coffee demand. In Coffee Consumption and Industry Strategies in Brazil (pp. 21-49). Woodhead Publishing.
Vidyaningrum, A., Sayekti, W. D., & Adawiyah, R. (2016). Preferensi dan permintaan konsumen rumah tangga terhadap bihun tapioka di Kecamatan Purbolinggo Kabupaten Lampung Timur. Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis, 4(2), 200-208.
Vij, A., Ryan, S., Sampson, S., & Harris, S. (2020). Consumer preferences for on-demand transport in Australia. Transportation Research Part A: Policy and Practice, 132, 823-839.
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Published
2021-04-21
How to Cite
Soimah, N., & Aslan, A. (2021). PERMINTAAN DAN PREFERENSI KONSUMEN KEDAI KOPI TERHADAP PELAKU USAHA KEDAI KOPI DI KOTA TARAKAN. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 5(1), 1632-1642. https://doi.org/10.31955/mea.v5i1.1131