FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI IMPLEMENTASI AKUNTANSI BERBASIS AKRUAL SERTA IMPLIKASINYA PADA MANAJEMEN ASET DAN KUALITAS LAPORAN KEUANGAN
Survei pada Pemerintahan Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat & Kabupaten Cianjur di Jawa Barat
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis kompetensi pejabat penatausahaan keuangan dan dukungan manajemen puncak terhadap implementasi akuntansi berbasis akrual dan implikasinya pada manajemen aset dan kualitas laporan keuangan. Penelitian ini juga mengukur pengaruh tidak langsung atas variabel kompetensi pejabat penatausahaan dan dukungan manajemen puncak terhadap manajemen aset dan kualitas laporan keuangan melalui implementasi akuntansi berbasis akrual.
Data yang digunakan adalah data primer dengan media pengumpulan data melalui kuesioner dan data sekunder yang berasal dari laporan hasil pemeriksaan BPK. Penelitian ini dilakukan pada Pemerintahan Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Cianjur di Jawa Barat. Metode penelitian yang digunakan menggunakan metode survei, sedangkan pengujian data menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan pendekatan alat analisis Partia; Least Square (PLS).
Hasil penelitian menunjukan kompetensi pejabat penatausahaan keuangan dan dukungan manajemen puncak berpengaruh terhadap implementasi akuntansi berbasis akrual. Implementasi akuntansi berbasis akrual juga berpengaruh terhadap manajemen aset dan kualitas laporan keuangan. Secara tidak langsung kompetensi pejabat penatausahaan keuangan dan dukungan manajemen puncak juga berpengaruh terhadap manajemen aset dan kualitas laporan keuangan melalui implementasi akuntansi berbasis akrual.
References
AA Umbara Sutisna. 2019. Ribuan Aset Belum Bersertifikat PEMKAB Bandung Barat sulit mendapatkan opini WTP dalam https://www.pikiran-rakyat.com/bandung-raya/pr-01308652/ribuan-aset-belum-bersertifikat-pemkab-bandung-barat-sulit-beroleh-wtp. Diunduh tanggal 8 Juli 2020 jam 19.45
Akadun, 2009. Teknologi Informasi Administrasi. Bandung: Alfabeta.
Andhikari, P., & Mellemvik, F. 2011. The Rise and fall of accruals : A Case of Nepales Central Government. Journal of Accounting in Emerging Econmies, pp.123-143.
Alliasuddin. (2002). Produksi Optimal dan RTS : Industri Besar dan Sedang di Provinsi NAD. Jurnal Riset Ekonomi dan Manajemen, Vol 2, No 2, 1-7.
Bagianto, I. L. (2019). Pengaruh Pengendalian Internal dan Corporate Governance terhadap Kualitas Laporan Keuangan. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Ekonomi Volume 5 No 2.
Bastian, I. 2006. Standar Akuntansi Pemerintahan. Telaah Kritis PP Nomor 24 Tahun 2005 : Forum Dosen Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta : BPFE
Beest, Fers van., Geert Braam, Suzanne Boelens. 2009. Quality of Financial Reporting : Measuring qualitative characteristics. Nijmegan Center for Economics (NiCE).Institue for Management Research Rasbound University Nijmegen.The Netherlands.http://www.ru.n1/nice/workingpapaers.
Brown, K., Laue, M., Tafur, J., & Mahmood, M.2012.An Integrated Approach to Strategic Asset Management.Third International Engineering SystemsSymposium.Australia : Delft Universitiy of Technology.
Chin,W.W. (1998).” The Partial Least Squares Approach For Structural Equation Modeling”. In Marcoulides,GA.(Ed), Modern Method for BusinessResearch 26 (1) : 65-122.
Christiaens,J., & Peteghem, V.2007. Governmental Accounting Reform : Evolution of The Implementation in Flemish Municipalities. Financial Accountability & Management, 23(4),pp. 375-399.
Connoly, C & Hyndman, N. 2006. The Actual Implementation of Accruals Accounting : Caveat from A Case Within The UK Public Sector. Accounting, Auditing & Accountability Journal Vo.19 No. 2, 172-290.
Connolly, C., & Daniasyah, D. 2015. Bureaucray political dan Neutrality of Bureucray in Indonesia. V(2).
Cooper Donald R. & Schindler Pamela S. 2014, Business Research Methods, Twelfth Edition. New York: McGraw-Hill/Irwin Companies, Inc.
Framework for General Purpose Financial Reporting by Public Sector Entities. The International Federation of Accountants (IFAC).www.ifac.org.
Frederickson, G., Smith, K., Larimer, C., & Licari, M. 2012. Tehe Public Administration Theory Primer. Colorado; Westvview Press.
Friedman, L. 1969. The Legal System. New York : Russel Sage Foundation.
Guthhrie, J., Olson, O., & Humprey,C. 1999. Debating Development in New Public Financial Management : The Limit of Global Theorising and Some New Ways Forward. Financial Accountabili and Managemeny 15 (3) & (4), 209-228.
Ghojali, Imam. (2011).” Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program SPSS”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Handi Handriansyah. 2019. Aset Rusak Harus Segera Dimusnahkan atau dipindahtangankan dalam https://www.pikiran-rakyat.com/bandung-raya/pr-01308011/aset-rusak-harus-segera-dimusnahkan-atau-dipindahtangankan. Diunduh tanggal 8 Juli 2020 JAM 20.35.
Hasil Pemeriksaan LKPD TA 2014- TA 2018 Kabupaten Cianjur, Kabupaten Bandung Barat,Kota Bandung dan Kabupaten Bandung.http://bandung.bpk.go.id diunduh tanggal 8 Juli 2020 Jam 19.00.
Hasting, N. 2010.Physical Asset Management.London : Springer-Verlag London Limited.
Hood, C.1995. The New Public Manajemen in The 1980s in Variation On Theme Accounting Organizaation and Society Vol 20 No. 2/3. Organization and Siciety, 93-109.
Hoesada, J. 2010. Accrual Budgeting and accrual Accounting pada Pemerintahan NKRI. Jurnal Akuntansi Tahun XIV No. 01, 113-124.
Hair, Hufit, Ringle, dan Sarstedt, 2014, A primer on partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM) I. United Kingdom: SAGE Publications, Inc.
Ifa Ratifah, 2017. Pengaruh Kompetensi Pejabat penatausahaan Keuangan dan Dukungan Manajemen Puncak Terhadap Implementasi Akuntansi Berbasis Akrual Serta Implikasinya Pada Manajemen Aset Dan Kualitas Laporan Keuangan. Disertasi. Universitas Padjadjaran.
Indrianto. N & Supomo. B, 2002, Metode Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen, Edisi pertama. Yogyakarta: BPFE.
Jones, R.,& Pandlebury, M. 2010. Public Sector Accounting Sixth Edition.London : Pearson Education Limited.
Khotari C.R, 2004, Research Methodology, Mehtode and Techniques, second revision edition, New Age International (P), Limited, Publishers.\
Kieso, Donald E., Jerry J. Weygandt., & Terry D. Warfield (2012). Akuntani Intermediate, edisi 12 jilid 1. Jakarta : Erlangga.
Khademian, A.2010. Organizing in the Future : Pursuing Purposefulness for Flexible Accountability. Public Administration Review ol. 70. Supplement.
Luder, K. 1992. A Contingency Model Of Governance Accounting Innovation In The Political-Administrativev Environment. Research in Governmental and Nonprofit Accounting. Vol.7,pp.99-127.
Mimba, N. 2013. Penerapan Akuntansi Pemerintahan Berbasis Akrual Tinjauan Perspektif Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta ; Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan.
Mintzberg,H.1973. The Nature of Managerial Work. New York : Harper & Row
Mandayanake, O. 2014.Managerial Role Top Management Support for Information Technology and System Project.Australia : University of Wollonggong.
McShance, S., & Von Glinow, M.2010. Organizational Behavior : Emerging Knowledge and Practice for the World 5 th. Edition. New York : Mc Graw Hill.
Mimba, N. 2013. Penerapan Akuntansi Pemerintahan Berbasis Akrual Tinjauan Perspektif Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta ; Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan.
Muhammad Rizky Pratama, S. (2016). Pengaruh Manajemen Aset Terhadap Optimalisasi Pengelolaan Aset Daerah. Jurnal Akuntansu & Keuangan Daerah Volume 11, Nomor 2, 33-51.
Nawawi, Z. 2010. Perkembangan Ilmu Administrasi Publik : Dan Isu-isu Kontemporer Administrasi. Palembang : Universitas Syakyiakirti.
Ni Made Ari Widyastuti, M. P. (2015). Analisis Kesiapan Pemerintah Daerah Dalam Menerapkan Standar Akuntansi Pemerintahan Berbasis Akrual di Kabupaten Gianyar. http://ejournal.undiksha.ac.id.
Njuguna, P.W.2014. Adoption of Accrual Based Acciunting By United Nations : A Case of World Food Progaramme (WFP) Kenya. United States International University.
Otley, D. 1980. The Contingency Theory of Management Accounting ; Acievement and Prognosis. Accounting Organizations and Society Vol. 5 No.4, 413-428
Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 21 Tahun 2011
Peraturan Mentri Dalam Negri No. 19 Tahun 2016 tentang Manajemen Aset.
Peraturan Pemerintah No.71 Tahun 2010. Standar Akuntansi Pemerintahan
Permendagri Nomor 64 Tahun 2013 tentang SAP berbasis Akrual pada Pemerintah Daerah.
Permendagri Nomor 17 Tahun 2007 tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Barang Milik Daerah.
Pekei, B., Hadiwidjojo, D., & Sumiati, J. 2014. The Effectiveness of Business and Management Invention Volume 3 Issue 3, pp. 16-26.
Putri Andriyani, Abin Suarsa. Yuniati.Y. (2019). Pengaruh Pengendalian Internal Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pada PDAM Tirtawening Kota Bandung. Vol. 1 No. 3. 2019. Sains Ekonomi Manajemen & Akuntansi Riview.
Quda, H. 2003. Accrual Accounting in the Government Sector Background, Concepts, Benefits and Costs. The International Consortium on Governmental Financial Management : Public Fund Digest Volume III. No. 2,pp.52-73.
Quda, H. 2010. A prescription Model of The Transition to Accrual Accounting in Central. International Journal on Government of Financial manegement Vol X No. 1, pp. 63-94.
Ridder, H.G., Bruns, H.-J., & Spier,F. 2005. Analysis Public Management Change Process : The Case of Local Government Accounting Reforms in Germany. Public Administration Vol.83. No. 2, pp.443-471.
Ritonga, I. T. 2010. Akuntansi Pemerintah Daerah. Yogyakarta : Sekolah Pascasarjana UGM.
Rizki Mardiana, H. F. (2017). Pengaruh Pemahaman Akuntansi, Pengendalian Internal dan Efektifitas Penerimaan SAP Berbasis Akrual Terhadap Kualitas Laporan Keuangan(Studi pada Satuam Perangkat Kerja Kota Banda Aceh). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi Vol 2 No 2, 32.
Rhodes. 2007. Understanding Governance ; Ten Years On. Organization Studies Vo. 28 No. 08, 1-22.
Rkein, A.2008. Accrual Accounting and Public Sector Reform : Nothern Territory Experience. Australia : Cahrles Darwin University.
Sekaran & Bougie, 2013. Research Methods For Busines. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.
Simanjuntak, B. 2010, Desember 4. Penerapan Akuntansi Berbasis Akrual di Sektor Pemerintahan di Indonesia : Disampaikan pada Kongres XI IAI. DKI Jakarta, Jakarta. Indonesia.
Siena Halim dalam https://www.faktaindonesianews.com/. (2019, Juli 26)
Siregar, D.D.2004. Manajemen Aset. Strategi Penataan Konsep Pembanguan Berkelnajutan Secara nasional dalam konsep Kepala Daerah Sebagai CEO’s pada Era Globalisasi dan Otonomi Daerah. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka UtamStozker, G. 2002. Governance As Theory : Five Proposition Oxford : Unesco. Blackwell Publisher.
Susanto, Azhar. 2007. Sistem Informasi Akuntansi : Konsep dan Pengembangan Berbasis Komputer. Edisi Perdana, Cetakan kedua. Bandung : Penerbit Linnga Jaya
Stamatiadis,F. 2009. Investing the Government Accounting Reform of Greek National Health System (ESY) : Some preliminary Evidence. International Journal of Governmental Financial Management, 73-97.
Sugiyono, 2008, Metode Penelitian Bisnis, cetakan ke duabelas. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sugiyono, P. D. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tanjung, A. H. (2018). Akuntansi Pemerintah Daerah Berbasis Akrual. Bandung: Alfabeta.
Undang-Undang No. 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara.
Wu, Wei-Wen. 2009. Exploring Core Competencies for R & D Technical Professionals. Expert System with Applications, 36, 9574-9579.
Yusuf, m.2010. Langkah Pengelolaan Aset Daerah Menuju Pengelolaan Keuangan Daerah Terbaik. Jakarta : Salemba Empat.
Zulkarnaen, W., & Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.