PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN BIDANG SUMBER DAYA INSANI (SDI) RUMAH SAKIT MUHAMMADIYAH BANDUNG

  • Rahmat Rusmayadi STIE Muhammadiyah Bandung
  • Indra Sasangka STIE Muhammadiyah Bandung

Abstract

Sumber daya manusia (SDM) merupakan aset yang sangat penting dalam suatu organisasi perusahaan, maka diperlukan suatu usaha untuk mengolah secara profesional agar terwujud suatu keseimbangan antara kebutuhan karyawan dengan keinginan tujuan perusahaan. Agar pencapaian tujuan perusahaan dapat dicapai diperlukan upaya, agar perusahaan mampu menciptakan situasi dan kondisi yang mendorong dan memungkinkan karyawan mengembangkan kemampuan dan keterampilan yang dimiliki secara optimal untuk meningkatkan kinerjanya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap kinerja karyawan bidang sumber daya insani pada Rumah Sakit Muhammadiyah Bandung. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah kinerja karyawan, sedangkan variabel independen dalam penelitian ini adalah kepemimpinan transformasional.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisi deskriptife verifikatif. Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit Muhammadiyah Bandung dengan populasi karyawan bidang sumber daya insani yang berjumlah 32 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 32 orang karyawan karena merupakan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner (Angket). Uji validitas dan realibilitas data formula korelasi Cronvabch‟s alpha. Teknik analisis data yang digunakan, Regresi linier sederhana dan koefisien determinasi.
Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh yang sangat signifikan Kepemimpinan Transformasional terhadap kinerja karyawan bidang sumber daya insani pada Rumah Sakit Muhammadiyah Bandung.

Published
2017-05-08
How to Cite
Rusmayadi, R., & Sasangka, I. (2017). PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN BIDANG SUMBER DAYA INSANI (SDI) RUMAH SAKIT MUHAMMADIYAH BANDUNG. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 1(2), 64-79. https://doi.org/10.31955/mea.vol1.iss2.pp64-79