MENGEKSPLORASI MENTAL ACCOUNTING PADA PEMENUHAN KEBUTUHAN DAN SELF-REWARD MAHASISWA GENERASI Z

  • Kevin Firmansyah Universitas Tanjungpura
  • Wukuf Dilvan Rafa Universitas Tanjungpura
  • Juanda Astarani Universitas Tanjungpura

Abstract

Mental accounting adalah suatu konsep perilaku keuangan yang menjelaskan cara seseorang dalam memisahkan dan mengelola keuangannya berdasarkan pos atau kategori tertentu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi penerapan mental accounting dalam mengelola keuangan untuk kebutuhan utama dan keinginan self-reward oleh mahasiswa Generasi Z. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara terstruktur, dan dokumentasi dengan narasumber yang berasal dari dua perguruan tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa Generasi Z telah menerapkan perilaku mental accounting dalam mengelola keuangan untuk kebutuhan dan keinginan self-reward, walaupun tidak seluruhnya memahami makna teoritis dari mental accounting itu sendiri. Terdapat pula perbedaan dalam perlakuan terhadap sumber dana, sebagian mahasiswa lebih konsumtif ketika menggunakan uang dari orang tua atau beasiswa, sedangkan uang dari pekerjaan digunakan lebih hati-hati. Terdapat beberapa cara mahasiswa dalam mencatat pengeluarannya, misalnya: mencatat secara sederhana, melalui ingatan, atau dari riwayat pengeluaran uang di aplikasi perbankan. Dalam konteks pemenuhan kebutuhan, mayoritas mahasiswa telah mengalokasikan dana secara terstruktur dan terencana. Namun, dalam konteks self-reward, ada beberapa mahasiswa yang melakukan penganggaran, namun ada juga yang memotong langsung dari gaji atau kebutuhannya. Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan perilaku mental accounting cukup bervariasi di kalangan mahasiswa Generasi Z dan dipengaruhi oleh pengalaman, pemahaman, dan kebiasaan mereka. Oleh karena itu, penting untuk mengembangkan program literasi keuangan yang dapat meningkatkan kesadaran mereka dalam mengelola keuangan pribadi.

Author Biographies

Kevin Firmansyah, Universitas Tanjungpura

Prodi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Universitas Tanjungpura, Kota Pontianak

Wukuf Dilvan Rafa, Universitas Tanjungpura

Prodi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Tanjungpura, Kota Pontianak

Juanda Astarani, Universitas Tanjungpura

Prodi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Universitas Tanjungpura, Kota Pontianak

References

Aini, S. N., Wahyudi, & Siswantini, T. (2021). Analisis Perilaku Keuangan Generasi Z Pada Mahasiswa UPN Veteran Jakarta di Masa Pandemi. Jurnal Riset Bisnis, 5(1), 74–85. https://doi.org/10.35814/jrb.v5i1.2605
Anggasta, G., & Puspitasari, D. G. G. (2024). Implikasi Budaya Self-Reward Terhadap Konsumtivitas: Studi Kasus Gen-Z. Jurnal Media Akademik (JMA), 2(12), 1–10. https://doi.org/10.62281/v2i12.1388
Aprillia, S. N. T., Damaiyanti, V. P., & Hidayah, S. (2021). Gaya Hidup Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lambung Mangkurat. Indonesian Journal of Sociology, Education, and Development, 3(2), 129–136.
Ardimansyah, Yulindisti, E., & Ginting, R. (2023). Mental Accounting dengan Memaknai Kondisi Keuangan Mahasiswa Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 11(1), 29–38. https://doi.org/10.26740/jpak.v11n1.p29-38
Asep, & Djajanti, A. (2023). Determinan Perilaku Generasi Milenial Dalam Keputusan Investasi Berdasarkan Teori Prospek (2023). Jurnal Riset Perbankan, Manajemen Dan Akuntansi, 8(1), 34–44. https://doi.org/10.56174/jrpma.v8i1.172
Bari, M., & Hidayat, R. (2022). Teori Hirarki Kebutuhan Maslow terhadap Keputusan Pembelian Merek Gadget. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 7(1), 8–14. https://doi.org/10.32502/mti.v7i1.4303
Brata, H., Hartiningsih, D. M., & Dosinta, N. F. (2022). Malleable Mental Accounting Dan Makna Kebahagiaan Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 13(1), 16–31. https://doi.org/10.21776/ub.jamal.2021.13.1.02
Candrakusuma, D. A., & Dewinda, M. C. (2024). Penerapan Mental Accounting dalam Pengelolaan Keuangan Pribadi Mahasiswa Generasi Zelenial. Edunomika, 8(2), 1–8. https://doi.org/10.29040/jie.v8i2.13466
Fauzi, M. H., Putri, S. D., Fadhilah, A. R., Kurniati, M., Pebriani, A. R., Putra, M. R. E., & Rozak, R. W. A. (2024). Analisis Tingkat Literasi Keuangan dalam Pengelolaan Finansial Pribadi Mahasiswa. Akuntansi Pajak Dan Kebijakan Ekonomi Digital (APKE), 1(2), 37–50. https://doi.org/10.61132/apke.v1i2.74
Ismia, F. K., Udzikrilah, S., & Pratiwi, P. D. (2024). Pengaruh Mental Accounting dan Literasi Keuangan Terhadap Financial Behaviour dengan Dimediasi Gaya Hidup Konsumtif Mahasiswa Aktif di DKI Jakarta. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi (JIMEKA), 9(2), 118–130. https://doi.org/10.24815/jimeka.v9i2.30045
Kusumawardani, M., Maryati, S., Adhitama, F., Dwirini, Soediro, A., & Farhan, M. (2022). Peningkatan Pencatatan Akuntansi Keuangan Pribadi dan Keluarga Melalui Metode Manual dan Metode Teknologi Berbasis Aplikasi. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 555–565. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v3i2.1920
Melia, & Yantiana, N. (2023). Mengungkap Peran Mental Accounting dalam Pengelolaan Keuangan Geprek Generation. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 11(3), 275–287. https://doi.org/10.26740/jpak.v11n3.p275-287
Putra, H. A., & Halpiah. (2023). Makna Uang dan Pilihan Investasi Berdasarkan Mental Accounting pada Gen Z. Jurnal Riset Dan Aplikasi: Akuntansi Dan Manajemen, 6(3), 309–322. https://doi.org/10.33795/jraam.v6i3.004
Ramadhani, O., & Khoirunisa. (2025). Generasi Z dan Teknologi: Gaya Hidup Generasi Z di Era Digital. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 323–331. https://doi.org/https://doi.org/10.54066/jupendis.v3i1.2916
Ricardo, W. N., & Ginting, R. (2023). Mental Accounting dan Problematika Pola Perilaku Keuangan Working Student: Berhasil Atau Gagalkah? Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 11(3), 267–274. https://doi.org/10.26740/jpak.v11n3.p267-274
Rifani, R. A., Kamidin, M., & Ramdani, M. R. (2024). Mental Accounting and Self-Control Over Daily Expenses of Students. Accounting & Finance Journal, 2(2), 57–63. https://doi.org/10.56341/aafj.v2i2.526
Rosalina, E., Rahim, R., Husni, T., & Alfarisi, F. (2021). Mental Budgeting dan Motivasi Terhadap Pengelolaan Keuangan Individu. Journal of Applied Accounting and Taxation, 6(2), 175–182. https://doi.org/10.30871/jaat.v6i2.3008
Rumbik, F. E., Kurniawan, R., & Ginting, R. (2024). Menguak Perilaku Konsumtif Generasi Z dalam Penggunaan Digital Payment dan Literasi Keuangan Berdasarkan Mental Accounting: Sebuah Studi Fenomenologi. Jurnal Akuntansi AKUNESA, 12(2), 163–171.
Sahir, S. H. (2022). Metodologi Penelitian. Bantul: KBM Indonesia.
Swacha-Lech, M., & Solarz, M. (2019). Mental Accounting in the Context of Savings and Credit Decisions Evidence from Poland. Argumenta Oeconomica, 2(43), 351–384. https://doi.org/10.15611/aoe.2019.2.15
Wahyuningsari, D., Hamzah, M. R., Arofah, N., Hilmiyah, L., & Laili, I. (2022). Maraknya Hedonisme Berkedok Self Reward. Jurnal Ilmu Sosial Humaniora Indonesia, 2(1), 7–11. https://doi.org/10.52436/1.jishi.24
Yuniarsih, E., Tiarani, R., Fariyanda, R., Raki, E. Y. A., & Damayanti, F. (2024). Pengaruh Gaya Hidup dan Mental Accounting terhadap Pengelolaan Keuangan Mahasiswa Penerima KIP Kuliah (Studi Kasus: Mahasiswa FEB UNTAN). Jurnal Audit Dan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura, 13(1), 111–137. https://doi.org/10.26418/jaakfe.v13i1.81912
Zulkarnaen, W., Fitriani, I. D., & Yuningsih, N. (2020). Pengembangan Supply Chain Management dalam Pengelolaan Distribusi Logistik Pemilu yang Lebih Tepat Jenis, Tepat Jumlah dan Tepat Waktu Berbasis Human Resources Competency Development Di KPU Jawa Barat. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 4(2), 222–243. https://doi.org/10.31955/mea.v4i2.372
Published
2025-07-15
How to Cite
Firmansyah, K., Rafa, W., & Astarani, J. (2025). MENGEKSPLORASI MENTAL ACCOUNTING PADA PEMENUHAN KEBUTUHAN DAN SELF-REWARD MAHASISWA GENERASI Z. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 9(2), 1511-1533. https://doi.org/10.31955/mea.v9i2.5806
Section
Articles