PENGARUH PENGETAHUAN INVESTASI, MODAL INVESTASI, DAN MOTIVASI TERHADAP MINAT INVESTASI DI ERA GEN Z
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan investasi,modal investasi,dan motivasi investasi terhadap minat berinvestasi Generasi Z.Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode purposive sampling dengan 100 sampel Generasi Z.Dalam penelitian ini,Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan regresi linear berganda melalui program SPSS Windows Versi 27.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan investasi,modal investasi,dan motivasi investasi secara signifikan berpengaruh terhadap minat berinvestasi pada generasi z.Pemahaman dasar mengenai penelitian ini adalah pentingnya meningkatkan pengetahuan investasi,ketersediaan modal dan motivasi investasi dapat menjadi kunci dalam mendorong generasi Z untuk memulai berinvestasi dipasar keuangan.
References
https://doi.org/10.33603/ejpe.v7i2.2352
Listyani, T. T., Rois, M., & Prihati, S. (2019). Analisis Pengaruh Pengetahua Investasi,Pelatihan Pasar Modal, Modal Investasi Minimal Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Investasi Mahasiswa Di Pasar Modal (Studi Pada Pt Phintraco Sekuritas Branch Office Semarang). Jurnal Aktual Akuntansi Keuangan Bisnis Terapan (AKUNBISNIS), 2(1).
https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32497/akunbisnis.v2i1.152
Suaputra, G. A. S., Suparlinah,I.& Sujono, S. (2021). PENGARUH PENGETAHUAN PASAR MODAL,PERSEPSI RISIKO INVESTASI, PENGGUNAAN TEKNOLOGI TERHADAP PERILAKU MAHASISWA BERINVESTASI DI PASAR MODAL (Studi Empiris pada Galeri Investasi di Purwokerto). Kompartemen : Jurnal Ilmiah Akuntansi, 19(1), 70.https://doi.org/10.30595/kompartemen.v19i1.11225
Adiningtyas, S., & Hakim, L. (2022). Pengaruh Pengetahuan Investasi, Motivasi, dan Uang Saku terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi di Pasar Modal Syariah dengan Risiko
Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis Vol. 2, No. 1 September 2024, Hal. 238-250
Investasi sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 474–482 Amhalmad, I., & Irianto, A. (2019). Pengaruh Pengetahuan Investasi dan Motivasi Investasi Terhadap Minat Berinvestasi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. Jurnal EcoGen, 2, Nomor 4.
Saputra, D. (2018). Pengaruh Manfaat, Modal, Motivasi, dan Edukasi Terhadap Minat Berinvestasi di Pasar Modal (Studi pada Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Balikpapan). Future Jurnal Manajemen DanAkuntansi, 5(2), 178–190. http://jurnal.uniyap.ac.id/jurnal/index.php/future/article/view/406
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Marpaung, Enjelina. 2022. TikTok Marketing dan Online Costumer Review Terhadap Keputusan Pembelian. Bandung: Riyanto, Bambang. "Modal Sosial dan Modal Manusia dalam Perspektif Ekonomi Pembangunan". Gramedia Literasi.
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.