PENGARUH STRATEGI PROMOSI TERHADAP LOYALITAS SISWA/I PADA SMP MUHAMMADIYAH 4 MARGAHAYU KAB.BANDUNG

  • Budi Sadarman STIE Muhammadiyah Bandung
  • Indra Sasangka STIE Muhammadiyah Bandung

Abstract

Strategi promosi merupakan upaya menarik sebanyak mungkin orang agar mau menggunakan jasa atau barang yang dijual oleh suatu lembaga maupun perusahaan. Dalam hal ini dapat diibaratkan bahwa sekolah merupakan sebuah lembaga yang menjual jasa pendidikan yang bertujuan memperoleh siswa untuk tertarik dan loyal bersekolah di sekolah yang dimaksud.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. yang meneliti status kelompok manusia, suatu objek, suatu setting kondisi, suatu system pemikiran, ataupun suatu kelas peristiwa pada masa sekarang. Studi kasus merupakan penelitian yang terperinci mengenai suatu obyek tertentu selama kurun waktu tertentu, termasuk lingkungan dan kondisi masa lalunya dengan cukup mendalam dan menyeluruh. Tujuan dari penelitian deskripsi ini yang mengambil penelitian dengan metode studi kasus adalah membuat deskripsi, gambaran, yang terjadi saat sekarang, masa lalu maupun masa yang akan datang.
Hasil penelitian menunjukan bahwa 100 persen variabel hasilnya >0,3 dan dinyatakan valid, dengan demikian seluruh item kuesioner dapat diikut sertakan dalam penelitian selanjutnya serta tingkat reliabilitas seluruh variabel tinggi karena nilai alpha cronbach ≥ 0,60, sehingga dapat dinyatakan seluruh item dalam kuesioner adalah reliabel dan dapat dilanjutkan ke analisis selanjutnya.
Kesimpulan dari penelitian ini terdapat pengaruh strategi promosi terhadap loyalitas siswa/i pada SMP Muhammadiyah 4 Margahayu. Hal ini dibuktikan dari hasil pengukuran regresi sederhana terdapat pengaruh strategi promosi terhadap loyalitas siswa/i sebesar 50,8 persen serta nilai t hitung dan signifikan yang telah dijelaskan pada bab sebelumnya. Hasil Persentase dan pengujian tersebut menyimpulkan strategi promosi yang dilakukan SMP Muhammadiyah telah dinilai cukup baik karena dapat mempengaruhi setengah lebih dari penciptaan loyalitas siswa/i. sementara sisanya sebesar 49,2 persen dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini, misalnya kualitas pelayanan dan variabel lainnya.

Published
2017-05-08
How to Cite
Sadarman, B., & Sasangka, I. (2017). PENGARUH STRATEGI PROMOSI TERHADAP LOYALITAS SISWA/I PADA SMP MUHAMMADIYAH 4 MARGAHAYU KAB.BANDUNG. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 1(2), 22-40. https://doi.org/10.31955/mea.vol1.iss2.pp22-40

Most read articles by the same author(s)