PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL TOYOTA AVANZA PADA AUTO 2000 CABANG ASIA AFRIKA BANDUNG

  • Yayan Sofyan STIE Muhammadiyah Bandung
  • Yeni Andriyani STIE Muhammadiyah Bandung

Abstract

Keputusan untuk membeli suatu produk sangat dipengaruhi oleh penilaian akan bentuk kualitas produk tersebut. Tuntutan permintaan akan sebuah produk barang yang semakin berkualitas membuat perusahaan yang bergerak diberbagai bidang usaha berlomba-lomba meningkatkan kualitas produk yang mereka miliki demi mepertahankan Brand Image (citra merek) produk yang mereka miliki. Merek mempunyai sifat khas, dan sifat khas inilah yang membedakan produk yang satu berbeda dengan produk yang lainnya.Salah satu industri yang tumbuh pesat sampai saat ini adalah industri otomotif, perkembangannya ditunjang dengan bertambah luasnya sarana jalan, peningkatan pendapatan masyarakat yang meningkat menempatkan mobil bukan lagi untuk golongan menengah keatas.Kenyataan ini merupakan peluang yang dimanfaatkan oleh produsen mobil dengan mengeluarkan berbagai jenis dan merek yang dikeluarkan di Indonesia.dengan sendirinya kendaraan yang dipasarkan mampu menarik minat konsumen.
Penelitian ini dilaksanakan di Auto 2000 Cabang Bandung.Model penelitian yang digunakan yakni dengan metode deskriptif dengan melakukan observasi, wawancara, kuesioner dan studi kepustakaan yang dilakukan secara sistematik berdasarkan tujuan penelitian. Metode analisis yang digunakan adalah dengan metode analisis regresi linear sederhana, dengan menggunakan uji hipotesis yaitu uji t. Kemudian menggunakan perhitungan korelasi untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dan signifikansi citra merek (brand image)terhadap pengambilan keputusan pembelian mobil Toyota Avanza pada Auto 2000 Cabang Bandung.
Dari hasil penelitian diketahui bahwa seluruh item pertanyaanmenunjukkan hasil yang valid dimana semua nilai R kritis-nya berada di atas nilai titik kritis yaitu >0.273. Sedangkan hasil uji reliabilitas pada variabel tersebut menunjukkan hasil yang reliabel dimana semua nilai R kritis-nya berada di atas nilai titik kritis yaitu > 0.600 dengan rincian : R kritis variabel citra merek sebesar 0.927 serta R kritis variabel keputusan pembelian sebesar 0.722.Koefisien determinasi merupakan koefisien yang digunakan untuk mengetahui besarnya kontribusi variabel citra merek terhadap perubahan variabel keputusan pembelian, sesuai dengan hasil perhitungan diperoleh 85,4% dengan demikian kontribusi 14,6% merupakan kontribusi variabel lain yang tidak diteliti.
Citra merek Mobil Toyota Kijang Avanza Pada Auto 2000 Cabang Bandung cukup baik menurut baik menurut persepsi konsumen. Adapun keputusan pembelian Mobil Toyota Avanza pada Auto 2000 Cabang Bandung cukup baik menurut persepsi konsumenCitra merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Mobil Toyota Avanza pada Auto 2000 Cabang Bandung.

Published
2017-05-08
How to Cite
Sofyan, Y., & Andriyani, Y. (2017). PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL TOYOTA AVANZA PADA AUTO 2000 CABANG ASIA AFRIKA BANDUNG. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 1(2), 1-21. https://doi.org/10.31955/mea.vol1.iss2.pp1-21

Most read articles by the same author(s)