ANALISIS STRATEGI BERSAING ADAM TOUR & TRAVEL MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT

  • Satria Akbar Fawwaz Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Moh Agung Surianto Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Penelitian ini menganalisis strategi bersaing yang diterapkan Adam Tour & Travel dengan menggunakan analisis SWOT. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Dalam menggunakan teknik kualitatif, peneliti berusaha melibatkan pihak internal dan eksternal yang terlibat dalam keadaan atau fenomena tersebut untuk memperoleh penyajian naratif atas kejadian atau peristiwa tersebut. Teknik pengumpulan data yang diterapkan adalah wawancara dan observasi terhadap owner dan karyawan Adam Tour & Travel. Data yang diperoleh kemudian akan dianalisis menggunakan SWOT untuk diperoleh kekuatan, kelemahan, peluang, serta ancaman sebagai strategi bagi perusahaan. Hasil penelitian yang ditunjukan oleh matrik SWOT bahwa perusahaan beberapa kekuatan dan kelemahan. Kekuatan yang dimiliki Adam Tour dan Travel antara lain pelayanan pelanggan yang berkualitas tinggi, memiliki pemahaman tentang destinasi lokal dan mampu bekerjasama dengan penyedia layanan lokal dan selalu berinovasi dalam menawarkan paket wisata yang disesuaikan sesuai kebutuhan individu pelanggan sehingga memungkinkan untuk menjangkau berbagai segmen pasar.

References

Agustina, E. S., Ramadhani, S., & Cahyadi, T. W. (2019). Strategi Beraing Terkait Dengan Era 4.0 Dalam Produk UKM (Kasus Pada UKM Teknik Rotan H. Muhid Hulu Sungai Utara). Inovatif, 77.
Andriani, T. A., & Surianto, M. A. (2024). Analisis Implementasi Digital Marketing di National Eye Center. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5(3), 1752-1767
Arifin, M. Z., Desembrianita, E., & Surianto, M. A. (2021). Strategi Pemasaran Aka Coffe Gresik di Era Pandemi Covid-19 Melalui Analisis SWOT. Jurnal SENOPATI: Sustainability, Ergonomics, Optimization, and Application of Industrial Engineering, 2(2), 92-101.
Budiarto, A. (2020). Peran Agen Perjalanan dalam Pariwisata Indonesia. Jurnal Pariwisata, 12(1), 45-58.
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Sage Publications.
Elvana, Y., Hariyati, Setianto, Budhi. Analisis SWOT Untuk Menentukan Strategi Bersaing Saat Masa Pandemi COVID-19 Pada Rumah Sakit Islam Surabaya. (2022) Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4.11: 5132-5147.
Fatimah, F., Tyas, Wenny, M. (2020) Strategi Bersaing Umkm Rumah Makan Di Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Penelitian IPTEKS, 5.2: 245-253.
Haryansah, Septian, E. (2024). Strategi Bersaing Pada Cafe Arion Dengan Menggunakan Analisis Swot. Journal Of Economic And Business, 1.1: 2539.
Hasanah, U., Winarti, I., & Puteri, D. R. A. (2024). Inovasi Kemasan dan Pemasaran Ukm Kerupuk Pattola Untuk Meningkatkan Pendapatan Desa Gadingsari. Agrifo: Jurnal Agribisnis Universitas Malikussaleh, 8(1), 25- 35.
Hendri, S. (2020). Reputasi Brand dalam Industri Pariwisata. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 10(3), 75-89.
Kamaluddin, Iqbal. (2020). Analisis SWOT Untuk Merumuskan Strategi Bersaing Pada Pt. Menara Angkasa Semesta Cabang Sentani. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2020, 1.4: 342-354.
Kementerian Pariwisata. (2021). Laporan Tahunan Pariwisata Indonesia 2020. Jakarta: Kementerian Pariwisata.
Masruroh, A., Putri, S. M., Ichwayudi, B., & Solikin, A. (2023). Strategi Bersaing UMKM di Tengah Pandemi Covid-19 Menggunakan Analisis SWOT (Studi Kasus UMKM Arusmaya Tuban). Jurnal Manajemen Dan Inovasi (MANOVA), 6(1), 1-14.Miles & Huberman. (2015). Teknik analisis data interaktif. Dalam Rohmadi & Nasucha, 87-88.
Moleong, L. J. (2007). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Prabowo, Y. (2023). Tren Pariwisata Berbasis Pengalaman di Indonesia. Jurnal Ekonomi Kreatif, 8(1), 25-35.
sPurba, A. B., Suliantoro, H., & Rumita, R. (2015). Perancangan Strategi Bisnis dengan Menggunakan Matriks SWOT (Studi Kasus: Bank Jateng Pusat Semarang). Industrial Engineering Online Journal, 4(4).
Rahma, A. N., & Pradhanawati, A. (2018). Strategi Bersaing Produk UKM Lunpia dengan Menggunakan Analisis Five Forces Porter dan SWOT (Kasus pada UKM Lunpia Kings Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 7(2), 171- 185.
Rizal, M. (2022). Pemasaran Digital dalam Pariwisata. Jurnal Teknologi Informasi, 5(4), 60- 72.
Rokhaenisza, P. A., & Madiawati, P. N. (2018). Penggunaan Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi. e-Proceeding Management, 11664.
Sari, D. (2022). Analisis Kompetisi di Sektor Pariwisata. Jurnal Manajemen Strategis, 7(2), 88-101.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Sukmawati, R. (2021). Dampak Kebijakan Pemerintah terhadap Sektor Pariwisata. Jurnal Kebijakan Publik, 14(2), 50-65.
Taneja, S. (2021). SWOT Analysis in Strategic Management. International Journal of Business Studies, 9(3), 112-120.
Wahyu, F. (2022). Mengembangkan Daya Saing di Pasar Pariwisata. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 11(2), 35-50
Yuniarti, L., & Hidayat, W. (2017). Analisis Strategi Bersaing Pada UKM Laundry. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 3.
Zulkarnaen, W., Fitriani, I., & Yuningsih, N. (2020). Pengembangan Supply Chain Management Dalam Pengelolaan Distribusi Logistik Pemilu Yang Lebih Tepat Jenis, Tepat Jumlah Dan Tepat Waktu Berbasis Human Resources Competency Development Di KPU Jawa Barat. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(2), 222-243. https://doi.org/10.31955/mea.vol4.iss2.pp222-243.
Published
2025-01-05
How to Cite
Fawwaz, S., & Surianto, M. (2025). ANALISIS STRATEGI BERSAING ADAM TOUR & TRAVEL MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 9(1), 1-17. https://doi.org/10.31955/mea.v9i1.4927
Section
Articles