ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN PRODUK BRANKAS PADA CV. XYZ
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan konsumen terhadap produk brankas yang diproduksi oleh CV. XYZ. Kepuasan konsumen diukur melalui beberapa aspek utama, seperti kualitas produk, harga, kualitas layanan, emosional, dan biaya. Berdasarkan wawancara mendalam dengan beberapa konsumen, ditemukan bahwa sebagian besar konsumen merasa puas dengan produk yang ditawarkan. Konsumen memberikan apresiasi terhadap ketangguhan brankas yang dilengkapi dengan fitur keamanan ganda, seperti kunci kombinasi, kunci sentral, dan kunci anak kombinasi, serta kualitas material yang kokoh dengan standar SNI. Dari segi tampilan, brankas dinilai memiliki desain yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan estetika konsumen. Selain itu, para konsumen juga merasa puas dengan pelayanan yang diberikan oleh CV. XYZ, terutama dalam hal respon cepat terhadap permasalahan produk. Keandalan produk dalam menjaga keamanan barang berharga dari pencurian dan kerusakan menjadi salah satu faktor yang paling diapresiasi oleh konsumen. Meskipun harga tergolong lebih tinggi tetapi sebanding dengan kualitas produknya, serta adanya pemberian garansi. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif melalui wawancara yang mendalam dengan para infoman. Teknik analisis yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan pengambilan keputusan atau verifikasi. Dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa CV. XYZ berhasil memenuhi ekspektasi konsumen melalui produk yang berkualitas dan pelayanan yang memuaskan, sehingga tingkat kepuasan konsumen terhadap produk brankas CV. XYZ cenderung meningkat dari tahun ke tahun.
References
Handayani, S., Isnaini, D., & Afrianty, N. (2023). Strategi Pelayanan Untuk Meningkatkan Kepuasan Konsumen Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam (Pada Toko My Lova Kota Bengkulu). Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis.
Hasan, H. (2022). Pengembangan sistem informasi Dokumen Terpusat pada STMK Tideore Mandiri. Jurnal Sistem Informasi Dan Komputer, 23-29.
Hasan, S. (2020). Kunci Sukses Kepuasan Pelanggan. Banten: Media Madani.
Herawati, N., & Sulistyowati, M. (2020). Strategi Meningkatkan Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Melalui Citra Merek, Kualitas Produk, dan Promosi Pada Pelanggan Smartphone Samsung. Jurnal Ekonomi Dan Perbankan, 214-226.
Hermanto. (2019). Pelayanan, Kepuasan, dan Loyalitas Pelanggan. Surabaya: CV. Jakad Publishing Surabaya.
Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.
Kaddas, F., Djumadil, N., & Ikana, S. (2022). Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Produk Gula Kelapa di Desa Sidomulyo Kecamatan Wasile Timur Kabupaten Halmahera Timur. Jurnal Agribisnis Perikanan, 578-585.
Kasinem. (2020). Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Bukit Serelo Lahat. Jurnal Media Wahana Ekonometrika, 329-3339.
Kharisma, D., Simatupang, S., & Hutagalung, H. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Konsumen Pada UD. Restu Mulia Pandan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Akuntansi Medan, 32-42.
Kumrotin, E. L., & Susanti, A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Kafe Ko.We.Cok di Solo. Jurnal Manajemen Indonesia, 1-14.
Maranatha, C. P., & Yudha, E. P. (2024). Kepuasan Konsumen Terhadap Produk Serbuk Kedelai Manusia. Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 682-692.
N, M. N., Weny, W., & Anggraini, D. (2022). Analisis Kepuasan Konsumen Berbelanja di Toko Tas Raja Medan. Jurnal Sains dan Teknologi, 478-482.
Neriwati, Lena, M. S., Nendra, F., Rahim, Z., & Tricia, A. (2023). Praktik Observasi Sekolah. Bojonegoro: Mazda Media.
Orlando, J., & Harjati, L. (2022). Pengaruh Atribut Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen di Rumah Makan Aa Fried Chicken Sindangbarang Bogor. Journal Of Accounting and Management Innovation, 49-66.
Rifa'i, K. (2023). Kepuasan Konsumen. UIN Khas Press: Jember.
Ritonga, W. (2020). Pemasaran. Surabaya: PT. Muara Karya.
Rizqiyah, N. L., & Surianto, M. A. (2021). The Influence Of Service Quality, Customer Satisfaction And Company Image On Customer Loyalty At PT. X. Innovation Research Journal, 34-43.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitiian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumadi, Tho'in, M., Efendi, T. F., & Permatasari, D. (2021). Pengaruh Strategi Pemasarran Syariah, Kepuasan Konsumen dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 1117-1127.
Susanti, L., & Zein, A. (2024). Manajemen Kepuasan Pelanggan. Jawa Tengah: CV. Eureka Media Aksara.
Wahyudin, Suryanty, M., & Badrudin, R. (2019). Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Layanan Pasar Modern di Kota Bengkulu. Kajian Masalah Sosial Ekonomi Pertanian dan Agribisnis, 153-164.
Yolanda, V., Suyono, & Wijayanti, I. K. (2020). Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Produk Keripik Salak UMKM Salak Cristal di Kecamatan Turi Kabupaten Sleman Yogyakarta. Agribisnis Forum, 131-144.
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.