PENGARUH PELATIHAN DASAR MANAJEMEN TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN PADA DIVISI SPECIAL ASSET MANAGEMENT (SAM) DI PT. BPR SYARIAH SHADIQ AMANAH BANDUNG

  • Indra Sasangka STIE Muhammadiyah Bandung

Abstract

Salah satu faktor terpenting dalam perusahaan adalah sumber daya manusia, karena manusia merupakan penggerak seluruh aktifitas di dalam perusahaan itu sendiri. Sebagai manusia karyawan memiliki pikiran dan perasaan yang mempengaruhi jalannya kegiatan perusahaan. Namun semua itu harus didukung oleh pelatihan-pelatihan yang tepat bagi sebuah perusahaan.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Dimana dengan metode deskriptif kita akan menyelidiki keadaan kondisi atau hal-hal lain yang sudah terjadi dalam sebuah kancah, lapangan atau wilayah tertentu, data yang terkumpul diklarifikasikan atau dikelompok-kelompokan menurut jenis, sifat atau kondisinya. Sesudah datanya lengkap kemudian dibuat kesimpulan.

Nilai korelasi tiap item pernyataan dengan skor yang diperoleh lebih besar dari 0,361 sehingga dapat disimpulkan bahwa item pernyataan yang digunakan adalah valid dan dapat digunakan dalam analisis data selanjutnya.Berdasarkan hasil analisis menggunakan Rank Spearman tersebut menunjukan bahwa koefisien korelasi antara pelatihan dasar manajemen (MT) dengan prestasi kerja karyawan sebesar 0,926. Artinya terlihat adanya hubungan yang sangat  kuat antara variable pelatihan dasar manajemen dengan prestasi kerja karyawan.

Pengaruh pelatihan dasar manajemen terhadap prestasi kerja karyawan pada Divisi Special assets Management (SAM) PT. BPR Syariah Shadiq Amanah. Berdasar kan Dari hasil penelitian sebesar 85,75%, hal ini berarti bahwa prestasi kerja yang dicapai selama ini oleh Divisi Special Asset Management dipengaruhi oleh pelatihan dasar manajemen, dimana besaran pengaruh pelatihan tersebut sebesar 85,75%, sedangkan sisanya sebesar 14,25% dipengaruhi oleh variabel lain misalnya promosi, kom[ensasi, disiplin kerja dan lainnya yang tidak diteliti oleh penulis.

Published
2016-12-01
How to Cite
Sasangka, I. (2016). PENGARUH PELATIHAN DASAR MANAJEMEN TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN PADA DIVISI SPECIAL ASSET MANAGEMENT (SAM) DI PT. BPR SYARIAH SHADIQ AMANAH BANDUNG. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 1(1), 71-93. https://doi.org/10.31955/mea.vol1.iss1.pp71-93