DAMPAK KINERJA PERUSAHAAN, LIKUIDITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP TRANSPARANSI CSR : PERSPEKTIF KEBERLANJUTAN KORPORAT
Abstract
Seiring dengan meningkatnya perhatian publik terhadap isu keberlanjutan dan tanggung jawab sosial, perusahaan diharapkan untuk lebih transparan dalam mengungkapkan aktivitas corporate social responsibility (CSR) mereka sebagai bagian dari strategi bisnis yang berkelanjutan. Seiring dengan meningkatnya kesadaran global tentang isu-isu sosial dan lingkungan, ada kecenderungan bahwa perusahaan dengan kinerja keuangan yang baik semakin terbuka dalam pengungkapan tanggung jawab sosialnya. Penelitian ini dilakukan di perusahaan pertambangan periode 2019-2021 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penentuan sampel menggunakan purposive sampling dan mendapatkan sampel sebanyak 42 perusahaan pertambangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kinerja perusahaan tidak berpengaruh pada pengungkapan corporate social responsibility dan likuiditas tidak berpengaruh pada pengungkapan corporate social responsibility. Sedangkan ukuran perusahaan berpengaruh positif pada pengungkapan corporate social responsibility.
References
Astuti, W. (2021). Pengaruh Pengungkapan Sustainability Reporting Terhadap Manajemen Laba Dengan Corporate Governance Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Riset Akuntansi, 6(2), 187–200.
Attoriq, M. N., & Sulistyowati, E. (2022). Pengaruh Kinerja Keuangan dan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Pertanian Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 1187–1201.
Baumgartner, R. J. (2014). Managing Corporate Sustainability and CSR: A Conceptual Framework Combining Values, Strategies and Instruments Contributing to Sustainable Development. Corporate Social Responsibility and Environmental Management, 21, 258–271.
Boulouta, I., & Pitelis, C. N. (2014). Who Needs CSR? The Impact of Corporate Social Responsibility on National Competitiveness. J Bus Ethics, 119, 349–364.
Cahyani, M. D., & Hariyono, A. (2023). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage dan Likuiditas Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibily . Jurnal Riset Akuntansi Aksioma, 22(2), 229–242.
Conesa, J. A. B., Nieto, C. de N., & Peñalver, A. J. B. (2017). CSR Strategy in Technology Companies: Its Influence on Performance, Competitiveness and Sustainability. Corporate Social Responsibility and Environmental Management, 24, 96–107.
Darmawan, A., Putragita, Y., Purnadi, & Aryoko, Y. P. (2020). Pengaruh Profitabilitas Dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Moderasi dan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Kontrol. Balance : Jurnal Akuntansi Dan Bisnis, 5(1), 83–92.
Fangestu, F., Putra, Y. A., Jenny, Cindy, Liawardi, L., & Afiezan, H. A. (2020). Pengaruh Kinerja Keuangan, Tata Kelola Perusahaan dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) Terhadap Nilai Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Pada Periode 2014-2018. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 4(3), 777–793.
Faraji, O., Daryakenari, F. J., Mansouri, K., & Moti, Y. (2020). Corporate Social Responsibility and Firm Value: The Mediating Role of Earnings Management. Jscm.Ut.Ac.Ir, 7(1). https://doi.org/10.22059/jscm.2019.276161.1792
Fatimatuzzahro, & Alliyah, S. (2023). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Kontemporer (JAKK), 6(1), 43–50.
Firda, Y., & Efriad, A. R. (2020). Pengaruh CSR Disclosure, Firm Size Dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Moderasi Perusahaan Pertambangan di BEI. Indonesian Journal of Economics Application, 2(1), 34–43.
Firdausi, S., & Prihandana, W. A. (2022). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas Dan Leverage Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Studi Impiris Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Indeks Sri Kehati Tahun 2014 - 2018). AKUNESA: Jurnal Akuntansi Unisa, 10(2), 1–12.
Herleni, S., Asmeri, R., & Sunreni. (2021). Pengaruh Likuiditas Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Corporate Social Responsibility (Studi Empiris Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar di BEI Periode 2014 - 2018). Pareso Jurnal, 3(1), 57–68.
Irawan, A. (2022). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Dan Leverage Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. JURNAL ILMIAH CORE IT, 10(3), 109–118.
Iskandar, D., & Fran, E. (2016). The Effect of Carbon Emissions Disclosure and Corporate Social Responsibility on the Firm Value with Environmental Performance as Variable Control. Research Journal of Finance and Accounting, 7(9), 122–130.
Karundeng, F., Nangoi, G. B., & Karamoy, H. (2017). Analisis Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas, Kepemilikan Manajemen, dan Ukuran Perusahaan sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012 - 2016). Jurnal Riset Akuntansi Dan Auditing “Goodwill,” 8(2), 1–10.
Lozano, C. P. P.-, & Collazzo, P. (2022). Corporate social responsibility, green innovation and competitiveness – causality in manufacturing. International Business Journal, 32(7), 21–39.
Lukitaningsih, A., & Lestari, F. (2023). Pengaruh brand image, brand trust dan brand ambassador terhadap keputusan pembelian produk smartphone. FORUM EKONOMI : Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 25(1), 89–96.
Mardiana, I. B. A., Arizona, I. P. E., & Hartini, M. L. S. (2023). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Leverage, Ukuran Perusahaan dan Ukuran Dewan Komisaris terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility. 5(1), 34–45.
Mariani, D., & Suryani. (2018). Pengaruh Enterprise Risk Management Disclosure, Intellectual Capital Disclosure Dan Corporate Social Responsibility Disclosure Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 7(2), 119–138.
Marin, L., Martín, P. J., & Rubio, A. (2017). Doing Good and Different! The Mediation Effect of Innovation and Investment on the Influence of CSR on Competitiveness. Corporate Social Responsibility and Environmental Management, 24, 159–171.
Newman, C., Rand, J., Tarp, F., & Trifkovic, N. (2020). Corporate Social Responsibility in a Competitive Business Environment. The Journal of Development Studies, 56(8), 1455–1472.
Nuraini, & Ratnasari, I. (2022). Pengaruh Profitabilitas Dan Likuiditas Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 24(2), 149–154.
Platonova, E., Asutay, M., Dixon, R., & Mohammad, S. (2018). The Impact of Corporate Social Responsibility Disclosure on Financial Performance: Evidence from the GCC Islamic Banking Sector. Journal of Business Ethics, 151, 451–471.
Purba, I. A. P. L., & Candradewi, M. R. (2019). Pengaruh Leverage, Likuiditas, Profitabilitas Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility. E-Jurnal Manajemen, 8(9), 5372–5400.
Putri, K. G. A., & Wirakusuma, M. G. (2020). Profitabilitas Sebagai Pemoderasi Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Pada Nilai Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 30(1), 28–38. https://doi.org/10.24843/eja.2020.v30.i01.p03
Ratmono, D., Purwanto, A., & Cahyonowati, N. (2014). Hubungan Tingkat Pengungkapan dan Kinerja Corporate Social Responsibility Serta Manajemen Laba: Pengujian Teori Ekonomi dan Sosio-Politis. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 16(2), 63–73.
Samosir, E. M. (2022). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Leverage, Ukuran Perusahaan, Dan Ukuran Dewan Komisaris Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR). Jurnal Informasi Akuntansi, 1(3), 28–42.
Sari, R., Wahyudi, T., & Isnurhadi. (2018). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Dan Jumlah Komite Audit Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderator Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 2(1).
Scherer, A. G., & Palazzo, G. (2011). The New Political Role of Business in a Globalized World: A Review of a New Perspective on CSR and its Implications for the Firm, Governance, and Democracy. Journal of Management Studies, 899–931.
Steurer, R. (2010). The role of governments in corporate social responsibility: characterising public policies on CSR in Europe. Policy Sci, 43, 49–72.
Suharto, G. N., Gama, A. W. S., & Astiti, N. P. Y. (2022). Pengaruh Corporate Social Responsibility Dan Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Dan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal EMAS, 3(9), 1–14.
Teng, S. H., Cahyani, A., Isabella, S. O., & Aisyah, F. E. (2022). Pengaruh Profitablititas, Likuiditas, Leverage, dan Ukuran Perusahaan terhadap Pengungkapan CSR pada Perusahaan SubSektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di BEI Tahun 2017-2019. Owner : Riset Dan Jurnal Akuntansi, 6(2), 1464–1474.
Tumanan, N., & Ratnawati, D. (2021). Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas dan Leverage terhadap Nilai Perusahaan, CSR sebagai Pemoderasi. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 14(1), 123–136.
Utama, A. S. (2018). Pelaksanaan Tanggung Jawab Sosial Dan Lingkungan Perusahaan Berdasarkan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Kecamatan Rumbai Pesisir Kota Pekanbaru. Jurnal Cendekia Hukum, 4(1), 26–36.
Wardani, D. K., & Wahdiyansyah. (2023). Pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Nilai Perusahaan dengan Corporate Social Responsibility. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 6(10), 7585–7589.
Wulandari, N. A., & Septiani, A. (2017). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas Dan Leverage Terhadap Sustainability Disclosure. Dipenogoro Journal Of Accounting, 6(4), 1–8.
Yurika, & Viriany. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Likuiditas, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Pengungkapan CSR. Jurnal Multiparadigma Akuntansi, 1(3), 703–711.
Zhang, Y., & Yang, F. (2021). Corporate Social Responsibility Disclosure: Responding to Investors’ Criticism on Social Media. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18, 1–27.
Zhao, J. (2021). Reimagining Corporate Social Responsibility in the Era of COVID-19: Embedding Resilience and Promoting Corporate Social Competence. Sustainability, 13, 1–28.
Zulkarnaen, W., Fitriani, I., & Yuningsih, N. (2020). Pengembangan Supply Chain Management Dalam Pengelolaan Distribusi Logistik Pemilu Yang Lebih Tepat Jenis, Tepat Jumlah Dan Tepat Waktu Berbasis Human Resources Competency Development Di KPU Jawa Barat. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(2), 222-243. https://doi.org/10.31955/mea.vol4.iss2.pp222-243.
Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.