SOSIALISASI PAJAK SEBAGAI PEMODERASI PENGARUH INSENTIF PAJAK TERHADAP KEPATUHAN UMKM
Abstract
Kepatuhan wajib pajak usaha mikro, kecil, dan menengah dapat membantu pemerintah dalam mengumpulkan pendapatan perpajakan yang diperlukan untuk pembangunan dan penyediaan layanan publik. Dimana dalam hal ini insentif pajak dapat dapat meningkatkan motivasi wajib pajak usaha mikro, kecil, dan menengah untuk memanfaatkan insentif dan mematuhi kewajiban perpajakan. Penerapan insentif pajak dapat mengurangi beban pajak yang harus dibayar oleh wajib pajak usaha mikro, kecil, dan menengah, sehingga mereka cenderung lebih patuh dalam menjalankan kewajiban perpajakan dan memanfaatkan insentif pajak yang telah diberikan. Populasi dalam penelitian ini adalah wajib pajak usaha mikro, kecil dan menengah yang terdapata di Kota Denpasar, dengan jumlah sampel sebanyak 100 wajib pajak. Penentuan sampel menggunakan simple random sampling, dengan menggunakan rumus Slovin. Hasil penelitian menunjukan bahwa insentif pajak berpengaruh pada kepatuhan wajib pajak usaha mikro, kecil dan menengah, sedangkan sosialisasi pajak memperlemah pengaruh insentif pajak pada kepatuhan wajib pajak.
References
Agun, W. A. N. U., Datrini, L. K., & Amlayasa, A. A. B. (2022b). Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Memenuhi Kewajiban Perpajakan Orang Pribadi . WICAKSANA, Jurnal Lingkungan & Pembangunan, 6(1), 23–31.
Agustiana, O., Nuridah, S., & Sagitarius, E. (2023). Pengaruh Insentif Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Orang Pribadi Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pada UMKM Di Jakarta Utara). INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(4), 8548–8562.
Amah, N., Febrilyantri, C., & Lestari, N. D. (2023). Insentif Pajak Dan Tingkat Kepercayaan: Pengaruhnya Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Jurnal Ekonomi, 28(1), 1–19.
Andreansyah, F. (2022). Analisis Pengaruh Insentif Pajak, Sanksi Pajak Dan Pelayanan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, 5(2), 2097–2104.
Anjelina, S., Frederica, D., & Iskandar, D. (2023). Kepatuhan Wajib Pajak UMKM dengan Sosialisasi Pajak sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 11(1), 119–130.
Dewi, S., Widyasari, & Nataherwin. (2020). Pengaruh Insentif Pajak, Tarif Pajak, Sanksi Pajak Dan Pelayanan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ekonomika Dan Manajemen, 9(2), 108–124.
Guna, W. I., Amini, S. A., Firmansyah, A., & Trisnawati, E. (2022). Kepatuhan Wajib Pajak Badan Selama Era Pandemi Covid-19: Insentif Pajak, Sosialisasi Perpajakan Dan Kesadaran Wajib Pajak. Jurnal Pajak Indonesia, 6(25), 613–625.
Habu, R. E., Ayem, S., & Kusuma, D. (2021). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pemahaman ESAK EMKM Dan Relaksasi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah Di Kota Yogyakarta. Amnesty: Jurnal Riset Perpajakan, 4(2), 357–375.
Handita, I. G. A. D., & Aditya, G. N. I. A. (2023). Pengaruh Insentif Pajak Orang Pribadi Umkm Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Umkm Yang Terdaftar Di KPP Pratama Denpasar Barat. Jurnal Akuntansi Malikussaleh, 2(3), 459–488.
Harefa, M. S., & Sidabutar, R. C. D. (2023). Pengaruh Insentif Pajak Terhadap Kepatuhan Perpajakan Pelaku UMKM Pada Kabupaten Deli Serdang. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2), 465–479.
Henriette, G., & Erasashanti, A. P. (2023). Analisis Pengaruh Insentif Pajak, Tingkat Pendapatan, Dan Digitalisasi Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM Di Era Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Wajib Pajak UMKM Wilayah Jakarta Timur). Jurnal Maneksi, 12(3), 573–580.
Khalifah, N., & Nadi, L. (2024). Pengaruh Insentif Pajak, Literasi Keuangan Terhadap Keberlangsungan Usaha Pelaku UMKM di Parungpanjang. ECo-Fin, 6(1), 74–84.
Kusuma, I. G. K. C. B. A. (2022). Implementasi Insentif Pajak Menurut Model G Edward III. Jurnal Pajak Dan Keuangan Negara, 3(2), 236–248.
Lestari, P. (2023). Pengaruh Insentif Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM Dengan Pemahaman Perpajakan Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Cahaya Mandalika.
Mahanani, S., Retnoningsih, S., & Syarif, M. N. (2022). Analisis Sosialisasi Dan Pemahaman Perpajakan Terhadap Efektivitas Insentif Pajak Pada Masa Pandemi Covid-19. Owner: Riset & Jurnal Akuntansi, 6(2), 1880–1887.
Putri, R. N., Budiman, N. A., & Zamrud Mirah, D. (2022). Kepatuhan Pajak UMKM dan Determinannya. Jurnal Kewirausahaan, 8(4), 350–362.
Rahman, D. F. S. (2022). Analisa Niat Kepatuhan Wajib Pajak Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Berdasarkan Persepektif Theory Of Planned Behavior. Tera Ilmu Akuntansi, 23(2), 62–75.
Riyanti, B., & Sudarmawanti, E. (2022). Meningkatkan kepatuhan Wajib Pajak UMKM pada era New Normal melalui pemberian insentif pajak, peningkatan kondisi keuangan dan Kesadaran Pajak. Owner: Riset & Jurnal Akuntansi, 6(2), 2167–2179.
Santoso, A. (2023). Rumus Slovin: Panacea Masalah Ukuran Sampel. Suksma: Jurnal Psikologi Universitas Sanata Dharma, 4(2), 24–43.
Sari, E. P., Gunawan, Y., & Elvina. (2022). Pengaruh Kepercayaan Kepada Pemerintah, Kebijakan Insentif Dan Manfaat Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 6(3), 712–732.
Sari, H. A. Y., Makaryanawati, & Edwy, F. M. (2020). Pengaruh Sosialisasi Pajak Terhadap Realisasi Penerimaan Pajak dengan Kepatuhan Wajib Pajak Sebagai Variabel Intervening. Owner: Riset Dan Jurnal Akuntansi, 4(2), 603–615.
Siahaan, S., & Halimatusyadiah. (2018). Pengaruh Kesadaran Perpajakan, Sosialisasi Perpajakan, Pelayanan Fiskus Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Jurnal Akuntansi , 8(1), 1–13.
Sinta, D., & Charolina, O. (2023). Efektivitas Insentif Pajak UMKM Di Indonesia: Sebuah Meta Analisis. Jurnal Ikraith-Ekonomika, 6(2).
Sitorus, B. R., & Gunarso, P. (2023). Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Sosialisasi Perpajakan, dan Insentif Pajak UMKM di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM di Kota Malang. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Perpajakan, 48–57.
Tanujaya, J., & Ngadiman. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemanfaatan Insentif Pajak Penghasilan Final Ditanggung Pemerintah. Jurnal Multiparadigma Akuntansi, 3(3), 1334–1341.
Valenty, Y. A., & Kusuma, H. (2019). Determinan kepatuhan pajak: perspektif theory of planned behavior dan teori institusional. Proceeding of National Conference On Accounting and Finance, 1, 47–56.
Walidain, M. B. (2021). Pengaruh Insentif Pajak, Sosialisasi Pajak Dan Self Assesment System Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM Saat Pandemi Covid-19 . Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(12), 1118–1132.
Wardani, D. K., & Wati, E. (2018). Pengaruh Sosialisasi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dengan Pengetahuan Perpajakan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Kebumen). Jurnal Nominal, 7(1), 33–54.
Yulistiani, V., Yusup, M., Rahman, R. S., & Lasmaya, S. M. (2022). Pengaruh Insentif Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM Masa Pandemi Covid-19 (Studi pada salah satu KPP di Kota Bandung) . Acman: Accounting and Management Journal, 2(1), 20–30.
Zaikin, M., Pagalung, G., & Rasyid, S. (2023). Pengaruh Pengetahuan Wajib Pajak dan Sosialisasi Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dengan Kesadaran Wajib Pajak sebagai Variabel Intervening. Owner: Riset & Jurnal Akuntansi, 7(1), 57–76.
Zulkarnaen, W., Fitriani, I., & Yuningsih, N. (2020). Pengembangan Supply Chain Management Dalam Pengelolaan Distribusi Logistik Pemilu Yang Lebih Tepat Jenis, Tepat Jumlah Dan Tepat Waktu Berbasis Human Resources Competency Development Di KPU Jawa Barat. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(2), 222-243. https://doi.org/10.31955/mea.vol4.iss2.pp222-243.
Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.