PENGARUH HARGA, GAYA HIDUP, KUALITAS DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION DI ECOMMERCE ZALORA
Abstract
Pertumbuhan pengguna internet di Indonesia mendorong peningkatan aktivitas e-commerce, termasuk di Zalora. Penelitian dilakukan untuk menguji pengaruh harga, gaya hidup, kualitas produk, dan promosi terhadap keputusan pembelian di ecommerce Zalora. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode sampling mengunakan Purposive Sampling. Sampel penelitian terdiri dari 125 responden yang merupakan pengguna aktif Zalora di kalangan mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga, kualitas, dan promosi memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Harga produk fashion menunjukkan pengaruh yang signifikan (t hitung = 4.048, signifikansi = 0.000), di mana harga yang kompetitif menjadi pertimbangan utama konsumen. Kualitas produk juga berpengaruh signifikan (t hitung = 2.424, signifikansi = 0.017), dengan konsumen cenderung memilih produk berkualitas tinggi. Promosi terbukti menjadi faktor paling berpengaruh (t hitung = 6.263, signifikansi = 0.000), di mana berbagai bentuk promosi efektif menarik minat beli konsumen. Sebaliknya, gaya hidup tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (t hitung = 0.689, signifikansi = 0.492). Kesimpulannya penelitian ini dapat memberikan indikasi terhadap ecommerce Zalora untuk meningkatkan keputusan pembelian produk fashion.
References
Caroline, S., & Tjiptodjojo, K. I. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Zalora. Universitas Kristen Maranatha Jl. Surya Sumantri No, 65(022), 2012186.
Dewi, L., Anataya, B., & Hidni, D. (2024). The Influence of Advertising and Influencer Reviews on Purchasing Decisions of DeeVa. BIP’s JURNAL BISNIS PERSPEKTIF, 16(1), 1–14. https://doi.org/10.37477/bip.v16i1.506
Ernawati, R. (2021). Analisis Pengaruh Promosi, Harga, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian pada Situs E-commerce Zalora di Jakarta. Business Management Analysis Journal (BMAJ), 4(2), 80–98. https://doi.org/10.24176/bmaj.v4i2.6663
Fatah, I. E. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Zalora. Seminar Nasional Ke-Indonesiaan VII FPIPSKR Universitas PGRI Semarang, 1218-1226.
Febindra, & Artina, N. (2024). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Di E-Commerce Zalora. MDP Student Conference (MSC), 811–815. https://doi.org/10.58217/joce-ip.v16i2.268
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Pogram IBM SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Edisi Sembilan.
Hair, J., Hult, G., Ringel, C., & Sarstedt, M. (2019). A primer on Patial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). America: SAGE Publication, Inc
Hidayah, N. M., & Sari, D. K. (2021). Influence Of Price Discount, In-Store Display, And Shopping Lifestyle On Impulse Buying At Umama Gallery Sidoarjo. JBMP (Jurnal Bisnis, Manajemen dan Perbankan, 7(1), 1-9. doi:10.21070/jbmp.v7i1.1338
Kotiyah, Roslina, & Nabila, N. (2023). Pengaruh Kepercayaan dan Kemudahan Transaksi TerhadapKeputusan Pembelian Online di Zalora Indonesia. Economics and Digital Business Review, 4(2), 459–478. www.topbrandaward.com
Novianti, R. A., Arifin, R., & Hufron, M. (2019). Pengaruh harga, kepercayaan, kemudahan, kualitas informasi, dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian secara online pada situs zalora (studi pada mahasiswa kos perumahan griya shanta eksekutif malang). E-Jurnal Riset Manajemen, 60–76.
Nugraha, S. S. (2018). The Effect Of Price Perception And Service Quality On Brand Image For Improving Interest In Using Go-Jek (Study On Go-Jek In Semarang City). JSP: Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, 17(1), 53-62. Retrieved from https://doi.org/10.14710/jspi.v17i1.53-62
NyomanRusmiati, N., & Purnami, A. A. S. (2022). The Influence of Threat Emotion, Brand Trust, and Electronic Word of Mouth on Online Fashion Product Purchase Decisions on the Zalora Site. International Journal of Management Studies and Social Science Research, 04(05), 58–65. https://doi.org/10.56293/ijmsssr.2022.4508
Rahmanisa, F., & Mardhiyah, A. (2022). Pengaruh Gaya Hidup dan Persepsi Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion pada Marketplace Shopee (Studi Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura). Journal of Social Research, 1(10), 1189–1198. https://doi.org/10.55324/josr.v1i10.250
Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif. Sleman: Deepublish.
Sekaran, U., & Bougie, R. (2017). Metode Penelitian untuk Bisnis Pendekatan Pengembangan-Keahlian, Edisi 6. Jakarta: Salemba Empat.
Simangunsong, Y. S., & Rozaini, N. (2023). Pengaruh Nilai Transaksi Bisnis E-Commerce Dan Jumlah Pengguna Internet Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Indonesia (Studi Kasus Tahun 2012-2022). Jurnal Ilmiah Multidisipline, 1(4), 49–58. https://doi.org/
Siregar, S. (2017). Metode Penelitian KUANTITATIF. Jakarta: Kencana.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D / Sugiyono Ed. 3. Bandung: Alfabeta.
Yusuf, R., Hendrayati, H., Veranita, M., Agustina, G., & Pramanik, N. D. (2021). The Influence Of Price, Promotion And Marketing Event On Customers’ Repurchasing Decision Of Flashy Products. JBMP (Jurnal Bisnis, Manajemen dan Perbankan), 7(1), 1-9. doi:10.21070/jbmp.v7i1.1324
Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.