PENGARUH COGNITIVE BIAS TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI DENGAN LITERASI KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA GENERASI Z DI BANDUNG RAYA
Abstract
Pada saat ini, masyarakat Indonesia semakin banyak melakukan investasi di pasar modal, tetapi masih banyak yang kurang memahami, sehingga sering mengalami kerugian akibat keputusan emosional dan literasi yang kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap hubungan cognitive bias, keputusan investasi, dan literasi keuangan pada generasi Z di Bandung Raya yang berinvestasi di pasar modal. Overconfidence, herding behavior, trait anger, dan trait anxiety menjadi fokus penelitian, dimana literasi keuangan diharapkan memoderasi hubungan tersebut. Melalui pendekatan kuantitatif dan analisis deskriptif terhadap 400 responden generasi Z di Bandung Raya, penelitian ini menemukan bahwa cognitive bias tersebut memengaruhi keputusan investasi, namun literasi keuangan tidak memoderasi pengaruhnya. Rekomendasi penelitian termasuk dukungan dari pihak OJK untuk edukasi investor pemula, peningkatan program pendukung, dan keamanan investasi yang lebih baik, serta dorongan kepada Generasi Z untuk meningkatkan pengetahuan mereka tentang investasi.
References
Afriyadi, A. D. (2023, August 3). Biang Kerok Warga RI Kejeblos Investasi Bodong: Ingin Cepat Kaya dan FOMO. Detik Finance. https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-6856478/biang-kerok-warga-ri-kejeblos-investasi-bodong-ingin-cepat-kaya-fomo
Aqilla, F., & Juanda. (2023). Pengaruh Overconfidence, Trait Anger, Trait Anxiety, Herding Effect, dan Self-Monitoring terhadap Keputusan Investasi Investor di Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 8(4), 888–906.
Badan Pusat Statistik. (2021). Sensus BPS: Saat Ini Indonesia Didominasi Gen Z. https://demakkab.bps.go.id/news/2021/01/21/67/hasil-sensus-penduduk-2020.html
Banchman, R. F., Hirsheleifer, D., & Keim, D. A. (2018). Behavioral Finance: A Critical Perspective. Routledge.
Binekasri, R. (2023). Investor Pasar Modal 11,3 Juta Orang, Jawa Barat Terbanyak. CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/market/20230803161241-17-459928/investor-pasar-modal-113-juta-orang-jawa-barat-terbanyak
Data Indonesia. (2022). Ada 68,66 Juta Generasi Z di Indonesia, Ini Sebarannya. https://dataindonesia.id/varia/detail/ada-6866-juta-generasi-z-di-indonesia-ini-sebarannya
Firli, A., Dalilah, A., & Rahadian, D. (2021). Influence of financial literacy, financial attitude, and parental income on personal financial management behaviour: a case study on the millennial generation in Indonesia. International Journal of Trade and Global Markets, 14(2), 206. https://doi.org/10.1504/IJTGM.2021.114066
Gazel, S. (2015). The Regret Aversion as an Investor Bias. International Journal of Business and Management Studies, 4(2), 419–424.
Hatammimi, J., & Krisnawati, A. (2018). Financial Literacy for Entrepreneur in the Industry 4.0 era. Proceedings of the 2018 10th International Conference on Information Management and Engineering, 183–187. https://doi.org/10.1145/3285957.3285985
Hii, I. S. H., Li, X., & Zhu, H. (2023). Behavioural Biases and Investment Decisions during COVID-19: An Empirical Study of Chinese Investors. Jurnal Institutions and Economies, 15(3), 81–103. https://doi.org/10.22452/IJIE.vol15no3.4
Kahneman, D., & Tversky, A. (1978). Prospect theory: An analysis of decision under risk. In Econometrica (2nd ed., Vol. 47, pp. 263–291). https://doi.org/10.1017/CBO9780511609220.014
Karunia, A. M., & Movanita, A. N. K. (2021, August 10). OJK Temukan 110 Kasus Pelanggaran Investasi, Paling Banyak Terkait Transaksi dan Lembaga Efek . Kompas.Com. https://money.kompas.com/read/2021/08/10/150723226/ojk-temukan-110-kasus-pelanggaran-investasi-paling-banyak-terkait-transaksi
Khairiyati, C., & Krisnawati, A. (2019). Analisis Pengaruh Literasi Keuangan terhadap Keputusan Investasi pada Masyarakat Kota Bandung.
Malkiel, B. G. (2015). A Random Walk Down Wall Street: The Time-tested Strategy for Successful Investing (11th ed.). W. W. Norton & Company.
Octrina, F., Rizal, N. A., Krisnawati, A., & Hendayani, R. (2023). Sosialisasi Literasi Keuangan dan Investasi bagi Gen Z. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(5), 4195. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i5.16751
Otoritas Jasa Keuangan. (2016). Pasar Modal.
Otoritas Jasa Keuangan. (2022). Infografis Hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan Tahun 2022. https://ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/info-terkini/Pages/Infografis-Survei-Nasional-Literasi-dan-Inklusi-Keuangan-Tahun-2022.aspx
Rahman, M., & Gan, S. S. (2020). Generation Y Investment Decision: an Analysis using Behavioural Factors. Managerial Finance, 46(8), 1023–1041. https://doi.org/10.1108/MF-10-2018-0534
Sidik, S. (2020, November 17). RI Susah Maju karena Literasi Keuangan Rendah, Cuma 37% Gaes! CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/market/20201117132955-17-202428/ri-susah-maju-karena-literasi-keuangan-rendah-cuma-37-gaes
Statman, M. (2019). The Behavior of Investors: A Survey of Evidence and Theory.
Stillman, D., & Stillman, J. (2018). Generasi Z : Memahami Karakter Generasi Baru yang akan mengubah Dunia Kerja. PT Gramedia Pustaka Utama.
Tandelilin, E. (2017). Pasar Modal Manajemen Portofolio & Investasi. PT Kanisius.
Thebez, N. C. (2020). Pengaruh Bias Kognitif terhadap Pengambilan Keputusan Investasi Saham Pada Generasi Z di Surabaya dengan Finansial Literasi Sebagai Variabel Moderasi.
Usriyono, E., & Wahyudi, S. (2023). The Investment Decision of Millenial Generation: an Analysis using Financial Literacy and Financial Behavior. Corporate Governance and Organizational Behavior Review, 7(2), 8–14. https://doi.org/10.22495/cgobrv7i2p1
Violeta, J., & Linawati, N. (2019). Pengaruh Anger Traits, Anxiety Traits, dan Faktor Demografi terhadap Keputusan Investasi.
Wendy, W. (2021). Efek Interaksi Literasi Keuangan dalam Keputusan Investasi: Pengajuan Bias-Bias Psikologi. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Kewirausahaan, 10(1), 36. https://doi.org/10.26418/jebik.v10i1.43403
Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.