PERAN CONTENT MARKETING INSTAGRAM SEBAGAI STRATEGI MENUMBUHKAN BRAND AWARENESS PADA USAHA SPRINGSHOP_PLW

  • Eva Octaviana Universitas Tadulako, Kota Palu
  • Zakiyah Zahara Universitas Tadulako, Kota Palu
  • Ponirin Ponirin Universitas Tadulako, Kota Palu
  • Farid Farid Universitas Tadulako, Kota Palu

Abstract

Instagram telah menjadi salah satu media sosial yang paling populer dan berpengaruh, sehingga efektif untuk pemasaran produk dan membangun brand awareness. Salah satu strategi yang populer adalah content marketing. Banyak bisnis, termasuk Springshop_Plw, memanfaatkan content marketing di Instagram untuk memasarkan produk mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran content marketing Instagram sebagai strategi untuk menumbuhkan brand awareness di Springshop_Plw. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Dimana dalam perolehan data dilakukan melalui proses observasi , wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Penelitian ini menganalisis implementasi strategi content marketing Instagram Springshop_Plw berdasarkan delapan tahapan yang dikemukakan oleh Kotler. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Springshop_Plw efektif menggunakan berbagai fitur Instagram seperti Reels, Feeds, Stories, dan Highlights untuk meningkatkan interaksi dan jangkauan. Analisis data Instagram menunjukkan peningkatan jumlah pengunjung yang signifikan dari 440 menjadi 604 dalam jangka waktu 90 hari, yang menunjukkan adanya pertumbuhan brand awareness. Content marketing, khususnya Reels, berkinerja baik dalam menarik perhatian pengguna. Studi ini menyimpulkan bahwa strategi pemasaran konten Instagram Springshop_Plw berhasil meningkatkan kesadaran merek, mengubah status audiens dari tidak menyadari merek menjadi pengenalan merek dalam piramida kesadaran merek. Penelitian ini menunjukkan bahwa pemasaran konten di Instagram dapat menjadi strategi yang efektif untuk membangun kesadaran merek bagi bisnis kecil seperti Springshop_Plw.

Kata Kunci: Pemasaran Konten, Instagram, Kesadaran Merek, Pemasaran Media Sosial

References

Annur, C. M. (2023). 10 negara dengan jumlah pengguna Instagram terbanyak di dunia (Oktober 2023). Databoks.
Apriliani, R., & Hanifa, F. H. (2020). Pengaruh Brand Awarenss Terhadap Keputusan Pembelian (studi Pada Konsumen Expert Course Bandung Tahun 2020). eProceedings of Applied Science, 6(2), 983-994.
Atmoko, B. D. (2012). Instagram handbook. Media Kita.
Irdewanti, E., & Setianti, Y. (2023). Strategi content marketing suara telfon untuk meningkatkan brand awareness. Jurnal Common, 7(1), 84-96.
Kertamukti, R. (2015). Strategi kreatif dalam periklanan: Konsep pesan, media, branding, anggaran. Rajawali Pers.
Khairani, Z. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Online (Studi–Membangun Brand Awareness Melalui Content Marketing Store Markaz Kaos Kaki). (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry).
Kotler, P., Kertajaya, H., & Setiawan, I. (2017). Marketing 4.0 Moving from Traditional to Digital. Canada: John Wiley & Sons, Inc. Hoboken, New Jersey.
Lokito, S., Hartono, D. D., & Ade, M. S. (2018). Perencanaan strategi pemasaran content marketing Buleleng Bali Coffee. Jurnal DKV Adiwarna, 1(12).
Maghfiroh, M., & Rahmawati, N. (2024). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Serta Membangun Brand Awareness Pada Umkm Rengginang Gr Wedoro. Jurnal Nusantara Berbakti, 2(1), 153-166.
Maola, I., & Luthfi, H. (2022). Analisis Pengaruh Content Marketing Terhadap Brand Awareness Pada Layanan PT. Sasana Solusi Digital (Studi Kasus Instagram@ Marketingstudio. Id) Tahun 2022. eProceedings of Applied Science, 8(5). 435-440.
Moleong, L. J. (2017). Metodologi penelitian kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mumpuni, A., & Cahyani, L. (2021). Pengaruh Content Marketing Melalui Instagram Terhadap Brand Image Konsumen Pada Comfort Of Chocolate Tahun 2020. eProceedings of Applied Science, 7(3). 311-321.
Nabila, N. F., & Winarti, O. (2023). Penerapan Digital Marketing Dan Peran Content Creator Pada Media Sosial Guna Meningkatkan Brand Awareness PT. Otak Kanan Surabaya. Jurnal Informasi Pengabdian Masyarakat, 1(3), 136-146.
Rangkuti, F. (2004). The power of brands: Teknik mengelola brand equity dan strategi pengembangan merek plus analisis kasus dengan SPSS. Gramedia Pustaka Utama.
Ryan, D. (2017). Understanding digital marketing: Marketing strategies for engaging the digital generation (4th ed). Kogan Page.
Simamora, B. (2023). Perilaku konsumen dan strategi pemasaran untuk memenangkan persaingan bisnis. Gramedia Pustaka Utama.
Syam, D. L., & Mayangsari, I. D. (2024). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Brand Awareness : Studi Kasus Kandang Ayam Resto. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(1), 197–211. https://doi.org/10.47476/reslaj.v6i1.3268
Tjiptono, F., & Diana, A. (2021). Pemasaran digital: Konsep dan aplikasi. Andi Offset.
Widyaningrum, P. W. (2023). Digital marketing: Strategi pemasaran di era digital. Salemba Empat.
Yunita, D., Widad, A., Diah, Y. M., & Farla, W. (2021). Pembuatan Content Marketing sebagai Strategi Menumbuhkan Brand Awareness bagi Pelaku Usaha di Era Pandemi Covid-19. Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 2(2), 89–96. https://doi.org/10.29259/jscs.v2i2.38
Zahara, Z., Rombe, E., Ngatimun, N., & Suharsono, J. (2021). The effect of e-service quality, consumer trust and social media marketing on intention to use online transportation services. International Journal of Data and Network Science, 5(3), 471–478. https://doi.org/10.5267/j.ijdns.2021.4.001
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Published
2024-09-05
How to Cite
Octaviana, E., Zahara, Z., Ponirin, P., & Farid, F. (2024). PERAN CONTENT MARKETING INSTAGRAM SEBAGAI STRATEGI MENUMBUHKAN BRAND AWARENESS PADA USAHA SPRINGSHOP_PLW. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(3), 289-304. https://doi.org/10.31955/mea.v8i3.4432
Section
Articles