STUDI EMPIRIS : DAMPAK AKSESIBILITAS DAN CITRA DESTINASI TERHADAP KEINGINAN BERKUNJUNG KEMBALI KE PEMANDIAN ALAM SEMBAHE
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak aksesibilitas dan citra destinasi terhadap keinginan berkunjung kembali ke Pemandian Alam Sembahe. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui survei terhadap 98 responden yang pernah berkunjung ke Pemandian Alam Sembahe. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aksesibilitas dan citra destinasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keinginan berkunjung kembali ke Pemandian Alam Sembahe. Aksesibilitas yang mudah dijangkau dan citra destinasi yang positif akan meningkatkan keinginan wisatawan untuk berkunjung kembali.Implikasi penelitian ini adalah pentingnya menjaga dan meningkatkan aksesibilitas serta citra destinasi Pemandian Alam Sembahe untuk meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung kembali. Hal ini dapat dilakukan dengan memperbaiki infrastruktur jalan, menyediakan fasilitas yang lengkap, dan melakukan promosi yang efektif untuk meningkatkan citra destinasi.
References
Ariyani, R. M., Dhameria, V., & Suyitno, S. (2022). Pengaruh Daya Tarik Wisata dan Promosi Media Sosial terhadap Minat Berkunjung Kembali Wisatawan di Waduk Setu Patok Kabupaten Cirebon. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 6(2), 133–147.
Ath’af, S., & Sukaris, S. (2024). Pengaruh destination image, electronic word of mouth, dan accessibility terhadap decision to visit wisatawan pada Wisata Alam Gosari Kabupaten Gresik. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 7(2), 211–222.
Bambang Supriadi, S. E., Roedjinandari, N., & others. (2017). Perencanaan dan pengembangan destinasi pariwisata. Universitas Negeri Malang.
Charli, C. O., & others. (2020). Pengaruh social media marketing, fasilitas wisata dan citra destinasi wisata terhadap minat wisatawan berkunjung. Jurnal Ekobistek, 40–48.
Christy, R. A., & others. (2017). Pengembangan Potensi Pemandian Alam Sembahe untuk Meningkatkan Jumlah Kunjungan Wisata Alam di Kabupaten Deli Serdang. Universitas Sumatera Utara.
Darojat, I. (2021). Analisis Pengaruh Daya Tarik Wisata dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Berkunjung Ulang Dengan Kepuasan Pengunjung Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Citra Raya Water World). Dynamic Management Journal, 5(1), 23–37.
Daulay, S. H. P. P. (2022). Pengaruh Daya Tarik Wisata, Fasilitas Dan Aksesibilitas Terhadap Keputusan Berkunjung Ke Objek Wisata Pantai Bali Lestari. Jurnal Creative Agung, 12(2), 1–19.
Destorina, B. V., Pattaray, A., & others. (2024). Pengaruh Aksesibilitas dan Citra Destinasi terhadap Keinginan Berkunjung Kembali ke Danau Biru Karang Sidemen Lombok Tengah. Arus Jurnal Sosial Dan Humaniora, 4(1), 237–244.
Dewantara, M. H. (2019). Peran Gojek Sebagai Akses Publik Wisatawan di Bali dan Pelopor Ekonomi Kreatif. J. Master Pariwisata. Doi, 10.
Effendi, I., & Shunhaji, A. (2021). Consumer Factors Buying Organic Products in North Sumatera. Esensi : Jurnal Bisnis Dan Manajemen, December 2020. https://doi.org/10.51275/alim.v2i2.185
Hidayat, T. T. N., Chalil, C., & Sutomo, M. (2017). Pengaruh aksesibilitas dan citra destinasi terhadap niat berkunjung kembali ke Telaga Tambing. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT), 3(2), 201–212.
Huang, S., & Hsu, C. H. C. (2009). Effects of travel motivation, past experience, perceived constraint, and attitude on revisit intention. Journal of Travel Research, 48(1), 29–44.
Hutagalung, L. Y. B. (2020). Pengaruh Karakteristik Individu dan Citra Destinasi Terhadap Word of Mouth Melalui Kepuasan Pengunjung pada Obyek Wisata Gantang Rani Desa Sembahe Kecamatan Sibolangit. Universitas Sumatera Utara.
Jalilvand, M. R. (2017). Word-of-mouth vs. mass media: Their contributions to destination image formation. Anatolia, 28(2), 151–162.
Jalilvand, M. R., & Heidari, A. (2017). Comparing face-to-face and electronic word-of-mouth in destination image formation: The case of Iran. Information Technology \& People, 30(4), 710–735.
Kanwel, S., Lingqiang, Z., Asif, M., Hwang, J., Hussain, A., & Jameel, A. (2019). The influence of destination image on tourist loyalty and intention to visit: Testing a multiple mediation approach. Sustainability, 11(22), 6401.
Lamm, A. J., & Lamm, K. W. (2019). Using non-probability sampling methods in agricultural and extension education research. Journal of International Agricultural and Extension Education, 26(1), 52–59.
Lee, S., & Bai, B. (2016). Influence of popular culture on special interest tourists’ destination image. Tourism Management, 52, 161–169.
Listyawati, I. H. (2020). Pengaruh Fasilitas Wisata, Citra Destinasi, Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Wisatawan. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Akuntansi, 6(2), 35–44.
Lubis, A., & others. (2016). Pengaruh Strategi Promosi dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Beat Matic pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Medan Area.
Ma’rifah, A. N. (2023). Tingkat Literasi Aksesibilitas Wisatawan Domestik di Indonesia. Ekodestinasi, 1(1), 20–26.
Matondang, M. F. (2017). ANALISIS PENGEMBANGAN KECAMATAN SIBOLANGIT SEBAGAI KAWASAN STRATEGIS CEPAT TUMBUH KABUPATEN DELI SERDANG PROVINSI SUMATERA UTARA. Publikauma: Jurnal Administrasi Publik Universitas Medan Area, 5(1), 1–5.
Pandaleke, C. J., & Mananeke, L. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kunjungan Wisatawan di Kabupaten Minahasa Tenggara. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(4).
Putri, K. A. N. W., Liestiandre, H. K., & Nyoman, D. A. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Citra Destinasi Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Di Destinasi Wisata Ubud. Jurnal Kepariwisataan Vol, 21(1), 37.
Rosalina, D., Lubis, A., & Effendi, I. (2023). THE INFLUENCE OF SERVICE QUALITY DIMENSIONS ON CUSTOMER SATISFACTION OF ISLAMIC PEOPLE’S FINANCING BANKS IN MEDAN CITY. Jurnal Ekonomi, 12(01), 1105–1112.
Sangkaeng, S., Mananeke, L., & Oroh, S. G. (2015). Pengaruh Citra, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Objek Wisata Terhadap Kepuasan Wisatawan Di Objek Wisata Taman Laut Bunaken Sulawesi Utara. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(3).
Segara, S. C., Effendi, I., & Lubis, A. (2023). The influence of brand image and digital marketing on the decisions to visit tourists to improve the community’s economy in Sayum Sabah. Enrichment: Journal of Management, 13(2), 1536–1542.
Utami, A. T., Wufron, W., Wahid, A. A., & Rahayu, D. A. (2022). Minat Berkunjung Wisatawan Dianalisis Melalui Citra Destinasi dan Daya Tarik Wisata Kuliner Warung Terapung. Jurnal Wacana Ekonomi, 22(1), 48–58.
Yofina Mulyati, M., & others. (2019). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Berkunjung Wisatawan Domestik Ditinjau dari Perspektif Daya Tarik Destinasi Wisata Kota Bukitinggi. Menara Ilmu: Jurnal Penelitian Dan Kajian Ilmiah, 13(1).
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.