PENGARUH KUALITAS PRODUK, INOVASI PRODUK, CITRA MEREK DAN DIGITAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

  • Nasir Ma’ruf Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Alfalisyado Alfalisyado Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Wida Purwidianti Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Irawan Randikaparsa Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, inovasi produk, citra merek dan digital marketing terhadap keputusan pembelian pada konsumen mie Gaga di kota Cilacap. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen mie Gaga di kota Cilacap dengan menggunakan rumus roscoe sehingga didapati jumlah responden sebesar 100. Data penelitian ini diperoleh dengan penyebaran kuisioner dengan teknik purposive sampling. Olah data penelitian ini menggunakan SPSS 26. Hasil penelitian ini menunjukkan kualitas produk, citra merek, digital marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan inovasi produk tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Adjusted R2 dalam penelitian ini sebesar 0,438%, hal ini menunjukkan terdapat 56% variabel di luar penelitian ini yang mempengaruhi keputusan pembelian Mie Gaga. Penelitian ini diharapkan dapat menyumbangkan kontribusi akademis dalam bidang yang diteliti agar bisa menjadi referensi peneliti lain untuk melanjutkan atau mengembangkan penelitian yang sama dibidang manajemen pemasaran.

References

Aini, E. N., & Andjarwati, A. L. (2020). Pengaruh Gaya Hidup Konsumtif dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. 8(1), 17–28.
Alfalisyado, & Haryanto, T. (2023). The Effects of Product Quality , Price , and Product Design on Purchasing Decisions ( Study on Electric Motorcycle Owners in Purwokerto ). 5(4), 2021–2024.
Amalina, F. N. Anwar, R. N. (2024). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Baju “ Klambiku . Kids ” di Kota Madiun. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 12(1), 75–85.
Aziz, A. Kristiyana, N. (2019). Penerbitan Artikel Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Ponorogo Pengaruh Kualitas Produk, Promosi Dan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Hp Samsung Di Artomoro Celluler. 3(1), 58–65.
Chintya, M., & Rismawati. (2023). Pengaruh Brand Ambassador, Kualitas Produk Dan Citra MerekTerhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 12(7), 1–21.
Darsana, I. M. Salijah, E. (2023). Manajemen Operasional. Bali: CV. Intelektual Manifes Media.
Dr. Afrizal, S. E. M. M. Dr. Wargianto, S. E. M. M. (2022). Pengantar Bisnis. Publica Indonesia Utama.
Fadhillah, Y. Lubis, T. A. (2021). Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, Dan Media Sosial Terhadap Kinerja Pemasaran Dengan Keunggulan Bersaing Sebagai Intervening Pada Ukm Di Kota Jambi. Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan, 10(01), 1–15.
Fathul, M. Perdana, H. (2024). YUME : Journal of Management Pengaruh Digital Marketing , Brand Image , Dan Influencer Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Generasi Z di Kota Makassar. 7(1), 279–292.
Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 26 (Edisi 10). Universitas Diponegoro Semarang.
Hayati, E. Prayitno, D. H. (2023). Sentiment analysis on Indomie vs Gaga polemic using TikTok data. International Management Conference and Progressive Papers., 1, 498–507.
Inayati, T. Dewi, A. S. (2022). Pengaruh Digital Marketing , Electronic Word of Mouth , dan Lifestyle terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee Indonesia. Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri Terapan, 1(3), 202–209.
Irawan, I. A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Pada Aplikasi Online Dimasa Pandemi Covid-19. KELOLA: Jurnal Ilmiah Manajemen, 7(1), 9–16.
Islamey, A. V., & Maskur, A. (2023). Economics and Digital Business Review Pengaruh Inovasi Produk, Brand Image Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Swiss House Bakery Kota Semarang). Brand Image Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian…, 4(1), 767–774.
Jerome, M. E. (1960). Basic Marketing A Managerial Approach. Richard D. Irwin, INC.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2014). Prisciples Of Marketing. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Prinsip Prinsip Pemasaran (Edisi 13). Jakarta: Penerbit Erlangga.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles Of Marketing (Global Edition) (17 Edition). Pearson Education.
Kotler, P., & Lane Keller, K. (2016). Marketing Management (15 Global). Pearson Education.
Muhammad Adam, T. M. K. M. R. S. N. M. S. … Press, S. K. U. (2023). Retensi Konsumen UMKM dengan Memanfaatkan Social Media Marketing. Syiah Kuala University Press.
Mulyansyah, G. T., & Sulistyowati, R. (2020). Pengaruh Digital Marketing Berbasis Sosial Media terhadap Keputusan Pembelian Kuliner di Kawasan G-Walk Surabaya. Pendidikan Tata Niaga, 9(1), 1097–1103.
Nasution, S. L. Ramadhan, D. A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Kepercayaan, Kemudahan, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee (Survei pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Labuhan Batu). Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 7(1), 43–53.
Noviyan, S. Gayatri, L. A. I. (2019). Pengaruh Social Media Marketing, Celebrity Endorser, Brand Image, Electronic Word of Mouth, Dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 11(1), 9–25.
Nuryani, F. T. (2022). Determinasi Keputusan Pembelian: Harga, Promosi Dan Kualitas Produk (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 3(4), 452–462.
Nuryanti, N. Wati, J. A. (2023). Pengaruh Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, 12(1), 299–310.
Okhtavia, R., & Setiawan, M. budi. (2022). SEIKO : Journal of Management & Business Pengaruh Kualitas Produk , Citra Merek , Dan Inovasi Produk. 4(3), 357–369.
Prabowo, A. J., & Harsoyo, T. D. (2023). Pengaruh Viral Marketing, Digital Marketing Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Es Teh Indonesia. Citaconomia: Economic and Business Studies, 2(2), 60–80.
Putri Yunaji, A., & Dwiridotjahjono, J. (2023). Effect Of Perceived Quality and Brand Image On Loyalty Through Customer Satisfaction As An Intervening Variable (Study On Pop Mie Cunsumers in Rungkut, Surabaya) Pengaruh Persepsi Kualitas dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Pelanggan Seba. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(5), 5070–5085.
Rompis, Z. F. Moniharapon, S. M. (2024). The Influence Of Digital Marketing And Competitive Advantage On Purchasing Decisions For Culinary Msmes In Sodner Districk , Minahasa Jurnal EMBA Vol . 12 No . 01 Januari 2024 , Hal . 760-769. 12(01), 760–769.
Sarippudin, A., Fitriani, I. D., & Zulkarnaen, W. (2019). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Proses Keputusan Pembelian Handphone Samsung Di Itc Kebon Kalapa Bandung. Jurnal SEMAR: Sain Ekonomi Manajemen & Akuntansi Riviu, 1(3), 42-51.
Sofya, D. N., & Purwanto, S. (2021). Analisis Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Ulang “Slai O’lai.” JMK (Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan), 6(3), 28.
Syahidah, R. A. (2021). Humanis2021. Humanities Management and Science Proceedings, 1(2), 827–837.
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran (Edisi 4). Yogyakarta: Penerbit Andi.
Top Brand Index Beserta Kategori Lengkap | Top Brand Award. (n.d.).
Tumbel, A. L. Djemly, W. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Nissan Grand Livina PT. Wahana Wirawan Manado. 9(1), 1036–1046.
Widiastuti, E., & Mardiyanto, D. (2024). Analisis Pengaruh Inovasi Produk, Citra Merek, Dan Strategi Digital Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Lab Milk Di Sukoharjo. 8(1), 1–11.
World Instant Noodles Association. (n.d.). Diambil dari https://instantnoodles.org/en/
Published
2024-06-29
How to Cite
Ma’ruf, N., Alfalisyado, A., Purwidianti, W., & Randikaparsa, I. (2024). PENGARUH KUALITAS PRODUK, INOVASI PRODUK, CITRA MEREK DAN DIGITAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(2), 1314-1330. https://doi.org/10.31955/mea.v8i2.4106
Section
Articles