PENGARUH BRAND AMBASSADOR, BRAND IMAGE DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK GARNIER SAKURA GLOW
Abstract
Di masa sekarang, produk perawatan kulit tidak hanya diperuntukkan bagi wanita saja tetapi juga bermanfaat bagi pria. Kebutuhan era modern seperti sekarang ini menuntut seseorang untuk tampil sempurna dimanapun berada. Keragaman varian produk yang dimiliki oleh Garnier sangat banyak salah satunya yaitu Garnier Sakura Glow. Produk lama yang telah lama berdiri sejak tahun 1904 memiliki produk untuk kalangan pria maupun wanita. Kualitasnya yang dimiliki oleh Garnier Sakura Glow membuktikan bahwa produk yang ditawarkannya mampu bersaing di pasaran dan mampu bersaing dengan produk-produk baru yang baru saja muncul. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Brand Ambassador, Brand Image, kualitas produk, terhadap keputusan pembelian produk Garnier Sakura Glow. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif deskriptif dan menggunakan 100 responden sebagai sampel. Penelitian menggunakan teknik purposive sampling dalam menentukan sampel penelitian. Populasi dan sampel ini ialah para pengguna produk Garnier Sakura Glow yang pernah menggunakannya. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data sekunder. Analisis Regresi Linier Berganda, Uji t, dan uji Koefisien determinasi (R²). Digunakan untuk menguji hipotesis penelitian. Pengujian dilakukan dengan bantuan software IBM SPSS Statistik 26. Hasil menunjukkan bahwa Brand Ambassador dan Brand Image tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk Garnier Sakura Glow. Sementara kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk Garnier Sakura Glow.
References
Dewi, B. S. A., Suardana, I. M., & Satriawan, S. (2022). Pengaruh Brand Ambassador, Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Emina. Kompeten: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 1(1), 45–53. https://doi.org/10.57141/kompeten.v1i1.6
Fitriyah, Z. (2023). The influence of brand image and brand ambassador on purchasing decisions of garnier facial soap among university students in surabaya. Costing:Journal of Economic, Business and Accounting, 7.
Herawati, H., & Putra, A. S. (2023). Pengaruh Brand Ambassador dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Azarine Cosmetic. Journal on Education, 5(2), 4170–4178. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1115
Husna, R. (2022). Pengaruh Brand Ambassador dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian di Tokopedia (Studi Kasus pada Generasi Z di Kota Purwokerto). Jurnal Ilmu Manajemen Advantage. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf
Irawan, P. R., Abdillah, A., & Taryanto, T. (2022). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Home Industry Sandal Kulit Kandangwesi Collection Garut. Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, 3(2), 61. https://doi.org/10.24853/jmmb.3.2.61-68
Kristian, G., Welsa, H., & Udayana, I. B. N. (2021). Pengaruh Brand Ambassador Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Trustworthiness Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 9(3), 509–520. https://doi.org/10.37641/jimkes.v9i3.570
Meyyfa Nuri Yanti, Muhammad Andi Sadat, & Dewi Agustin Pratama Sari. (2023). Pengaruh Brand Ambassador, Brand Image, dan Product Quality Terhadap Purchase Decision Produk Body Care di Jabodetabek. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan, 4(1), 98–113. https://doi.org/10.21009/jbmk.0401.08
Oktavia, E. B., Fatimah, F., & Puspitadewi, I. (2022). Pengaruh Harga, Brand Ambassador, Brand Image, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Scarlett Whitening Indonesia Di Tokopedia. Growth, 20(2), 361. https://doi.org/10.36841/growth-journal.v20i2.2108
Puspita, Y. D., & Rahmawan, G. (2021). Pengaruh Harga , Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk Garnier Influence of Prices , Product Quality and Brand Image on Garnier Product Purchase Decisions. Jurnal Sinar Manajemen, 8(2), 98–104.
Putra, M. (2020). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Brand Image Serta Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian (Survey pada pengguna Line di Asia). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 12(1), 83211.
Ramadhani, D. I., & Zaini, M. (2023). Pengaruh Brand Ambassador Social Media Marketing Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna Scarlett Whitening. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, &Akuntansi (MEA), 7(1), 520–536. https://doi.org/10.31955/mea.v7i1.2900
Sterie, W. G., Massie, J. D. D., & Soepono, D. (2019). Pengaruh Brand Ambassador dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk PT. Telesindo Shop Sebagai Distributor Utama Telkomsel di Manado. Jurnal EMBA, 7(4), 3139–3148.
Tiara Amalia, W. (2022). Pengaruh Brand Ambassador, Brand Image, Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan Pada Remaja. Jurnal Ilmu Manajemen, 10(2021), 2022.
Ummat, R., & Hayuningtias, K. A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Brand Ambassador dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Nature Republic. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(6), 2279–2291.
Nugraha, J. T., & UUD. (1945). Pengaruh Brand Ambassador, Brand Image, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna Sepatu Ventela di Kecamatan Surabaya Gubeng
AmaliaiYuniaiRahmawati. (2020). Pengaruh Brand Ambassador dan Brand Imagei terhadap Keputusan Pembelian Produk SkincareiGarnier PadaiMahasiswaiS1 Universitas Sam Ratulangi
Puspitsari, N., Aphrodite, N., & Sulaeman, E. (2023). Pengaruh Promosi, Brand Ambassador Dan Korean WaveiTerhadap Minat Beli Produk Somethinc. WartaiDharmawangsa, 17(1), 302–314. https://doi.org/10.46576/wdw.v17i1.2943
Citra, D. A., & Oktavani, F. (2022). Pengaruh Brand Ambassador, Brand Image, Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Produk Skincare Everwhite Di Kota Bandung. E-Proceeding of Management, 9(3), 1491–1495.
Badan Pusat Statistik Kabupaten Sidoarjo. (n.d.). Penduduk menurut Kecamatan dan Jenis Kelamin (Jiwa), 2020-2022.
Dw, T. D.-W., Reproduksi, C., & Membaca, C. (n.d.). Tabel Durbin- Watson (DW), α = 5%. 1–13.
Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.