PENGARUH METAVOICING, VISIBLE PRESENCE DAN GUIDANCE SHOPPING AFFORDANCE TERHADAP PURCHASING DECISION PADA SHOPEE LIVE STREAMING
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh metavoicing, visible presence, dan guidance shopping affordance terhadap keputusan pembelian pada platform Shopee live streaming. Menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan purposive sampling, penelitian ini melibatkan 96 responden pengguna Shopee yang pernah berbelanja melalui fitur live streaming. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan menggunakan skala likert untuk mengukur sikap serta pendapat responden. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) melalui perangkat lunak SmartPLS 3.2.8 untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa metavoicing dan visible presence tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Sebaliknya, guidance shopping affordance memiliki dampak signifikan terhaap keputusan pembelian.
References
Aiman, Ummul; Abdullah, Karimuddin; Jannah, Misbahul; Hasda, Suryadin; Fadilla, Zahara; Masita; Sari, Eka, M. . (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. In Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Aji, Y. B., Wijoyo, S. H., & Rachmadi, A. (2017). Analisis Pengaruh Keterjangkauan Teknologi Informasi Pada Live Streaming Shopping Platform Shopee Terhadap Minat Beli Mahasiswa Kota Malang. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 1(1), 2548–2964. http://j-ptiik.ub.ac.id
Alamin, Z., Missouri, R., Sutriawan, S., Fathir, F., & Khairunnas, K. (2023). Perkembangan E-commerce: Analisis Dominasi Shopee sebagai Primadona Marketplace di Indonesia. J-ESA (Jurnal Ekonomi Syariah), 6(2), 120–131. https://doi.org/10.52266/jesa.v6i2.2484
Amruddin, Priyanda, R., Agustina, T., Ariantini, N., & Aslindar, A. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif. Tim Pradina Pustaka.
Burhanudin, & Baihaqi, F. (2022). Peran Guidance Shopping Affordance Pada Social Commerce Intention. Assets : Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 12(2), 175–194. https://doi.org/10.24252/assets.v12i2.32579
Dog, X. Wang, T. Benbasat, I. (2018). Social Tie Formation in Chinese Online Social Commerce: The Role of IT Affordances. International Journal of Information Management, 42(June), 49–64. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2018.06.002
Evi, T., & Rachbini, W. (2022). Partial Least Squares (Teori Dan Praktek). Tahta Media Group, 1–23.
Herman, N. (2022). Analisis Model Bisnis Pasar Digital Shopee.
Heryana, A. (2018). Hipotesis Penelitian. Journal Eureka Pendidikan, Vol.3 no.1, 17–23. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.11440.17927.
Iba, Zainuddin; Wardhana, A. (2023). Metode Penelitian. Eureka Media Aksara. https://www.researchgate.net/publication/382052367_Pengolahan_Data_Dengan_Smart-PLS
Ilmah, K., Pebrianggara, A., & Yani, M. (2024). Uniqlo Flash Sale : Marketing Strategy to Increase Purchase Intention. 17(1).
Indrasari, M. (2019). Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press. http://repository.unitomo.ac.id/2773/1/Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan.pdf
Kurniasari, R. L., & Burhanudin, B. (2022). Faktor prediktor social commerce intention. Jurnal Manajemen Maranatha, 22(1), 27–40. https://doi.org/10.28932/jmm.v22i1.5074
Maf’ula Riyadhatul, eka, Pebrianggara, A., & Yulianto, M. R. (2024). The Effectiveness Of Perceived Usefulness, Perceived Ease Of Use, And Facilitating Conditions On Purchase Decision. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 5(2), 4023–4037. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Maghfiroh, N., & Palupi, G. S. (2023). Analisis Pengaruh Variabel Keterjangkauan Teknologi Informasi dalam Live Streaming Shopping Tiktok pada Minat Pembelian. Journal of Emerging Information System and Business Intelligence (JEISBI), 4(4), 26–36. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JEISBI/article/view/55805%0Ahttps://ejournal.unesa.ac.id
Maharani, S., & Dirgantara, I. M. B. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Immersion Saat Live Streaming Syaria Shopping Serta Pengaruhnya Kepada Minat Pembelian (Studi Pada Social Commerce Tik Tok Indonesia). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(2), 2942. https://doi.org/10.29040/jiei.v9i2.9854
Maulana, E. A., & Pebrianggara, A. (2024). The Impact of Lifestyle , Shopping Experience , and Consumer Trust on Purchasing Decisions on Tokopedia [ Dampak Gaya Hidup , Pengalaman Belanja , dan Kepercayaan Data pengunjung Marketplace Tahun 2023. 1–13.
Maulana, M. D., & Hariasih, M. (2023). The Effect of Price , Product Quality , Promotion on Consumer Purchasing Decisions Ecommerce Shopee ( Study on Students of Muhammadiyah University of Sidoarjo ) [ Pengaruh Harga Kualitas Produk , Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen E-Commer. 1–12.
Mustika Sari, R., & Prihartono. (2021). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survey Pelanggan Produk Sprei Rise). Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi), 5(3), 1171–1184.
Nur, S., & Pebrianggara, A. (2025a). Effectiveness of Technology Acceptance Model , Personal Innovation and Behavior Control on Buying Interest Online Shopee Efektivitas Model Penerimaan Teknologi , Inovasi Pribadi dan Kontrol Perilaku terhadap Minat Beli Online Shopee. 1–15.
Nur, S., & Pebrianggara, A. (2025b). Effectiveness of Technology Acceptance Model , Personal Innovation and Behavior Control on Buying Interest Online Shopee Efektivitas Model Penerimaan Teknologi , Inovasi Pribadi dan Kontrol Perilaku terhadap Minat Beli Online Shopee. 7, 1–15.
Prameswara, Diva Tasya; Hariasih, Misti ; Pebriaggara, A. (2024). The Influence Of Direct Marketing, Produk Quality, and E-Service Quality On Repurcgase Interes In Shopee Live Streaming Marketing. Journal of Economic, Management, Accounting and Technology, 7.
Purwanza, S. W., Wardhana, A., Mufidah, A., Renggo, Y. R., Hudang, A. K., Setiawan, J., & Darwin. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi. In Media Sains Indonesia (Issue March).
Puspawati, N. N. N., & Febrianta, M. Y. (2023). Analisis Pengaruh Keterjangkauan Teknologi Informasi Dalam Live Shopping Untuk Menciptakan Purchase Intention Pada Live Shopping Tiktok. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(2), 640–665. https://doi.org/10.31955/mea.v7i2.3032
Qorina, Q. A. H. (2024). Pengaruh Keterjangkauan Teknologi Informasi Dalam Live Streaming Shopping Terhadap Pembelian Impulsif (Studi Pada Pengguna Aplikasi Shopee Di Indonesia). http://digilib.unila.ac.id/79738/%0Ahttp://digilib.unila.ac.id/79738/3/3.
Rahadi, D. R. (2023). Pengantar Partial Least Squares Structural Equation Model (PLS-SEM) 2023. CV. Lentera Ilmu Madani, Juli, 146.
Rahmadani, D., & Eka Febriansah, R. (2024). Pengaruh Content Marketing, Celebrity Endorsement, dan e-WOM Terhadap Keputusan Pembelian Produk di Shopee (Studi pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo). Jurnal Arsip UMSIDA, 1–13.
Septiani, L. (2023). Shopee Catat Penjualan Live Shopping 3 Kali Lipat Artikel ini telah tayang di Katadata.co.id dengan judul “Shopee Catat Penjualan Live Shopping 3 Kali Lipat, Berikut Promonya.” Katadata. https://katadata.co.id/digital/e-commerce/6486debc9f3b3/shopee-catat-penjualan-live-shopping-3-kali-lipat-berikut-promonya#google_vignette
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R dan D / Sugiyono. Bandung : Alfabeta, 2019.
Sumardi, V. A., Syarfi, I. W., & Analia, D. (2023). Structural Equation Model - Parsial Least Square Faktor-Faktor yang Memengaruhi Penjualan Coffee Shop Bacarito Kopi di Kota Padang. Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia, 28(3), 433–440. https://doi.org/10.18343/jipi.28.3.433
Sun, L., Ji, S., & Ye, J. (2018). Partial Least Squares. In Multi-Label Dimensionality Reduction. https://doi.org/10.1201/b16017-6
Usadi, Made; Prayoga, I. (2022). Analisis Pengaruh Technology Affordance Dan Kepercayaan Terhadap Niat Menggunakan Kembali Live Commerce. Jurnal Emas, 3(November 2023), 227–236.
Usadi, M. (2016). Pengaruh It Affordance Dan Keinteraktifan Terhadap Niat Menggunakan Kembali Live Commerce. 13(1), 1–23.
Usadi, M. (2023). Analisis Pengaruh Technology Affordance Dan Kepercayaan Terhadap Niat Menggunakan Kembali Live Commerce. 4, 3076–3085.
Vindy Zalfa, K., & Indayani, L. (2024). Analysis Of Live Streaming, Electronic Word Of Mouth (E-WOM) And Affiliate MarkeAng On Purchasing Decision For Fashion Trend Productsi At The Shopee Marketplace (Case Study Of Shopee Users) Analisis Live Streaming, Electronic Word Of Mouth (E-WOM) Dan Aff. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 5(1), 1291–1305. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Wahyuningsih, I., & Damayanti, D. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Voucher Diskon dan Shopping Lifestyle terhadap Keputusan Pembelian yang Dimediasi oleh E-WOM pada Live Streaming Shopee (Study pada Mahasiswa di DIY). Bisman (Bisnis Dan Manajemen), 7(1), 1–18.
Widagdo, P. B. (2016). Perkembangan Electronic Commerce (E-Commerce) di Indonesia. Researchgate.Net, December, 1–10. https://www.researchgate.net/publication/311650384
Yusri, A. Z. dan D. (2020). Modul pelatihan penelitian kuantitatif dengan aplikasi SMARTPLS. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 809–820.
Zakiyah, A., & Hariasih, M. (2023). Keputusan Pembelian ditinjau dari Brand Trust, Digital Marketing dan Online Customer Review (Studi Kasus Pada Mie Gacoan Sidoarjo). Jurnal Ilmiah Akuntansi Manajemen, 6(2), 113–126. https://doi.org/10.35326/jiam.v6i2.4062.Keputusan
Copyright (c) 2025 Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.