ANALISIS STRATEGI BISNIS MENGGUNAKAN DIGITAL MARKETING PADA UMKM DI ERA NEW NORMAL PASCA PANDEMI COVID-19

  • Tri Lestari Universitas Bina Sarana Informatika
  • Fadli Ilyas Universitas Bina Sarana Informatika
  • Santi Rusmayanti Universitas Bina Sarana Informatika
  • Dedi Damhudi Universitas Darma Persada

Abstract

Penelitian pada Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Pasuruan memiliki tujuan untuk mengevaluasi dampak keterlibatan masyarakat dalam memitigasi dampak negatif budaya organisasi dan sistem pelaporan pelanggaran terhadap pencegahan kecurangan dalam pengelolaan keuangan desa. Metodologi yang digunakan adalah dengan memasukkan partisipasi masyarakat sebagai variabel moderasi. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner ke 8 desa di Kecamatan Sukorejo. Pendekatan analisis data menggunakan metodologi Structural Equation Model (SEM) dengan menggunakan perangkat lunak SmartPLS 3. Perangkat lunak ini memungkinkan pengujian model pengukuran dan model struktural secara bersamaan. Data primer dari survei dan data sekunder dari penelitian sebelumnya merupakan dua jenis sumber data yang digunakan.. Temuan penelitian menunjukkan bahwa budaya organisasi memiliki dampak yang baik, sedangkan sistem whistleblower tidak memiliki dampak yang nyata. Temuan ini juga menunjukkan bahwa keterlibatan masyarakat dapat meningkatkan dampak budaya organisasi dan mekanisme whistleblower. Hal ini menunjukkan adanya korelasi langsung antara kualitas budaya organisasi dan mekanisme whistleblowing dengan efektivitas pencegahan fraud dalam pengelolaan dana desa.

 

 

References

Alfin. (2021). Analisis Strategi UMKM Dalam Menghadapi Krisis Di Era Pandemi Covid-19. .Jurnal Inovasi Penelitian,1(8), , 1543-1552.
Anjani, S. (2020). Peranan Influencer Dalam Mengkomunikasikan Pesan Di Media Sosial Instagram. Polyglot: Jurnal Ilmiah,16(2), 203-229, 203-229.
Bimo dan Hermawan. (2024). Pengaruh Digital Marketing Terhadap keputusan Mahasiswa Memilih Universitas Logistik dan Bisnis Internasional dengan Brand Awareness Sebagai Variabel Mediasi. JIME, Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi) Vol. 8 No.1, 689-701
Depkop.Go.Id)., (. K. (n.d.). (Kementerian Koperasi. Www. Depkop.Go.Id). . Retrieved from (Kementerian Koperasi. Www. Depkop.Go.Id). .
Hayu, R. S. (2019). Smart Digital Content Marketing, Strategi Membidik Konsumen Millennial Indonesia. (Jmk) Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan,4(1), 61-69.
Helmi, dkk. (2024). Penerapan Pemasaran Digital pada Umkm kemplang di Desa Pemulihan Ulu. JIMEA, Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi) Vo. 8 No. 1 , 646-652.
Kim, Y-K., K. (2004). Predicting Online Purchase Intentions For Clothing Products. European Journal Of Marketing. Vol. 38, Issue. 7.
Oktana. (2023). Strategi Bisnis Pasca Pandemi Di Era New Normal Covid-19 Pada PT. BPR Asia Sejahtera. JIMEA, Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi) Vo. 7 No.1, 309-323.
Pemerintah, P. (2021). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2o21 Tentang Kemudahan, Pelindungan, Dan Pemberdayaan Koperasi Dan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah.
Rapitasari, D. (2016). Digital Marketing Berbasis Aplikasi Sebagai Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. Cakrawala,10(2),, 107-112.
Ri, P. P. (2008). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah.
Rizky. (2022). Analisis Strategi Bisnis Menggunakan Digital Marketing Pada UMKM Pasca Pandemi Covid-19. . Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi (Jrpe)E-Issn: 2540-9247. Volume: 7, Nomor: 2, 142-150.
Sopiyan. (2022). Pengaruh Digital Marketing Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. Coopetition : . Jurnal Ilmiah Manajemen (E-Issn : 2615-4978, P-Issn : 2086-4620) Vol 13 No 2, Juli 2022.
Struggles, H. A. (2009). The Adoption Of Digital Marketing In Financial. Services Under Crisis.
Sugiyanto. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D). Bandung: Bandung: Alfabeta.
Sugiarto. (2017). Metodologi Penelitian Bisnis. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabet.
Syukri dan Sunrawali. (2022). Digital Marketing Dalam Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah. Volume 19 Issue 1 (2022) Kinerja: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen Issn: 1907-3011 (Print) 2528-1127 (Online), 170-182.
Published
2024-03-30
How to Cite
Lestari, T., Ilyas, F., Rusmayanti, S., & Damhudi, D. (2024). ANALISIS STRATEGI BISNIS MENGGUNAKAN DIGITAL MARKETING PADA UMKM DI ERA NEW NORMAL PASCA PANDEMI COVID-19. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(1), 2017-2029. https://doi.org/10.31955/mea.v8i1.3908
Section
Articles