DESTINATION IMAGE DAN PLACE ATTACHMENT SEBAGAI ANTESEDEN DESTINATION LOYALTY WISATAWAN PANTAI PANGANDARAN JAWA BARAT

  • Hardiansyah Hardiansyah Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Yadi Ernawadi Universitas Jenderal Achmad Yani

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh destination image terhadap destination loyalty yang dimediasi oleh place attachment wisatawan Pantai Pangandaran Kabupaten Pangandaran. Sebanyak 120 responden yang berpengalaman mengunjungi Pantai Pangandaran berpartisipasi dalam penelitian ini. Metode cross-sectional atau one shot digunakan untuk mendapatkan data. Instrumen penelitian ini dinyatakan lolos uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah structural equation modelling (SEM) dengan menggunakan tool SmartPLS versi 3.0. Dari tujuh hipotesis penelitian yang diusulkan, semua hipotesis didukung oleh data empiris. Hasil peneltian ini menunjukan bahwa destination image berpengaruh positif terhadap destination loyalty yang dimediasi oleh place attachment. Penambahan variabel place attachment sebagai anteseden dari destination loyalty merupakan pengembangan dari model kenseptual pada penelitian sebelumnya.

References

Asa Akhrani, L., & Khairanti, N. (2023). Seberapa Menarik Gunung Bromo? Studi Korelasional antara Destination Image dan Place Attachment. Jurnal Penelitian Psikologi, 14(1), 27-35
Ashuri, A., Kustiasih, T., Litbang, P. (2020). Timbulan Dan Komposisi Sampah Wisata Pantai Indonesia, Studi Kasus: Pantai Pangandaran Indonesia Coastal Tourism Solid Waste Generation and Composition, Case Study: Pangandaran Beach. Jurnal Permukiman, 15(1), 1-9.
Aziana, E., Bakar, A., Ujang, N., & Aziz, F. A. (2016). Place Attachment Towards Waterfront In Kangar, Perlis, Malaysia Universiti Putra Malaysia Place Attachment Towards Waterfront In Kangar, Perlis, Malaysia. Alam Cipta, 9(2), 33-44. https://www.researchgate.net/publication/315836463
Bps Jawa Barat. (2021). Jumlah Kunjungan Wisatawan Ke Objek Wisata 2018-2021. Badan Pusat Statistik Jawa Barat. https://jabar.bps.go.id/indicator/16/220/1/jumlah-kunjungan-wisatawan-ke-objek-wisata.html
Chi, C. G. Q., & Qu, H. (2008). Examining the structural relationships of destination image, tourist satisfaction and destination loyalty: An integrated approach. Tourism Management, 29(4), 624–636.
Çoban, S. (2012). The Effects of the Image of Destination on Tourist Satisfaction and Loyalty: The Case of Cappadocia. European Journal of Social Sciences, 29(2), 222-232. http://www.europeanjournalofsocialsciences.com
Ghozali, I. (2014). Aplikasi analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit UNDIP.
Hallmann, K., Zehrer, A., & Müller, S. (2015). Perceived Destination Image: An Image Model for a Winter Sports Destination and Its Effect on Intention to Revisit. Journal of Travel Research, 54(1), 94–106. https://doi.org/10.1177/0047287513513161
Heryati, Y. (2019). Potensi Pengembangan Obyek Wisata Pantai Tapandullu Di Kabupaten Mamuju. Growth Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, 1(1), 56-74.
Hidayatullah, S., Windhyastiti, I., Patalo, R. G., & Rachmawati, I. K. (2020). Citra Destinasi : Pengaruhnya terhadap Kepuasan dan Loyalitas Wisatawan yang Berkunjung ke Gunung Bromo. Jurnal Manajemen & kewirausahaan, 8(1), 96-108.
Kim, S. (Sam), Stylidis, D., & Oh, M. (Moon). (2019). Is perception of destination image stable or does it fluctuate? A measurement of three points in time. International Journal of Tourism Research, 21(4), 447–461. https://doi.org/10.1002/jtr.2273
Kurniasih, I., Nurhayati, A., LDewanti, P., Rizal, A. (2020). Potensi Wisata Bahari di Kabupaten Pangandaran (Marine Tourism Potential in Pangandaran Regency). Jurnal Perikanan dan Kelautan 10(1), 8-19.
Malik, A., Rizqy, F., & Roostika, R. (2023). Pengaruh Daya Tarik Destinasi Wisata terhadap Loyalitas Destinasi melalui Kesejahteraan Subjektif dan Keterikatan Destinasi sebagai Mediator (Studi Kasus: Destinasi Wisata di Magelang dan Yogyakarta). Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 2(3), 77-94. https://journal.uii.ac.id/selma/index
Meleddu, M., Paci, R., & Pulina, M. (2015). Repeated behaviour and destination loyalty. Tourism Management, 50, 159–171. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2015.01.032
Milannia, R., & Annisa, I. T. (2023). Pengaruh Kredibilitas Sumber dan Citra Destinasi terhadap Kepuasan melalui Keterikatan Destinasi sebagai Mediasi pada Wisatawan Orchid Forest Cikole. Jurnal Manajemen Perhotelan dan Wisata, 6(1), 60-70.
Molinillo, S., Liébana-Cabanillas, F., Anaya-Sánchez, R., & Buhalis, D. (2018). DMO online platforms: Image and intention to visit. Tourism Management, 65, 116–130. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2017.09.021
Noerhanifati, S., Griandini2, D., Monoarfa, T. A., Mangun, J. R., Raya, M., & Timur, J. (2020). Pengaruh Citra Destinasi Wisata Dan Pengalaman Berwisata Terhadap Intensi Mengunjungi Kembali Pada Wisatawan Obyek Wisata Pemandian Air Panas Gunung Torong Kabupaten Pandeglang. Jurnal Industri Pariwisata, 3(1), 61-73
Nurbasari, A., Kuswoyo, C., Aribowo, A., Pradipto, G., & Raharjo, A. (2021). Tourist Satisfaction On Tourist Loyalty (World Natural Heritage Site And Biosphere Reserve In Komodo National Park)-Palarch’s. Journal Of Archaeology Of Egypt/Egyptology, 18(4), 2482-2497.
Nursyamsiah, R. A., & Setiawan, R. P. (2023). Does place attachment act as a mediating variable that affects revisit intention toward a revitalized park? Alexandria Engineering Journal, 64, 999–1013. https://doi.org/10.1016/j.aej.2022.08.030
Open Data Jabar. (2022). Jumlah Pengunjung ke Objek Wisata Berdasarkan Jenis Wisatawan dan Kabupaten/Kota di Jawa Barat. Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan. https://opendata.jabarprov.go.id/id/dataset/jumlah-pengunjung-ke-objek-wisata-berdasarkan-jenis-wisatawan-dan-kabupatenkota-di-jawa-barat
Papadimitriou, D., Kaplanidou, K. (Kiki), & Apostolopoulou, A. (2018). Destination Image Components and Word-of-Mouth Intentions in Urban Tourism: A Multigroup Approach. Journal of Hospitality and Tourism Research, 42(4), 503–527. https://doi.org/10.1177/1096348015584443
Putri, D.R., Ardiansyah., Arief, A., (2019). Identifikasi potensi pengembangan objek wisata alam danau picung ditinjau dari aspek produk wisata di muara aman Provinsi Bengkulu. NALARs Jurnal Arsitektur, 18(2), 93-98
Ragb, H., Mahrous, A. A., & Ghoneim, A. (2020). A proposed measurement scale for mixed-images destinations and its interrelationships with destination loyalty and travel experience. Tourism Management Perspectives, 35, 1-13. https://doi.org/10.1016/j.tmp.2020.100677,
Rahayu Dwi Astuti, R. S. (2020). Pengaruh Olahraga Terhadap Penurunan Tingkat Stress. National Conference PKM Center Sebelas Maret University, 1(1), 245-248.
Reyes, K. T. D. L., & Dael, R. J. (2023). Influence of Destination Image and Tourist Satisfaction On Destination Loyalty. British Journal of Multidisciplinary and Advanced Studies, 4(3), 46–61. https://doi.org/10.37745/bjmas.2022.0225
Robby Kurniawan, E. J. (2023). pengaruh ketertarikan tempat dan familiaritas terhadap loyalitas destinasi dengan dimediasi oleh citra kognitif pada objek wisata pantai di kota batam. Media Bina Ilmiah, 17(11), 2653-2664.
Siahaan, S., & Widiastuti, T. (2018). Potensi Daya Tarik Wisata Alam Riam Sungai Manah Di Desa Sungai Muntik Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau, Jurnal Hutan Lestari, 6(1), 191-197.
Virginia Leuwol, N., & Patricia Sibarani, R. (2020). Mangrove Kota Sorong, Noken, 6(1), 13-22.
Winoto, Y., Damayani, N. A., Husodo, T., & Siti Khadijah, U. L. (2022). Kajian Potensi Parawisata Pantai di Wilayah Selatan Kabupaten Tasikmalaya. Jurnal Ilmiah Pariwisata, 27(3), 227. https://doi.org/10.30647/jip.v27i3.1547
Zeng, S., Chiu, W., Lee, C. W., Kang, H. W., & Park, C. (2015). South Korea’s destination image: Comparing perceptions of film and nonfilm Chinese tourists. Social Behavior and Personality, 43(9), 1453–1462. https://doi.org/10.2224/sbp.2015.43.9.1453
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Published
2024-01-26
How to Cite
Hardiansyah, H., & Ernawadi, Y. (2024). DESTINATION IMAGE DAN PLACE ATTACHMENT SEBAGAI ANTESEDEN DESTINATION LOYALTY WISATAWAN PANTAI PANGANDARAN JAWA BARAT. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(1), 675-688. https://doi.org/10.31955/mea.v8i1.3750