ANTESEDEN DAN KONSEKUENSI PLACE ATTACHMENT TERHADAP REVISIT INTENTION WISATAWAN LEMBANG PARK & ZOO KABUPATEN BANDUNG BARAT

  • Ola Darmatin Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Yadi Ernawadi Universitas Jenderal Achmad Yani

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menguji pengaruh memorable tourism experiences terhadap revisit intention yang dimediasi oleh place attachment wisatawan Lembang Park & Zoo Kabupaten Bandung Barat. Sebanyak 160 responden yang berpengalaman mengunjungi Lembang Park & Zoo berpartisipasi dalam penelitian ini. Metode cross-sectional atau one shot digunakan untuk mendapatkan data. Instrumen penelitian ini telah dinyatakan lulus uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah structural equation modelling (SEM) dengan bantuan SmartPLS versi 3.0. Dari sembilan belas hipotesis penelitian yang diusulkan, sembilan diantaranya memiliki pengaruh yang positif. Hedonism, refreshment, meaningfulness, dan involvement, berpengaruh secara langsung dan tidak langsung terhadap revisit intention. Penambahan place attachment sebagai anteseden dari revisit intention merupakan pengembangan dari model konseptual pada penelitian sebelumnya.

References

Apritasari, J. A. dkk. (2016). Persepsi Wisatawan Tentang Wisata Alam dalam Menurunkan Tingkat Stres di Candi Gedongsongo Semarang. STIKES Karya Husada Semarang, 1(1), 0–6.
Chen, X., Cheng, Z. feng, & Kim, G. B. (2020). Make it memorable: Tourism experience, fun, recommendation and revisit intentions of Chinese outbound tourists. Sustainability (Switzerland), 12(5), 1–24. https://doi.org/10.3390/su12051904
Dewi, A. M., Prahara, G. A., & Aulia, R. (2021). Perancangan Strategi Branding Destinasi Wisata Lembang Park & Zoo. E-Proceeding of Art & Design, 8(6), 3214–3220.
Herdianti, D., Novari, E., Burhan, L., Rahmawati, L., & Sutanto, H. (2023). Influence of Sense Experience and Feel Experience on Tourists’ Intention To Revisit. JEMBA: Journal of Economics, Management, Business and Accounting, 1(1), 42–58. https://doi.org/10.54783/jemba.v1i1.4
Hikmah, N., Fauziyah, N. K., Septiani, M., & Lasari, D. M. (2022). Healing Sebagai Strategi Coping Stress Melalui Pariwisata. Indonesian Journal of Tourism and Leisure, 3(2), 113–124. https://doi.org/10.36256/ijtl.v3i2.308
Huong, P. T. L., Anh, T. T. Van, & Bao, T. D. Q. (2022). The influence of memorable tourism experience to revisit intention of domestic tourists: A case study for Danang City, Vietnam. Ho Chi Minh City Open University Journal of Science - Economics and Business Administration, 12(1), 125–138. https://doi.org/10.46223/hcmcoujs.econ.en.12.1.1941.2022
Isdarmanto. (2017). Dasar Dasar Kepariwisataan dan Pengelolaan Destinasi Pariwisata. In Gerbang Media Aksara dan STiPrAm.
Jayadi, E. K., Mahadewi, N. P. E., & Mananda, S. (2017). Karakteristik dan Motivasi Wisatawan Berkunjung ke Pantai Green Bowl , Ungasan , Kuta Selatan , Bali. Jurnal Analisis Pariwisata, 17(2), 69–77.
Kim, J. H. (2014). The antecedents of memorable tourism experiences: The development of a scale to measure the destination attributes associated with memorable experiences. Tourism Management, 44, 34–45. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2014.02.007
Kim, J. H., Ritchie, J. R. B., & McCormick, B. (2012). Development of a scale to measure memorable tourism experiences. Journal of Travel Research, 51(1), 12–25. https://doi.org/10.1177/0047287510385467
Line, N. D., & Hanks, L. (2019). Boredom-Induced Switching Behavior in the Restaurant Industry: The Mediating Role of Attachment. Journal of Hospitality and Tourism Research, 43(1), 101–119. https://doi.org/10.1177/1096348018762579
Luo, J. M., Lam, C. F., & Wang, H. (2021). Exploring the Relationship Between Hedonism, Tourist Experience, and Revisit Intention in Entertainment Destination. SAGE Open, 11(4). https://doi.org/10.1177/21582440211050390
Markayasa, I. K., & Suryawan, I. B. (2015). Pemanfaatan Kawasan Bukit Payang Sebagai Daya Tarik Wisata Alam Di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli. Jurnal Destinasi Pariwisata, 3(1), 59–63.
Masykur, F., Widiartanto, W., & Saryadi, S. (2022). Pengaruh Destination Image dan Fasilitas Wisata terhadap Revisit Intention (Studi pada Pengunjung Wisata Alam Seroja di Kabupaten Wonosobo). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(2), 170–179. https://doi.org/10.14710/jiab.2022.34251
Neuvonen, M., Pouta, E., & Sievänen, T. (2010). Intention to Revisit a National Park and Its Vicinity. International Journal of Sociology, 40(3), 51–70. https://doi.org/10.2753/ijs0020-7659400303
Rosanna, S. F., Hartanti, R. I., & Indrayani, R. (2021). Hubungan Antara Faktor Individu Dan Kejenuhan Dengan Stres Kerja Pada Guru Sekolah Dasar Sederajat. Ikesma, 17(2), 111. https://doi.org/10.19184/ikesma.v17i2.24783
Schmitt. (2010). Experiential Marketing Bernd Schmite ExperientialNiarketing. January 2013, 37–41.
Situmorang, J., Sembiring, R., & Sianturi, J. A. T. P. (2023). Jurnal Ilmu Manajemen METHONOMIX (Maret 2023 – Agustus 2023). Jurnal Imu Manajemen METHONOMIX, 6, 1–13.
Transaminase, S., & Urat, K. A. (2021). Pengembangan Rabbit Garden Di Lembang Park & Zoo Kabupaten Bandung Barat. 4(1), 65–72.
Williams, D. R., Patterson, M. E., Roggenbuck, J. W., & Watson, A. E. (1992). Beyond the commodity metaphor: Examining emotional and symbolic attachment to place. Leisure Sciences, 14(1), 29–46. https://doi.org/10.1080/01490409209513155
Yadi, & Hariyadi Triwahyu Putra. (2021). Authenticity and Walkability of Iconic Heritage Destination Bandung Indonesia. International Journal Of Community Service, 1(2), 169–181. https://doi.org/10.51601/ijcs.v1i2.25
Yelvita, F. S. (2022). The Relationship Among Tourist’ Perceived Value, Place Attachment and Revisit Intention: A Case Study On Fanta Theme Park, 8.5.2017, 2003–2005.
Published
2024-01-26
How to Cite
Darmatin, O., & Ernawadi, Y. (2024). ANTESEDEN DAN KONSEKUENSI PLACE ATTACHMENT TERHADAP REVISIT INTENTION WISATAWAN LEMBANG PARK & ZOO KABUPATEN BANDUNG BARAT. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(1), 632-645. https://doi.org/10.31955/mea.v8i1.3749