PENERAPAN PEMASARAN DIGITAL PADA UMKM KEMPLANG DI DESA PEMULIHAN ULU
Abstract
Minimnya penerapan strategi pemasaran digital di platform Marketplace Facebook, yang menjadi tantangan bagi UMKM, terutama UMKM Kemplang, dalam memperluas jangkauan pasar. Tujuannya adalah meningkatkan pemahaman dan penerapan strategi pemasaran digital bagi UMKM Kemplang Desa Pemulutan Ulu melalui kegiatan penyuluhan, pelatihan, dan bantuan langsung dalam membuat akun Marketplace Facebook serta strategi pemasaran online. Metode penelitian meliputi observasi awal untuk menilai pemahaman masyarakat, penyuluhan untuk meningkatkan kesadaran dan keterampilan pelaku usaha, serta pelatihan praktis dalam pemanfaatan Marketplace Facebook. Hasilnya mencakup langkah-langkah konkret, mulai dari pembuatan logo, desain label kemasan yang lebih menarik, hingga pelatihan langsung tentang pemanfaatan Marketplace Facebook. Diharapkan, hasil ini mampu meningkatkan penjualan produk UMKM Kemplang, memperluas pasar secara online, dan mengedukasi konsumen terhadap produk lokal tersebut
References
Am, M. A., & Setiawati, F. A. (2023). Examining the Psychometric Properties of the Career Commitment Instrument through Classical Test Theory and the Graded Response Model. Journal of Educational Research and Evaluation, 7(3), 455–468. https://doi.org/10.23887/jere.v7i3.59619
AM, M. A., Setiawati, F. A., Hadi, S., & Istiyono, E. (2023). Psychometric properties career of commitment instrument using classical test theory and graded response model. Journal of Pedagogical Sociology and Psychology, 5(2), 26–40. https://doi.org/10.33902/jpsp.202320018
Akbar, A. 2023. Tips Membuat Logo Usaha yang Menarik dan Memikat Calon Pelanggan. Daya.Id. https://www.daya.id/usaha/artikel-daya/pengembangan-diri/tips-membuat-logo-usaha-yang-menarik-dan-memikat-calon-pelanggan
Aprilian, R. I., & S, M. A. (2023). Analysis of tax compliance of msme owners after the tax harmonisation law. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(3), 525–538. https://doi.org/10.31955/mea.v7i3.3395
Firdaus, M. R. 2021. Pemanfaatan Digital Marketing Di Era Digitalisasi. News BSI. https://news.bsi.ac.id/2021/12/24/pemanfaatan-digital-marketing-di-era-digitalisasi/
Galtys. 2023. 5 Manfaat Kegunaan dan Fungsi Label pada Penjualan Produk. Galtys Label Printing. https://galtyslabelsticker.com/manfaat-dan-fungsi-label/
Masfingatin, T., & Murtafiah, W. 2021. Online marketing bagi umkm di desa janggan kecamatan poncol magetan provinsi jawa timur. PATIKALA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.51574/patikala.v1i1.93
Putri, V. K. 2023. Penyuluhan: Pengertian, Tujuan, Faktor, Metode, dan Medianya. Kompas. https://www.kompas.com/skola/read/2023/09/19/090000769/penyuluhan-pengertian-tujuan-faktor-metode-dan-medianya?page=all
Waziana, W. 2021. Pendampingan Pemasaran Produk Home Industri Melalui Facebook Marketplace Bagi Pelaku UMKM Di Era Pandemi. Jurnal PkM Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 39–44. https://doi.org/10.56327/jurnalpkm.v2i2.26
Wibowo, R., & Sitorus, O. 2022. Penerapan Digital Marketing Dalam Mempertahankan UMKM Di Masa Pandemi Covid-19. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 3(4), 2283–2291. https://doi.org/10.37385/msej.v3i4.824
Yanto, Y., & Aprilian, R. I. (2023). Dampak digital marketing terhadap brand awareness pada UMKM di Kota Pangkalpinang. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(3), 477–489. https://doi.org/10.31955/mea.v7i3.3293
Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.