PENGARUH BRAND IMAGE DAN BRAND TRUST TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA

  • Muhammad Idris Al Satria UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Fani Firmansyah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Abstract

Loyalitas konsumen adalah faktor penting yang harus dievaluasi dan dipahami oleh perusahaan untuk mempertahankan pelanggan. Bagaimana sebuah perusahaan menghasilkan citra merek adalah salah satu hal yang mendorong orang untuk tetap setia kepada perusahaan. Kepercayaan konsumen terhadap merek merupakan aspek lain yang mempengaruhi loyalitas konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh brand image dan brand trust terhadap loyalitas konsumen. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota KSPPS BMT Peta Tulungagung. Survei digunakan untuk memperoleh data. Purposive sampling digunakan dalam penelitian ini, dengan 167 responden yang merupakan anggota KSPPS BMT Peta Tulungagung. Analisis regresi linier berganda digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini. Sofware SPSS digunakan untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh positif dan signifikan secara parsial dari brand image dan brand trust terhadap loyalitas konsumen. Secara bersamaan, brand image dan brand trust memiliki dampak yang luar biasa pada loyalitas konsumen.

References

Asnawi, N., & Masyhuri, M. (2011). Metodologi riset manajemen pemasaran: disertai dengan contoh hasil penelitian. UIN-Maliki Press.
Azizah, B. (2017). Pengaruh Brand Image Dan Brand Trust Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Bank Syariah Di Kota Malang. Skripsi, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 1–151.
B. Alexander, D. (2014). Analisa Pengaruh Citra Merek (Brand Image) dan Kepercayaan Merek (Brand Trust) Terhadap Loyalitas Merek (Brand Loyalty) ADES PT. Ades Alfindo Putra Setia. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 2(1), 1–9.
Fathony, A., Saifuddin, S., & Nabila, N. (2022). Dampak Kualitas Pelayanan, Citra Perusahaan, dan Kepuasan Nasabah Kepada Loyalitas Konsumen di BMT UGT Sidogiri Cabang Semampir Probolinggo  . Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(6), 1877–1896. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v4i6.1439
Ferrinadewi, E. (2008). Trust Pada Keputusan Pembelian Produk Susu Anlene Di Surabaya. PENGARUH THREAT EMOTION KONSUMEN DAN BRAND TRUST PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SUSU ANLENE DI SURABAYA Erna, 146.
Gede Riana. (2008). PENGARUH TRUST IN A BRAND TERHADAP BRAND LOYALTY PADA KONSUMEN AIR MINUM AQUA DI KOTA DENPASAR. BULETIN STUDI EKONOMI, 13(2), 184–202.
Griffin, J. (2005). Customer loyalty: Menumbuhkan dan mempertahankan kesetiaan pelanggan. Jakarta: Erlangga.
Hendra Permana, S., & Aulia Adhiem. (2019). Development Strategy for Baitul Mal Wattamwil (Bmt) Asan Alternative Financial Institution To Support Micro, Small, and Medium Enterprises. Strategi Pengembangan BaituMal Wattamwil, 24(2), 103–112. http://www.
Istikomah, & Mulazid, A. S. (2018). Pengaruh Brand Image dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah PT. BNI Syariah Cabang Fatmawati Jakarta Istikomah. EQUILIBRIUM: Jurnal Ekonomi Syariah, 6(1), 78–92.
Kharisma, Y. (2022). PENGARUH WORD OF MOUTH TERHADAP SAVING INTENTION MELALUI BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Tabungan Sukarela Mitra KSPPS BMT Alhikmah Semesta Cabang Karangploso Malang). 1–113.
Kotler, Philip Keller, K. L. (2016). Marketing management / Philip Kotler, Kevin Lane Keller. Harlow, Essex Pearson Education Limited , 2016.
Kuat, I. (2009). Manajemen Syariah: Implementasi TQM Dalam Lembaga Keuangan Syariah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kustini, N. I. (2011). Experiential marketing, emotional branding, and brand trust and their effect on loyalty on Honda motorcycle product. Journal of Economics, Business, \& Accountancy Ventura, 14(1).
Lau, G. T., & Lee, S. H. (1999). Consumers’ trust in a brand and the link to brand loyalty. Journal of Market-Focused Management, 4, 341–370.
Leon Schiffman, S. J. U. (2015). Consumer Behavior, 11th Edition (11th ed.). Pearson.
Marliani, Siagian, M. (2022). Pengaruh Brand Image, Trust dan Service Quality terhadap Loyalitas Anggota Baitul Maal wat Tamwil (BMT)Maslahah Cabang Maron. Al-Irsyad, 3(5), 400–408..
Mukminin, M. A., & Latifah, F. N. (2020). Pengaruh Citra Merek dan Kepercayaan Terdahap Loyalitas Nasabah Bank Syariah di Sidoarjo (The Influence of Brand Image and Trust on Sharia Bank Customer Loyalty in Sidoarjo). Perisai : Islamic Banking and Finance Journal, 4(1), 54. https://doi.org/10.21070/perisai.v4i1.525
Otoritas Jasa Keuangan. (2023). Informasi Umum Lembaga Keuangan Mikro. https://www.ojk.go.id/id/kanal/iknb/Pages/Lembaga-Keuangan-Micro.aspx
Putra, R. P., & Herianingrum, S. (2015). Pengaruh kualitas pelayanan Islami terhadap kepuasan dan loyalitas nasabah Bank BRI Syariah Surabaya. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 1(9).
Razak, A., Baheri, J., & Irsyad Ramadhan, M. (2018). Pengaruh Kepuasan Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Bank Negara Indonesia (BNI) Cabang Kendari. Journal of Economic and Business, 1(2), 10–20. http://journal.stie-66.ac.id/index.php/sigmajeb
Rizwandha, M. (2020). Pengaruh employee engagement dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan: Studi pada KSPPS BMT Peta Tulungagung. 1, 136–148. http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/23519
Santi, I. M. (2021). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-WOM) Terhadap Purchase Intention Pada Produk Bank Syariah Mandiri. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.
Sarippudin, A., Fitriani, I. D., & Zulkarnaen, W. (2019). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Proses Keputusan Pembelian Handphone Samsung Di ITC Kebon Kalapa Bandung. Jurnal SEMAR: Sain Ekonomi Manajemen & Akuntansi Riviu, 1(3), 42-51.
Shareef, M. A., Kumar, U., & Kumar, V. (2008). Role of different electronic-commerce (EC) quality factors on purchase decision: A developing country perspective. Journal of Electronic Commerce Research, 9(2).
Sibagariang, C. H., & Nursanti, T. D. (2010). Terhadap Brand Loyalty Pada Pt Bank Sinarmas. 11(2), 118–129.
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R\&D.
Sugiyono, D. (2015). Metode Penelitian & Pengembangan : (Research and Development/R&D). Bandung : Alfabeta, 2015.
Sugiyono, D. (2016). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, 2016.
Supriyadi, S., & Marlien, M. (2013). Analisis Kepercayaan, Citra Merek dan Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Kreditur PD. BKK Dempet Kota Kabupaten Demak). Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu Unisbank 2015.
Surapto, D. (2020). The Impact of Brand Trust, Brand Loyalty, Brand Image on Service Quality. 143(Isbest 2019), 162–167. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.200522.033
Sutisna. (2003). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya., 2003.
Tjahyadi, R. A. (2006). Brand Trust dalam Konteks Loyalitas Merek: Peran Karakteristik Merek, Krakteristik Perusahaan, dan Karakteristik Hubungan Pelanggan-Merek. Jurnal Manajemen Maranatha, 6(1), 65–78.
Tjiptono, F. (2008). Strategi pemasaran.
Wardhana, A. (2022). Brand Image Dan Brand Awareness. Brand Marketing: The Art of Branding, January, 105–116.
Published
2024-01-16
How to Cite
Al Satria, M., & Firmansyah, F. (2024). PENGARUH BRAND IMAGE DAN BRAND TRUST TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(1), 401-414. https://doi.org/10.31955/mea.v8i1.3690
Section
Articles