PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN PRICE TERHADAP E-LOYALTY DENGAN E-SATISFACTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

  • Ahmad Ferry Nasrulloh UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Fani Firmansyah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Abstract

Netflix merupakan brand dengan loyalty tertinggi pada saat ini di dunia hingga mengalahkan Apple, selain itu juga Netflix saat ini menjadi market leader pada platform Subscription Video On Demand (SVOD) didunia dengan jumlah pengguna hingga 230,7 juta pada tahun 2022. Namun, di Indonesia terdapat masalah yang dihadapi oleh pelanggan pada e-service quality, pelanggan mengalami masalah utama pada blank screen dan server yang lemah. Selain itu juga terdapat masalah pada price yang ditawarkan dikarenakan dianggap terlalu mahal oleh masyarakat Indonesia. Dengan adanya masalah pada e-service quality dan price menyebabkan peneliti tertarik untuk melakukan penelitian untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat mempengaruhi e-loyalty pengguna Netflix. Penelitian in menggunakan metode kuantitatif. Sampel yang digunakan adalah mahasiswa Kota Malang. Sampel yang digunakan menggunakan purposive sampling dengan responden berjumlah 135. Temuan pada penelitian ini menunjukkan bahwa e-service quality berpengaruh positif dan signigikan terehadap e-loyalty, price berpengaruh terehadap positif dan signigikan e-loyalty, e-satisfaction berpengaruh positif dan signigikan terehadap e-loyalty, e-service quality berpengaruh positif dan signigikan terehadap e-loyalty melalui e-satisfaction, dan price berpengaruh positif dan signigikan terehadap e-loyalty melalui e-satisfaction.

 

References

Ahmad, A., Rahman, O. & Khan, M. N. (2017). Exploring The Role Of Website Quality And Hedonism In The Formation Of E-Satisfaction And E-Loyalty: Evidence From Internet Users In India. Journal Of Research In Interactive Marketing. 11(3), Pp. 246–267. Doi: 10.1108/Jrim-04-2017- 0022
Al-dweeri, R. M., Ruiz Moreno, A., Montes, F. J. L., Obeidat, Z. M. & Al-dwairi, K. M. (2019). The effect of e-service quality on Jordanian student’s e-loyalty: an empirical study in online retailing. Industrial Management & Data Systems. Vol. 119 No. 4, pp. 902-923. https://doi.org/10.1108/IMDS-12-2017-0598
Aprileny, I., Rochim, A., & Emarawati, J. A. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan: Studi pada Pelanggan Grab Bike SMA Islam Al-Azhar 4. Jurnal STEI Ekonomi (JEMI). 31 (02), 60-76. Doi.10.36406/jemi.v31i02.545
Aranyossy Marta. (2022). Technology Adoption in the Digital Entertainment Industry during the COVID-19 Pandemic: An Extended UTAUT2 Model for Online Theater Streaming. Informatics. 9 (3) : 71. https://doi.org/10.3390/informatics9030071
Berliana, C. & Sanaji. (2022). Effect Of E-Service Quality, E-Trust, And Commitment On E-Loyalty With E-Satisfaction As A Mediation Variable. Management Studies and Entrerpreneurship Journal. Vol 3(4) 2022: 2397-2413
Castañeda, J. A. (2011). Relationship Between Customer Satisfaction and Loyalty on the Internet. Journal of Business and Psychology, 26(3), 371–383. http://www.jstor.org/stable/41474886
Chi, S. C., Jiun, W. C., & Lin, Y. (2015). Female Online Shoppers: Examining the Mediating Roles of E-Satisfaction and E-Trust on E-Loyalty Development. Facilities, 33(11/12), 736–751.
Destriana, R., Taufiq, R., Paweloi, F., Hidayatullah, M. F., Algadri, W. (2020). Analisis dan perancangan sistem informasi e-bisnis menggunakan swot analisis pada usaha kecil menengah berbasis web e-commerce. Proceeding SENDIU.
Dharmmesta, S. B(1999). Loyalitas Pelanggan. Sebuah Kajian Konseptual Sebagai Panduan bagi Peneliti. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia. Vol 14/3: 73-88.
Fadli, M. D., & Rubiyanti, R. N. (2021). Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Pelanggan Pada E-Commerce Shopee the Effect of Price, Promotion, and Quality of Service on Consumer Loyalty Through Customer Satisfaction in E-Commerce Shopee. e-Proceeding of Management, 8(5), 1–17.
Hidayah, F. E., & Suryadi. S. (2021). Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Loyalty Melalui E-Satisfaction Pada Pengguna E-Commerce Tokopedia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB.
https://databoks.katadata.co.id/, diakses pada 24 Oktober 2023, dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/03/09/survei-disney-hotstar-jadi-aplikasi-streaming-berbayar-terlaris-di-indonesia
https://www.play.google.com/, diakses pada 24 Oktober 2023, dari https://play.google.com/store/search?q=netflix&c=apps&hl=id-IDE
https://www.trustpilot.com/, diakses pada 24 Oktober 2023, dari https://www.trustpilot.com/review/www.netflix.com
Jacobs, Janet. (2021). Why Is Netflix SO Expensive? (Top 10 Reasons). Diakses pada tanggal 3 Maret 2024 dari https://www.thecoldwire.com/why-is-netflix-so-expensive/
Jasni, W. N. F. W., Jamaluddin, M.R. & Hanafiah, M.H. (2020). Online travel agencies (OTAs) e-service quality, brand image, customer satisfaction and loyalty, Journal of Tourism, Hospitality and Culinary Arts (JTHCA), Vol. 12 No. 2, pp. 96-111.
Jeon, M.M. and Jeong, M. (2017), Customers’ perceived website service quality and its effects on e-loyalty. International Journal of Contemporary Hospitality Management, Vol. 29 No. 1, pp. 438-457.
Kain, Erik. (2023). Netflix Just Raised Prices Again — Here’s How It Affects Your Subscription. Diperoleh tanggal 3 Maret 2024 dari https://www.forbes.com/sites/erikkain/2023/10/18/netflix-just-raised-prices-again---heres-how-it-affects-your-subscription/?sh=4bf0b672361a
Keck, Catie. Why Netflix Keeps Cranking Up Its Prices. Diakses pada tanggal 3 Maret 2024 dari https://www.theverge.com/2022/1/20/22893419/netflix-price-increase-q1-2022-earnings
Khan, M.A., Zubair, S.S. & Malik, M. (2019). An assessment of e-service quality, e-satisfaction and e-loyalty: Case of online shopping in Pakistan. South Asian Journal of Business Studies. Vol. 8 No. 3, pp. 283-302. https://doi.org/10.1108/SAJBS-01-2019-0016
Kim. D. J., Ferrin, D. L., & Rao. (2009) Trust and Satisfaction, Two Stepping Stones for Successful E-Comerce Relationships: A Longiditual Exploartion. Informational Systems Research. 20 (2), Pp. 237-257. Doi: 10.1287/isre.1080.0188
Kotler, P. & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Alih Bahasa Bob Sabran. Jakarta: Erlangga
Kotler, P. & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P. & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2. Jakarta: PT. Indeks.
Leonhardt, David. The Cost of Streaming Hollywood is Simultaneously booming and suffering. diakses pada tanggal 3 maret 2024. https://www.nytimes.com/2023/11/15/briefing/streaming-hollywood-netflix.html
Martin, E.W., Brown, C.V., Dehayes, D.W., Hoffer, J.A., dan J.A. Perkins. (2005. Customer Relationship Management: Managing Information Technology. 5th ed., Pearson Prentice Hall: US
Malhotra, N. K. (2006). Riset Pemasaran, Pendekatan Terapan. Edisi Keempat. Jilid 2. Jakarta: PT Indeks.
Nalendra, A. R. A., Winarto, S. H., & Priadi, A. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan, Harga, Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang. Vol. 10, No. 1.
Oliver, R. L. (1999) Whence Consumer Loyalty. Journal of Marketing. 63, 33-34.
https://doi.org/10.2307/1252099
Parasuraman, A., Zeithaml, V. A & Malhotra, A. (2005). E-S QUAL. Journal of Service Research. Vol.7 No.3,pp.213-233
Qismatuldiyah, P. & Ramdani, D. (2022). Pengaruh Harga, Kepuasan, Penilaian Pelanggan, Dan Iklan Terhadap Loyalitas Pelanggan Aplikasi Shopee. Value: Jurnal Manajemen dan Akuntansi. 17, 2 (Aug. 2022), 118–131. https://doi.org/10.32534/jv.v17i2.2994.
Rarasati, A. D. & Shihab, M. S. (2022). Pengaruh E-Service Quality dan Price terhadap customer trust Serta Dampaknya pada E-Loyalty (Studi pada GrabFood). Jurnal Ilmu Manajemen (JIM). Vol. 19, No. 02. 10.21831/jim.v19i2.55996
Rahmalia, P. & Chan, S. (2019). Pengaruh Service Quality dan E-Service Quality Terhadap Customer Satisfaction Yang Dimediasi Oleh Perceived Value Pada Pelanggan Pt Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) di Kota Banda Aceh. Jurnal Manajemen Dan Inovasi, 10(1), 66–76
Ranjbarian, B., Fathi, S., & Rezaei, Z. (2012). Factors Influencing on Customers’ E-Satisfaction: A case Study from Iran. Interdisciplinary Journal of Contemporary Research in Business, 3(9), 1496–1p511.
Raza, S. A., Umer, A., Qureshi, M. A. & Dahri, A.S. (2020). Internet banking service quality, e-customer satisfaction and loyalty: the modified e-SERVQUAL model. The TQM Journal. Vol. 32 No. 6, pp. 1443-1466. https://doi.org/10.1108/TQM-02-2020-0019
Sadeghi, A., Tohid. G., & Bastam. H. (2021). The Effect of Organizational Reputation on E-loyalty: The Roles of E-trust and E-satisfaction. Semantic Scholar. 10(1). https://doi.org/10.21002/amj.v10i1.10628
Safitri, D. & Hayati, A. F. (2022) Pengaruh Harga dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Jasa Online Maxim. Jurnal Ecogen. 5(1), p. 25. https://doi.org/10.24036/jmpe.v5i1.12780.
Santos, Jessica. (2003). E-service quality: amodel of virtual service quality dimensions. Managing Service Quality: An International Journal. Vol.13 Issue:3,pp.233-246.
Sari, N. P., & Budiatmo, A. (2019). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pelanggan Indihome PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. (Persero) Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 1–9. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/24869
Sihotang, Kevin (2022). Mengapa Harga Langganan Netflix Semakin Mahal. diakses pada 28 Februari 2024 , dari https://validnews.id/kultura/mengapa-harga-langganan-netflix-semakin-mahal
Salmah, N. N. A. & Darmayanti, S. R. (2021). Peran E-satisfaction dalam Memediasi Pengaruh E-service Quality Terhadap E-loyalty Pelanggan pada Toko Online Cilufio. Ekonomis: Journal of Economics and Business. 5(1). http://dx.doi.org/10.33087/ekonomis.v5i1.191
Sugiharto S. & Wijaya, R. A. (2020) Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi Di Kafe One Eightennth, Siwalankerto - Surabaya. Petra International Journal Of Business Studies.
Suprapti, S. & Suparmi. (2020). Membangun e-Loyality dan e-Satisfaction melalui e-Service Quality Pengguna Goride Kota Semaran. Jurnal Konsep Bisnis dan Manajemen.
Srinivasan, S. S., Anderson, R., & Ponnavolu, K. (2002). Customer Loyalty in E-Commerce: An Exploration of Its Antecedents and Consequences. Jurnal of Retailing. 78, 41-50.
Tia, Rizky. (2022). Layanan Streaming Film Tumbuh Saat Bioskop Tertatif Diterjang Pandemi. Diperoleh pada 11 Maret 2024 dari https://analysis.netray.id/layanan-streaming-film-tumbuh-saat-bioskop-tertatih-diterjang-pandemi/
Tjiptono, Fandy. (2008). Strategi Pemasaran, Edisi III. Yogyakarta: CV. Andi Offset
Ul-Haq, I. & Awan, T.M. (2020). Impact of e-banking service quality on e-loyalty in pandemic times through interplay of e-satisfaction. Vilakshan - XIMB Journal of Management. Vol. 17 No. 1/2, pp. 39-55. https://doi.org/10.1108/XJM-07-2020-0039
Wilis, R. A. & Nurwulandari. A. (2020). The effectof E-Service Quality, E-Trust, Price and Brand Image Towards E-Satisfaction and Its Impact on E-Loyalty of Traveloka's Customer. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonimi, dan Akuntansi. 4 (3)
Yuliana, Yayuk. (2017). Upaya Membangun E-loyalty Melalui Pendekatan Kualitatif Pada Kualitas Produk dan E-Service Quality Di Fakulutas Ekonomi Umn Washliyah Medan. Jurnal penelitian pendidikan sosial humaniora. 2(2).
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Published
2024-06-03
How to Cite
Nasrulloh, A., & Firmansyah, F. (2024). PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN PRICE TERHADAP E-LOYALTY DENGAN E-SATISFACTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(2), 691-709. https://doi.org/10.31955/mea.v8i2.4068
Section
Articles