ANALISIS MINAT MASYARAKAT MUSLIM TERHADAP PERBANKAN SYARIAH DI SURABAYA

  • Candra Nola Mardita Universitas Surabaya
  • Sugeng Hariadi Universitas Surabaya
  • Mintarti Ariani Universitas Surabaya

Abstract

Penelitian ini menganalisis tentang minat masyarakat muslim terhadap perbankan Islam di Surabaya. Metode kualitatif triangulasi dilakukan secara purposive sampling melalui wawancara mendalam secara langsung kepada masyarakat di Surabaya, Indonesia. Jumlah responden sebanyak 8 orang yaitu, 2 pegawai dari bank syariah, 3 orang pengguna bank syariah, 3 orang pengguna bank konvensional. Hasil penelitian didapatkan beberapa alasan nasabah seperti, pertama alasan masyarakat muslim dalam menggunakan layanan dari bank syariah dari sudut pandang pegawai, produk bank syariah halal, tidak riba dan memiliki banyak promo. Selain itu pegawai bank syariah juga meenjelaskan tidak banyak kantor atau ATM yang tersedia, karena bank syariah melindungi dari transaksi-transaksi yang tidak halal. Kedua, alasan masyarakat muslim dalam menggunakan layanan dari bank syariah dari sudut pandang nasabah bank syariah, karena menjauhi riba. Selain itu bank syariah bebas biaya administrasi, menurut kedua responden tersebut dengan tidak adanya biaya administrasi disebut sangat menguntungkan nasabah karena tidak ada pengurangan saldo di ATM nasabah. Ketiga, alasan masyarakat muslim tidak menggunakan layanan bank syariah dari sudut pandang nasabah bank konvensional, masih banyaknya kantor dan mesin ATM bank konvensional. Keempat, alasan masyarakat muslim menggunakan bank syariah menurut teori faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian (Zeithaml dan Bitner) dianalisis dengan menggunakan empat indikator yaitu, product, process, price, promotion menunjukkan hasil positif terutama untuk faktor produk. Faktor produk menjadi faktor dominan yang memperngaruhi keputusan masyarakat muslim menggunakan layanan bank syariah karena nasabah dapat banyak manfaat dari penggunaan bank syariah.

References

Adi, AS dan Aristyanto. 2022. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Menjadi Nasabah pada Bank Syariah di Surabaya. Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah. Volume 7, No. 2, 2022(920-933). DOI: http://dx.doi.org/10.30651/jms.v7i2.15955.
Andriyani, Y., & Zulkarnaen, W. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Yaris Di Wijaya Toyota Dago Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 1(2), 80-103. https://doi.org/10.31955/mea.vol1.iss2.pp80-103.
Apriyanti, Hani Werdi. 2017. Perkembangan Industri Perbankan Syariah di Indonesia: Analisis Peluang Dan Tantangan, Maksimum, Vol. 1, No.1, September.
Dayyan, M., & Fahriansah, J. (2017). Analisis Minat Masyarakat Muslim Menjadi Nasabah Bank Syariah (Studi Kasus di Gampong Pondok Kemuning). Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM), 1(1), 1–19. https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/jim/article/view/456%0A
Deni Saputra. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran 4P (Produk,Price,Place,dan Promotion) Terhadap Keputusan Pelanggan Dalam Menggunakan Aplikasi Transportasi Online.
Kasmir. (2013). Kewirausahaan. Rajawali Pers.
Megasyariah.co.id. (2023). 6 Perbedaan Bank Syariah dan Bank Konvensional. https://www.megasyariah.co.id/id/artikel/edukasi-tips/simpanan/perbedaan-bank-syariah-dan-bank-konvensional#:~:text=Prinsip perbankan konvensional mengacu pada,Majelis Ulama Indonesia
Munandir. 1996. Program Bimbingan Karir di Sekolah. Jakarta: Depdikbud.
Nadia, S., Ibrahim, A., & Jalilah, J. (2019). Analisis Hambatan Pertumbuhan Perbankan Syariah Di Indonesia (Kajian Terhadap Perbankan Syariah Di Aceh). JIHBIZ :Global Journal of Islamic Banking and Finance, 1(2), 153. https://doi.org/10.22373/jihbiz.v1i2.8575
Novitasari, Angelica. 2020. Sistem Bank Syariah dan Konvensional: Hanya Berbeda Istilah? Shariah Economics Forum, UGM, June 30.
Nurhasanah, S & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa (Learning Interest as Determinant Student Learning Outcomes). Jurnal Manajemen Pendidikan Perkantoran, 3.
Pradipta, A. (2017). Analisis Perilaku Nasabh Nonmuslim dalam Memilih Simpanan di Perbankan Syariah.
Sugiyono. (2013). Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta.
Sultoni, Hasan dan Basuki, Ahmad. 2020. Bank Syariah di Dunia Internasional. Jurnal Eksyar (Jurnal Ekonomi Syariah). Vol 7(2) Desember: 35-51.
Surabayakota.bps.go.id. (2019). Banyaknya Pemeluk Agama Menurut Jenisnya (Jiwa), 2017-2019. https://surabayakota.bps.go.id/indicator/108/129/1/banyaknya
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2008 Tentang Perbankan Syariah, 1998 282 (2008).
Wibisono, AB, AF Ramdhani, M Baliya BM, OQ Saraswati, N Sisca, Robby. 2020. Strategi Branding Kota Surabaya sebagai Kota Sejarah, Budaya, dan Perdagangan, NARADA, Jurnal Desain & Seni, FDSK - UMB. DOI: 10.2241/narada.2020.v7.i3.005.
Wilardjo, Setia Budhi. 2005. Pengertian, Peranan dan Perkembangan Bank Syari'ah di Indonesia, Value Added. Vol 2(1).
Zawawi, Zawawi. 2022. Wisata Religi Sunan Ampel setelah Pandemi. Jurnal Ilmu Ekonomi Pembangunan. Vol. 18 (2). ISSN 2086-756.
Published
2023-12-01
How to Cite
Mardita, C., Hariadi, S., & Ariani, M. (2023). ANALISIS MINAT MASYARAKAT MUSLIM TERHADAP PERBANKAN SYARIAH DI SURABAYA. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(3), 1452-1467. https://doi.org/10.31955/mea.v7i3.3547