PENGEMBANGAN POTENSI DAERAH JAMUR TIRAM BERBASIS MARKETING MIX 7P

  • Elsa Mayori Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Muhammad Irwan Padli Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Muhammad Lathief Ilhamy Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Abstract

Satu-satunya industri kreatif yang menjanjikan muncul dari Binjai Timur adalah UMKM Jamur Tiram. Setiap pandemi Covid-19 menghambat pertumbuhan volume dan harga penjualan produk di seluruh dunia. Untuk itu perlu dilakukan analisis baik faktor internal maupun faktor eksternal dalam mengembangkan potensi UMKM jamur tiram ke depan. Metode analisis yang digunakan adalah campuran dengan analisis SWOT. Pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tujuan penelitian adalah untuk mengembangkan strategi pengembangan UMKM dengan meningkatkan pemasaran dan daya saing usaha berdasarkan potensi lahan dan untuk memahami beberapa pengaruh yang paling signifikan dari variabel pemasaran (7P) terhadap pengembangan potensi UMKM wilayah Tunggurono. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua variabel 7P berkorelasi positif dengan pertumbuhan UMKM jamur tiram di Tunggurono, Namun ada satu variabel yang tidak berpengaruh secara signifikan terhadap pertumbuhan UMKM yaitu variabel jumlah hingga. Sebaliknya, variabel yang paling berpengaruh terhadap pertumbuhan UMKM adalah variabel harga. Hal ini terlihat dari hasil analisis data dimana nilai t dan koefisien determinasi dari variabel yang bersangkutan memiliki nilai tertinggi dari variabel lainnya. Dari hasil analisis SWOT dengan teknik QSPM, alternatif strategi yang diprioritaskan sebagai langkah awal dalam kerangka TAS 2,4 adalah meningkatkan profitabilitas dengan melakukan segmentasi pasar melalui digital marketing.

References

Ahmad, A. R., Fernani, N. H., & Anwar, M. K. (2023). Pengembangan Usaha melalui Inovasi Kemasan Produk Jamur Tiram di Desa Kertonegoro Kecamatan Jenggawah. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1863-1865.
Amalia, D. N., & Ningsih, R. (2021). Strategi Pengembangan Marketing Mix dengan Analisis SWOT pada Gerai Kopi Liberika di Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Jurnal AGRISEP: Kajian Masalah Sosial Ekonomi Pertanian dan Agribisnis, 421-441.
Arianto, B. (2020). Pengembangan UMKM digital di masa pandemi covid-19. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 6(2), 233-247.
Arifqi, M. M., & Junaedi, D. (2021). Pemulihan Perekonomian Indonesia melalui Digitalisasi UMKM Berbasis Syariah di Masa Pandemi Covid-19. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 3(2), 192-205.
Harahap, A. F., Mustafaruddin, M., & Aisyah, S. (2022). Impelementasi Supply Chain Management Toko Elektronik Jaya Wijaya di Kota Medan untuk Meciptakan Keefektifan dan Keefesiensi Proses Pengelolaan Barang. Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI), 2(4), 567-573.
Hernawati, H., Jamili, A., & Saputra, D. H. (2019). Pengembangan Usaha Produksi Jamur Tiram Kelompok Wanita Tani Berbasis Wilayah. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 3(1), 124-130.
HM, G. B. (2022). Strategi Pengembangan UMKM Berbasis Potensi Daerah melalui Keunggulan Bersaing menggunakan Metode SWOT dan QSPM. Jurnal Ilmiah Teknik Industri Prima (JURITI PRIMA), 6(1).
Kamilia, N., & Setiyarini, T. (2021). Strategi Pengembangan Produk melalui Analisis Strength Weakness Opportunity Threat (SWOT) pada Industri Rumahan Kerupuk Udang Kwanyar. Jurnal Kajian Ilmu Manajemen (JKIM), 1(3).
Murdani, M., & Hadromi, H. (2019). Pengembangan Ekonomi Masyarakat Melalui Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Studi di Kelurahan Kandri Kecamatan Gunungpati Kota Semarang). Jurnal Abdimas, 23(2), 152-157.
Rahmah, A., & Aslami, N. (2022). Analisis Tingkat Pemahaman Masyarakat terhadap Sistem Pemasaran Syariah pada Asuransi PT Takaful Keluarga. Transformasi Manageria: Journal of Islamic Education Management, 2(2), 128-141.
Rahmani, N. A. B. (2022). Manajemen Rantai Pasokan. Medan: PT Cahaya Rahmat Rahmani.
Rahmawati, R., Idsan, R. S., & Purnamawati, I. (2022). Strategi Pengembangan Usaha Budidaya Jamur Tiram Putih (Pleurotus ostreatus) di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara (Studi Kasus: UMKM Rumah Jamur). Waluyo Jatmiko Proceeding, 15(1), 95-102.
Retnaningsih, N., & Bambang, N. C. (2017). Strategi Pengembangan Jamur Tiram (Pleurotus ostreatus) di Kelompok Tani Aneka Jamur Desa Gondangmanis Kecamatan Karangpandan Kabupaten Karanganyar. SEPA: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 14(1), 61-68.
Rizal, A. (2020). Buku Ajar Manajemen Pemasaran di Era Masyarakat Industri 4.0. Deepublish.
Sagaf, M., Setiyowati, D., Kusumodestoni, R. H., & Hidayat, S. (2022). Pengembangan Usaha Jamur Tiram melalui Diversifikasi Produk Jamur Crispy di Batealit Jepara. Abdimas Universal, 4(2), 218-224.
Saleh, H. M. Y., & Miah Said, S. E. (2019). Konsep dan Strategi Pemasaran: Marketing Concepts and Strategies (Vol. 1). Sah Media.
Santosa, A. (2020). Pengembangan Ekonomi Kreatif Industri Kecil Menengah Kota Serang di Masa Pandemi Covid-19. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(11), 1257-1272.
Sasria, N., Hayati, R. N., & Amalia, L. (2021, November). Budidaya Jamur Tiram Putih (Pluoretus Ostreatus) untuk Meningkatkan Kompetensi Petani Jamur Tiram di Wilayah Karang Joang. In Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (SEPAKAT) (Vol. 2).
Wulandari, W., & Nasution, M. I. P. (2020). Strategi Pemasaran Layanan Perpustakaan dalam Menghadapi Pandemi Covid-19.
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Published
2023-07-13
How to Cite
Mayori, E., Nasution, M., & Nasution, M. (2023). PENGEMBANGAN POTENSI DAERAH JAMUR TIRAM BERBASIS MARKETING MIX 7P. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(2), 1307-1326. https://doi.org/10.31955/mea.v7i2.3231