PENGARUH DESIGN WEBSITE QUALITY DAN E-SERVICE QUALITY TERDAHAP REPURCHASE INTENTION YANG DIMEDIASI OLEH CUSTOMER SATISFACTION

  • Muhammad Iqbal Telkom University
  • Tarandhika Tantra Telkom University

Abstract

Penelitian ini bertujuan guna menganalisis dan menguji seberapa besar pengaruh design website terhadap customer satisfaction Bukalapak. Seberapa besar pengaruh E-service quality terhadap cutomer satisfaction Bukalapak, Seberapa besar pengaruh customer Satisfaction terhadap Repurces intention Bukalapak, Seberapa besar pengaruh Kualitas desain situs web terhadap customer Satisfaction terhadap Repurces intention Bukalapak, Seberapa besar pengaruh E-service quality terhadap Repurces intention yang dimediasi cutomer satisfaction Bukalapak. Metode yang digunakan didalam penelitian ini adalah metode pendekat kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner dengan target populasi penelitian ialah seluruh pengguna website Bukapalak. Teknik pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling dengan hasil sebanyak 385 responden. Analisis data pada penelitian ini menggunakan pendekatan Partial least Square-Structural Equation Modelingdengan program SmartPls. Hasil dari penelitian ini menunjukan Design Website Quality dan E-Service Quality berpengaruh positif yang signifikan terhadap customer satisfaction, Customer Satisfaction berpengaruh positif yang signifikan terhadap Repurcase Intention dan Customer satisfaction dapat memediasi Design Website Quality dan E-Service Quality dengan Repurchase Intention.

References

Ariyanto, D. (2018). Pengaruh Attitude, Subjective Norm, Dan Perceived Behavioral Control Terhadap Repurchase Intention E-Money. Jurnal Ilmu Manajemen , 6 (4), 583-589.
Bernarto, I., Wilson , N., & Suryawan, I. N. (2019). Pengaruh Website Design Quality, Service Quality, Trust dan Satisfaction Terhadap Repurchase Intention (Studi Kasus: tokopedia.com). . Jurnal Manajemen Indonesia, 19 (1).
Candiwan, & Wibisono, C. (2021). Analysis of the influence of website quality to customer’s loyalty on e-commerce. International Journal of Electronic Commerce Studies, 12(1), 83–102. https://doi.org/10.7903/IJECS.1892
Chaffey, & Chandwick. (2016). Digital Marketing Strategy, Implementation, and Practice.
Ghozali, I. (2021). Partial Least Square (Konsep, Teknik, dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.2.9 Untuk Penelitian Empiris) Edisi 3. Semarang: Badan Penerbit Undip
Hair J F, Sarstedt M, & Ringle C M. (2017). Partial Least Squares Structural Equation Modeling. In Handbook of  Market  Research. Springer  International Publishing
Haryono, S. (2017). Metode SEM Untuk Penelitian Manajemen AMOS LISREL PLS. Jakarta: Intermedia Personalia Utama
Indrawati. (2015). Metode Penelitian Manajemen dan Bisnis Konvergensi Teknologi Komunikasi dan Informasi. Bandung: Aditama.
Kelvin, Situmeang, hendrik, & Andy. (2021). PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN KELUHAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PT. JAYA MANDIRI BANGUNAN. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 5(1).
Kotler, P., & Amstrong , G. (2021). Principles of Marketing (Eighteenth edition). . Pearson Education, Inc.
Laudon, K. C. (2017). E-Commerce 2017: Business, Technology, Society .
Ningsi, B. A., & Agustina, L. (2018). Analisis Kepuasan Pelanggan Atas Kualitas Produk dan Pelayanan Dengan Metode SEM-PLS. 2(2), 8–16.
Priansa, D. J. (2017). Prilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontenporer. Bandung: Alfabeta.
Putri, P. (2021). E-SERVICE QUALITY, CUSTOMER SATISFACTION, AND REPURCHASE INTENTION: ANALYZING THE IMPACT ON E-COMMERCE PLATFORM. Journal of Applied Management (JAM).
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2020). Pemasaran Strategik Domain, Determinan Dinamika (1st ed). Penerbit ANDI.
Widodo, T., & Utami, N. K. W. (2021). Repurchase Intentions on Zalora Indonesia: The Role of Trust, E-Commerce, and Product Evaluation. JURNAL MANAJEMEN BISNIS, 8(2), 339–351. https://doi.org/10.33096/jmb.v8i2.899
Wilson, N., Keni, K., & Tan, P. H. (2019). The Effect of Website Design Quality and Service Quality toward Repurchase Intention in the E-commerce Industry: A Cross-Continental Analysis. International Journal of Business, 21 (2), 187-222.
Zeithaml, V. A. (2018). Service Quality Dimensions. Services Marketing Integrating Customer Focus Across the Firm. Boston: McGraw-Hlll.
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Published
2023-07-13
How to Cite
Iqbal, M., & Tantra, T. (2023). PENGARUH DESIGN WEBSITE QUALITY DAN E-SERVICE QUALITY TERDAHAP REPURCHASE INTENTION YANG DIMEDIASI OLEH CUSTOMER SATISFACTION. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(2), 1291-1306. https://doi.org/10.31955/mea.v7i2.3172