PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP NIAT BELI SMARTPHONE VIVO
Abstract
Perkembangan teknologi pada era modern saat ini terus membawa dampak besar bagi persaingan bisnis terutama di bidang teknologi yang semakin maju dan canggih, smartphone masa kini telah menjadi keiginan masyarakat, dikarenakan secara general orang membeli smartphone guna mempermudah kegiatan sehari-hari dan pekerjaan terutama bagi siswa, siswa, guru, mahasiswa, dosen atau pekerjaan lainniat beli konsmumen dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya kualitas produk serta citra merek, hal ini bisa membuat produsen bersaing seiring meningkatnya pengguna smartphone. Namun berdasarkan perbandingan performa smartphone terbaik Yang dilakukan oleh AnTuTu Vivo berada di posisi ke 8 dan berdasarkan Top Brand Index pada tahun 2022 bahwa Vivo berada di tempat ke 5 setelah Samsung, Oppo, Iphone, Xiaomi. Penelitian ini bertujuan guna menjelaskan pengaruh kualitas produk terhadap niat beli konsumen smartphone Vivo serta untuk mengetahui dampak citra merek terhadap niat beli konsumen smartphone Vivo. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini ialah metode kuantitaatif. Data didapatkan dari hasil penyebaran kusioner kepada 391 responden yang menjadi sampel penelitian dengan menerapkan metode non-probability sampling, kemudian, data dianalisis dengan penerapan teknik analisis deskriptif serta analisis regresi linear berganda. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini menunjukaan jika Kualitas Produk berdampak signifikan positif terhadap Niat Beli dan Citra Merek signifikan positif terhadap Niat Beli smartphone Vivo. Hasil temuan yang ditemukan menjabarkan jika variabel Kualitas Produk (X1) dan Citra Merek (X2) mempunyai pengaruh terhadap Niat Beli (Y) sebesar 20,16%
References
Basuki, A. (2015). Penggunaan SPSS Dalam Statistik. Danisa Media.
Firmansyah, A. (2019). PEMASARAN PRODUK DAN MEREK (PLANNING & STRATEGY) (Q. Media, Ed.; 1st ed.). CV. Penerbit Qiara Media.
Fransiska, P., & Seminari, N. K. (2018). Peran Citra Merek Dalam Memediasi Pengaruh Daya Tarik Iklan Terhadap Niat Beli Honda Pcx 150. E-Jurnal Manajemen Unud, 7.
Hawkins, D., & Mothersbaugh, D. (2020). Consumer Behavior: Building Marketing Strategy (edition 11). McGraw-Hill/Irwin.
Indrawati. (2015). Metode Penelitian Manajemen dan Bisnis : Konvergensi Teknologi Komunikasi dan Informasi. Bandung: PT Refika Aditama.
Jacob, M., & Tan, P. (2021). ; He Influence Of Country Image, Brand Familiarity, Product Quality, And Social Influence Towards Purchase Intention: The Case Study Of Samsung; . Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi, 8.
Janna, N., & Herianto, H. (2021). Konsep Uji Validitas Dan Reliabilitas Dengan Menggunakan SPSS. SEMATIC SCHOLAR.
Julius, & Limakrisna, nandan. (2016a). Manajemen Pemasaran(Model kepuasan dan Loyualitas Pelanggan) (1st ed.). Yogyakarta: Deepuublish.
Julius, & Limakrisna, nandan. (2016b). Manajemen Pemasaran(Model kepuasan dan Loyualitas Pelanggan) (1st ed.). Yogyakarta: Deepuublish.
Kotler, P., & Armstrong, N. (2021). Principles of Marketing (Eighteenth edition). pearson.
Kotler, P., & Keller, K. (2021). Intisari Manajemen Pemasaran (edisi keenam). Penerbit Andi.
Kulathungan, D. (2018). Factors Affecting Online Purchase Intention: A Study Of Sri Lankan Online Customers. INTERNATIONAL JOURNAL OF SCIENTIFIC & TECHNOLOGY RESEARCH, 7.
Mahshun, A., & Indarwati, T. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Niat Beli Konsumen Smartphone Xiaomi. Junal Ilmu Manajemen , 10.
Muljani, & Koesworo. (2019). The Effect Of Brand Image, Product Quality, and Price on Purchase Intention. SSRN Electronic Jounal.
Nazarani, M., & Suparna, G. (2021). ; The Effect Of Luxury Brand, Brand Image, And Product Quality On Purchase Intention. American Journal of Humanities and Social Sciences Research , 5.
Rahmat, E., & Ariyanti, M. (2020). HE EFFECT OF SOCIAL MEDIA MARKETING ACTIVITIES ON PURCHASE INTENTION WITH BRAND AWARENESS, BRAND IMAGE, BRAND EQUITY AS INTERVENING VARIABLES ON KOPI JANJI JIWA IN BANDUNG CITY. Asian Journal of Management Sciences & Education, Vol.9.
Ramadhani, D., & Zaini, M. (2023). PENGARUH BRAND AMBASSADOR SOCIAL MEDIAMARKETINGDAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSANPEMBELIAN PENGGUNA SCARLETT WHITENING. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi) (JIMEA), 7(1), 520–536.
Semadi, I. P., & Ariyanti, M. (2018). THE INFLUENCE OF BRAND EXPERIENCE, BRAND IMAGE, AND BRAND TRUST ON BRAND LOYALTY OF ABC-CASH. Asian Journal of Management Sciences & Education, 7.
Sri Rahayu. (2021, July 9). Cek AnTuTu Android Untuk Melihat Performa Secara Akurat, Ini Caranya. Harapanrakyat.Com. https://www.harapanrakyat.com/2021/07/cek-antutu-android/
Sugiyono. (2022). METODE PENELITTAN KUANTITATIF, KUALITATIF DAN R&D (Edition 29). PENERBIT ALFABETA.
Topbrand-award.com. (2022). Top Brand Index Smartphone. Topbrand-Award.Com. https://www.topbrand-award.com/top-brand-index/?tbi_year=2022&type=subcategory&tbi_find=SMARTPHONE
Wahyoedi, Saparso, & Effendi. (2021). The Role Of Brand Image As Mediating Variable In The Influence Of Price And Promotion On Buying Interest (Study Case On Hyundai Electric Car). International Journal of Science, Technology & Management, 2 (5).
Wijayanty, M., Hamid, F., & Kurniawan, R. (2016). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Apple Iphone Pada Mahasiswa Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Jakarta. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Humaniora, 13.
Winarno, K., & Indrawati. (2022). IMPACT OF SOCIAL MEDIA MARKETING AND ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) ON PURCHASE INTENTION. Journal of Applied Management (JAM), 20.
Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.